Selasa, 08 Mei 2007

Project On Going : Sakerah and Ponirah



Still imported from my old blog | Date of written and occasion : April 22. 2007| Venue : our lovely home n Royal Plaza Surabaya

PROJECT ON GOING : SAKERAH DI ROYAL PLAZA


Nanti siang jam 10 pagi Abe dapet tugas dari sekolah : ikut karnaval Hari Kartini...


Hemm...tempatnya di Plaza Royal... Jaman dulu ibuk TK, karnavalnya bukan di mall lho Be...tapi di jalanan !! Kok anak2 sekarang karnavalnya di mall yah? he he he.


Dulu kalo ibuk karnaval, uti-mu pasti umek, berusaha bikin kostum sendiri (while the other would prefer sewa kostum). Dengan keahliannya menjahit, dia bakalan bikin sendiri kostum karnaval buat ibuk dan Uwa. Trus karnavalnya (sekali lagi) di jalanan (mana ada mall di Tulungagung apalagi tahun itu hi hi), ya panas...makanya kamu enak juga ya karnaval di mall, dingin... :D


Btw, tugasnya Abe diminta pake baju daerah. Hemm..waktu Ustadzah Ina menyampaikan tugas ini, ide yang langsung keluar di kepala ibu : it's gonna be MADURA !!! he he entah kenapa ya...dipikir2 lagi :


First, beside our javanese, u have Madura Blood runs into your whole body (your great grandfather from Bapak Iwan's side is maduranese)...so this is going to be deeper than just a costum party, am I right buddy..?


Second, baju adat madura kan simple banget, kaos lurik merah putih, celana panjang hitam (kolor lagi), some kind of vest khas madura hitam plus udeng2 di kepala, and the best part is....sandel jepit..!! ha ha ha. U don't need those kind of heavy traditional accesories such as necklace, traditional handband or even those uncomfy selop...


Anyway, kemarin siang kita bertiga (Abe, Ibuk sama Bapak) pergi ke Pasar Turi untuk beli kostum itu. Pertamanya sih Mbah Sul menyarankan untuk sewa aja (itu juga yg pertama terlintas di pikiran ibuk), tapi begitu kita lihat di tempat persewaan kostum, ternyata ukurannya gak ada yang pas..n harga sewa kostum sekarang kok mahal ya? (50 ribu perak?!). Ibuk kok punya feeling kalo beli pun bisa2 harganya ya segitu di Pasar Turi. Lagian, punya baju madura seru juga ya, kan bisa dipake sehari2 juga tuh...jadi gak rugi juga kalo beli.


So there we goes. Ternyata benar, di Pasar Turi, kita dapat satu set baju madura anak2 dengan harga 50 ribu ! (thx to bapak yang udah oke nawarnya, cos first, the seller put the price at 75 ribu lho). Satu set itu terdiri dari : kaos oblong lurik merah putih, celana kolor panjang hitam, vest hitam, udeng batik madura, n...pecut hi hi. Well oke i thought it was a best deal right? Si Pasha malah sewa kostum Dayaknya lebih mahal (padahal cuman sewa).


Aduh Abe..


U r so exciting about the vest, itu jacket langsung aja kamu pakai ndak mau dilepas hi hi. Bapak cuma senyum2 aja liat tingkahmu, padahal Bapak masih sakit lo nak, masih mengeluh pusing mual (sisa demam kemarin), mana sinusnya pake kumat pula 3 hari ini. Tadi ibuk sudah pengen berangkat sendiri, tapi kamu tahu Bapak kan, begitu tau kalo ada kemungkinan ibuk pergi ke Pasar Turi sendiri, dia langsung loncat aja berangkat antar. Ibuk jadi sedikit nyesel, liat muka si bapak pucat gitu sambil nyetir n naik turun tangga 5 lantai di Pasar Turi.


Bapak memang pahlawan kita ya..he always be...


Mulai kemarin sore, bapak sibuk cerita ttg Sakerah si Pahlawan Madura, ya biar kamu tambah semangat pake kostumnya gitu..hi hi. Waktu beranjak tidur semalam, kau sudah tersenyum bangga tiap kali orang serumah panggil "Sakerah" he he.


Waktu ibuk posting blog ini, si baju masih disetrika sama mbak Pin setelah kmrn dicuci. Dari kemarin juga Ibuk masih ngotot mau pasang kumis di muka lucumu itu kalo karnaval...dan kamu belum mau ha ha ha. Tante Olive bilang : aduh wahida udah, gak usah pake kumis, kasian kan? (mungkin dipikirnya yg mau aku pasang kumis yg dri rambut itu, bukan yg digambar pake pensil alis gitu) huehehe ibuk gak akan menyerah bujuk mu sampai nanti waktunya berangkat huahahah


Ibuk : "Sakerah mana sangar kalo gak pake kumis, Be?"


Abe : "Ndak mau buuk.."


Ibuk : "Digambarin aja pake pensil kok, bukan kumis pasangan yang bikin geli itu.."


Abe : "Ndak mauuu, katanya ibuk ndak suka kalo si bapak pake kumis..."


Ibuk : "Lho, tapi ini kan Sakerah...laki2 Madura biasanya pake kumis" - ha ha ha garink banget


Abe : "Ndak mauu, aku jadi anak2 Madura aja, bukan laki2, kan aneh kalo anak2 berkumis..!?"


sabar......keep trying......he he


i'll let u know later about the result okay? along with the full coverage on the carnaval....hi hi


meanwhile, sekarang aku mau bujuk lagi pake kumisnya ah.............


 


PROJECT ON GOING : SAKERAH TANPA KUMIS



Usaha pasang kumis bujuk rayuan pulau kelapa akhirnya tak berhasil...ha ha ha


Jam 9.00 Abe sudah siap pake kostum Sakerah-nya (minus kumis).


Still, pecut maduranya itu dia juluki "Pecut Power Ranger Madura", hemm kata bapak "ndok remak tak iye, nok meduro kok yo onok power ranger cak cak..!!" dengan logat madura yang bikin kita serumah terpingkal-pingkal...


Lebih terpingkal-pingkal lagi deh denger Abe (coba-coba) ngomong pake logat madura.. ha ha ha ngomong jawa aja kaku banget krn lidahnya udah kadung kriting sama bhs indo gitu...


"Let's go tak iye...!!" , kata Abe ajak semua siap berangkat...ha ha ha


 


PROJECT ON HOLD : SAKERAH DAN PONIRAH



Eh, sebelum berangkat ada insiden...


Dari kemarin si Bea memang sudah kelihatan banget neksir kostum mas nya. Pake rebutan udeng dan pecut segala, semua udah bilang "Bea, udeng itu topi buat cowo, Bea kan cewe..". Tapi Bea tetap aja kejar2 si mas sambil minta udeng "ndaaaakkkk itu untuk ceweeeeee" teriaknya sambil nangis bombay airmata buaya ha ha aduuuuuhhhhh


Pas sebelum berangkat tiba2 (subhanalloh) Abe nawarin itu udeng ke adiknya "Bea mau pake udeng kaya mas Abe"........langsung disambut "mau!!!" sama si Bea.


Abe : "yah....kalo cewe sich namanya bukan Sakerah dong, Sakerah kan nama untuk cowo.."


Ibuk : "hemm... iya ya, habis adik dikasih nama siapa dong kalo pake baju madura gini..?"


Abe : "siapa ya...eh aku berpikir dulu.."


Ibu : "eh, Bea kan punya poni...gimana kalo dia dikasi nama..." (gaya berpikir untuk pancing2 Abe)


Abe : "Aku tahu..!!! Namanya PONIRAH aja..!! Soalnya Bea pake poni..!!" (pancinganku berhasil ha ha)


Meledaklah tawa di seluruh rumah. Bea kliatan bangga banget dipanggil Ponirah ha ha ha dia pun lalu senyum sana sini pose2 dengan udeng dan pecut madura nya itu..


Alamak...biar Ponirah cewe Madura, tapi masa masih maksa pake udeng dan pecut bok bok...!! ndok remak tak iye..!?!?


 


PROJECT SAKERAH : ACCOMPLISHED...(OR NOT!?!?)



Foto (a) :


Sejak dari sebelum start Abe sudah give up pecutnya.. Melihat kondisi tempat start (crazily crowded) aku sedikit bersyukur karena sebelumnya si pecut sempat dipinjam sebentar sama temennya, n sudah memakan korban (dipecutin ke segala arah sama si temen ini) aduh... Abe pun berangkat dengan ceria.


Jangan tanya tentang tertib barisan, anakku ini kalo di sekolah mana pernah bisa disuruh diam, tertib berbaris, nurut dengan ikhlas apa yang diperintahkan gurunya...NDAK!! Dia itu tipe siswa yang -org jawa bilang- "mbegedud", ndak mau diatur, pencilakan ndak bisa duduk diam. Kalo teman2nya memperhatikan kata2 bu guru dengan seksama dan duduk manis, Abe model yang jalan2 di kelas, dari pojok ke pojok. Untungnya walau begitu, ketika Ibu Gurunya tanya tentang apa yg baru saja diterangkan, Abe selalu bisa menjawab (bukti bahwa sebenarnya dia memperhatikan, tp memang dia tipe "audio learner" yang memperhatikan hanya dengan telinganya, bukan tipe "audio-visual learner" yang memperhatikan dengan mendengar dan melihat).


Dari dia kecil aku sudah mafhum kebiasaannya ini, awal2 sekolah aku sempat pusing takut gurunya gimana gitu...tapi setelah berdiskusi alhamdulillah si guru ternyata bisa mengerti dan menerima Abe seperti apa adanya..subhanalloh.


Back to carnaval....kalo dilihat di foto (a) itu memang costumnya masih lengkap ya...



Sekarang Foto (b) :


Baru lime menitan...Abe udah mulai umek..sudah barisnya gak tertib sama sekali (beberapa kali mau jalan ke arah yg berbeda dari barisannya, berakhir ditarik2 ibu guru sambil dibilangin "Abe..ntar bisa hilang lho"), itu kayaknya si vest Madura udah menggeliat2 minta lepas, aduuhhh bolak-balik Abe minta dicopot aja jaketnya "sumuk buuukkk" keluhnya...



Foto (c) :


Singkat cerita bukan hanya vest madura- nya yang meluncur lepas, udengnya pun sudah masuk ke tas ibuk...Ini apa-apaan?!!? Katanya karnaval, tapi sekarang Abe tak ubahnya anak yang bermain-main sehari-hari dirumah. Pake kaos oblong dan celana kolor doang, plus sandal jepit..?!!?! Aduuuhhh. Padahal teman2nya masih lengkap pake kostumnya, dan walaupun dengan muka masam mereka masih dengan tertibnya berbaris bergandengan tangan dengan pasangan masing2..!! Anakku sudah nlungsungi dan liar kemana-mana...duh Gusti...!!!



Foto (d) :


Ibu Guru tak kehilangan akal. Seakan sudah membaca kebosanan Abe yang tidak bisa ditolerir lagi, (berkali-kali dia mengeluh ke Ibu Guru, "Aku ndak mau jadi Sakerah, aku mau jadi orang biasa ajah!!") Ibu Ifah menawarkan untuk bawa papan tulisan sekolah yang sebelumnya dibawanya...


"Abe !!, Abe mau bawa papan sekolah ini didepan?"


berhasil......hi hi


Abe pun dengan semangat dan wajah bosan yang langsung hilang segera menerima papan itu dari tangan Ibu Guru.



Foto (e) :


Sebuah pemandangan yang kontradiktif, don't u think?


Sebuah karnaval Hari Kartini. Diikuti anak2 TK dengan kostum warna warni pelangi adat Indonesia. Cantik2 dan bersinar. Yang cewe lengkap dengan make-up, aksesoris bling-bling lengkap, bersinar cantik dari ujung rambut ke ujung kakinya yang berselop cantik. Yang cowo juga, kelihatan gagah dengan baju daerah, kumis palsu yang lucu (hi hi) dan topi ala adat yang kerlap-kerlip indah sekali... ara orangtua pasti sudah jauh hari mempersiapkan semua dan beebrapa yang bermake-up dan sanggul, aku yakin sudah dari subuh mulai ke salon (he he).


Sekarang liat aja barisan TK Al-Hikmah. Lihat siapa yang berbaris paling depan membawa papan nama sekolah itu. Pake kaos oblong dan celana kolor doang...PAKE SANDAL JEPIT LAGI..!!! duh anakku.....perasaan ibuk bercampur aduk antara bangga dan geli campur setengah malu lihat dandananmu itu sayang...


Dibelakangmu, teman2 masih lengkap semua kostumnya...trus pada bingung karena kamu jalannya kadang2 cepat, trus tiba2 berhenti.. "Macet nih, lagi lewat dekat lumpur lapindo, teman-teman..!!" katamu. Waktu semua masih bingung, kamu jalan lagi cepat2 sambil teriak "Sudahhhh ayo jalan lagiii, lumpurnya sudah lewat...!!" ha ha ha semua yang dengar tentu saja pada ngakak.


Mungkin sambil mbatin "ini anak siapa ya..." (duh Gusti....)



wahida


/diakhir hari tetap kusimpan kebanggaan ku untukmu anak2ku sayang...subhanalloh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar