Rabu, 29 Oktober 2008

Ulang Tahun Yang Sangat Penting!

Hari ini, 30 Oktober 2008, alhamdulilah usia Abe genap 7 tahun. Seperti ulang tahun sebelum-sebelumnya, keputusan kami lah untuk tidak melakukan kemeriahan apa-apa kalau ada yang ultah di keluarga ini. Paling hanya sebentuk kado kecil dan segudang peluk cium plus doa untuk the birthday boy. Seperti biasa juga, tadi pagi aku sudah menulis pesan khusus untuk ustadzahnya, di buku penghubung. Kebiasaan yang sudah aku lakukan sejak Abe mulai sekolah Playgroup dulu, setiap kali dia berulang tahun.

 

“Asw. Ustadzah, alhamdulillah, hari ini 30 Oktober 2008 usia Abe genap 7 tahun. Ada tugas dari Ibuk untuk Abe di sekolah : meminta sebanyak mungkin doa dari semua ustadz/ah yang ditemui di sekolah, semoga Abe tumbuh jadi anak sholih dan mandiri. Mohon dukungannya. Terimakasih.”

 

Walaupun tak ada kemeriahan apalagi pesta, tapi ulang tahun kali ini menjadi salah satu ulang tahun yang paling PENTING untuk Abe dalam perjalanan hidupnya. Mengapa?

 

Ini gara-gara sebuah tips dalam mendidik anak yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. Sebuah tips yang –syukurlah- sudah aku baca (dari majalah2 dan buku) dan dengarkan (dari pengajian2) sejak sebelum anak-anak lahir. Tips dari Rasulullah yang ternyata kemudian aku dapati sangat sesuai dengan teori-teori perkembangan dalam Ilmu Psikologi.

 

7 tahun pertama, perlakukanlah anakmu seperti seorang pangeran didalam istana

7 tahun kedua, perlakukanlah anakmu seperti seorang murid dengan gurunya

7 tahun ketiga, perlakukanlah anakmu sebagaimana seorang sahabat yang paling dekat

 

Memang luar biasa tips dari Rasulullah. Teori psikologi perkembangan dari manapun pasti akan setuju dengan tips ini!

 

7 TAHUN PERTAMA

Masa dimana anak-anak harus mendapatkan kebebasan dalam ber-EKSPRESI. Ketika dia harus bisa mengaktualisasikan dirinya dengan kebebasan yang tanpa batas. Dimana anak-anak tidak boleh terlalu banyak dilarang atau mendengar seruan “Jangan!”. Kasarnya, apa-apa aja boleh dan maklum deh. Mau loncat-loncat pencilakan, mau teriak dan tertawa terbahak-bahak, mau main kotor, main ini main itu, bertingkah ini bertingkah itu, semua silahkan! Dituruti! Wah kayaknya periode ini memang paling fun ya? Memang! Itu juga kok yang kurasakan sebagai orangtua :-D malah terkadang aku sedikit terlalu lebih “having fun” daripada anaknya atau daripada semestinya hehehehe.

 

7 TAHUN KEDUA

Bahkan Piaget, psikolog kondang sepanjang masa itu, setuju dengan Rasulullah, dengan menyebut bahwa usia anak 7-12 tahun adalah usia untuk mulai belajar tentang MORAL. Tentang apa yang benar dan salah. Tentang apa yang patut dilakukan dan yang tidak. Waktunya anak-anak belajar tentang hak dan kewajibannya, baik sebagai makhluk individu, maupun makhluk sosial. Waktunya anak-anak belajar tentang sopan santun dan tanggungjawab. Baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Baik kepada orangtua, maupun kepada teman bahkan adik dan sepupu yang lebih kecil. Intinya, anak-anak mulai belajar! Ada kalanya orangtua harus mengatakan “Jangan lakukan ini, karena akan berakibat begitu”. Ada kalanya anak belajar untuk benar-benar menerima konsekuensi dari apa yang dilakukannya. Waktunya orangtua memasang ‘standard bar’ akan apa yang baik dan tidak untuk dilakukan (tentunya menurut norma-norma yang dianut oleh keluarga tersebut). Ya, anak-anak mulai menjadi murid, dan kita lah yang menjadi gurunya. Yang menjadi tauladan dalam rangka menunjukkan apa yang baik dan tidak untuk dilakukan.

 

7 TAHUN KETIGA

Praktiknya, anak-anak mulai ABG (usia 14 tahun kan?). Mulai subur benih-benih pemberontakan kepada orangtua, yang kata para ahli sebenarnya adalah cara dia menunjukkan bahwa dia adalah pribadi yang berdiri sendiri (which is, a good thing right??). Bukan lagi seorang ‘anak’ yang harus selalu menurut apa kata orangtuanya. Bahkan, kata-kata seorang TEMAN akan lebih menarik dan masuk akal daripada kata-kata orangtua. Apa aja deh, pokoknya jangan berurusan dengan orangtua (baca: makhluk-makhluk yang serupa bos galak dan suka memerintah dan selalu memperlakukannya seperti anak kecil).

Rasanya kalau sudah tiba waktunya, inilah saat dimana nanti aku harus berhenti menjadi orangtua bagi anak-anak. Paling nggak, berhenti jadi makhluk-makhluk yang serupa bos galak dan suka memerintah dan selalu memperlakukan remajanya seperti anak kecil. (Duh, semoga aku bisa, mendengar banyak cerita orangtua menghadapi anak-anak remaja, semoga aku menjadi tambah siap dan waspada). Ya, saatnya berhenti menjadi orangtua, dan mulai menjadi SAHABAT bagi anak-anak. Hal yang tidak mudah, tapi aku percaya ini mungkin (banyak juga contoh orangtua-orangtua yang menurutku berhasil melakukannya, semoga bisa menajadi contoh dan tauladanku). Konon, membangun komunikasi positif sedari anak-anak kecil adalah kuncinya, dan rasanya aku masih sempat memulainya.

 

:::::.....

 

Kembali ke Abe dan hari ini. Ulang tahun kali ini tentu menjadi ultah yang PENTING buat Abe. Bukan hanya kami bapak-ibuknya yang menyadari hal ini, karena bahkan sudah sejak usia 5 tahun, Abe sudah paham benar teori 3x7 diatas. Sudah sejak bertahun yang lalu kami dan dia mempunyai semacam ‘pakta’ bahwa ketika dia menginjak usia 7 tahun nanti, kecuali kasih sayang keluarga, banyak hal yang akan berubah dirumah ini.

 

Misal :

 

###

Dulu : (**suara adzan berkumandang di masjid depan**)

Ibuk : Abeee sudah maghrib, waktunya sholat.

Abe : Iyaaaaa (sambil masih meneruskan main game di komputer dan setelah diingatkan 3-4 kali, baru 15 menit kemudian berangkat sholat maghrib)

Ibuk : **masih okelah, sambil tak lupa mengingatkan soal pakta ultah ke 7**

 

Sekarang :

Sholat di awal waktu merupakan pakta terbesar tahun ini. Abe sudah paham itu, tinggal menunggu pelaksanaan saja. Bapak bahkan mencanangkan, bahwa kalau pas maghrib bapak sudah pulang, maka Abe harus mau ikut bapak sholat Maghrib dan Isya’ berjamaah di masjid.

Kalau Abe tidak melakukan seperti yang di pakta, apa yang akan dilakukan? Sesuai kesepakatan, maka akan dicatat di buku penghubung alias dilaporkan ke ustadz/ah (fyi, hal ini adalah hal yang paling ditakuti Abe) supaya Abe dinasihati lagi disekolah.

 

###

 

Dulu : Kalo sholat, Abe seringkali masih pake celana pendek (baju rumahnya sehari-hari), karena males pake sarung atau pake jubah gamis, atau celana panjang. Jadi urusan menutup aurat masih dudul.

Sekarang : simpenan gamis oleh-oleh bapak umroh yang setumpuk itu kayaknya bakalan bersorak gembira deh, karena ternyata Abe lebih memilih pake gamis daripada pake sarung atau celana panjang setiap kali sholat.

 

Dengan kata lain, SHOLAT lebih tertib! Itu memang pakta pertama kami. Mohon doanya ya, semoga semua lancar seperti yang kami semua rencanakan :-)

 

###

 

Dulu : Ibuk selalu darah tinggi duluan kalau melihat kamar tidur Abe berantakan ketika siap-siap sekolah. Dan akhirnya ‘memilih’ untuk membantu Abe siap-siap, daripada kamar jadi kayak kandang Zing dan Abe terlambat ke sekolah karena acara siap-siap yang lamaaaaa dan kacauuuu. (Yang seringkali berkunjung ke blog ini, pasti tahu kalau Abe sangat susah mandiri dan motorik halus yang kurang membuat dia gedubrakan kalau melakukan sesuatu.)

Sekarang : banyak-banyak ambil napas untuk mengatasi darah tinggi, dan kalau perlu Ibuk mengikat tangannya sendiri untuk mencegah supaya tangan tidak membantu Abe dalam bersiap-siap. Jangan lupa tangan si mbak diikat juga, hehe. Kalau sampai jam waktu berangkat Abe belum siap juga, maka sudah menjadi perjanjian kami bahwa Abe akan ditinggal saja. Bea akan diantar ke sekolah dulu, kemudian kalo sudah siap Abe dititipkan pada Pak Sis (penjaga asrama panti yang juga kerja di kantor bapak) waktu Pak Sis berangkat ngantor. Dan tentu saja, konsekuensinya Abe akan terlambat datang ke sekolah.

 

**pfuih**

 

Kelihatannya tahun yang berat ya? Bukan hanya untuk Abe, tapi juga kami orangtuanya lho! Tapi sekali lagi, inilah yang PENTING untuk dilakukan. InsyaAllah ini yang terbaik untuk Abe. (Syukurlah setiap kali membahas tentang pakta itu, Abe sendiri yang selalu menyimpulkan, “Ini yang terbaik untuk Abe ya, Buk?” (sambil matanya menerawang jauh dan nggak jelas hihih)...Iya Nak, insyaAllah... Semoga Allah mempermudah untuk kita semua ya, sayang. Diatas semuanya, kasih sayang Bapak dan Ibuk kepada Abe TIDAK AKAN pernah berubah! Bahkan akan selalu bertambah dan bertambah...

 

:::::.....

 

Mau sedikit mengintip pakta “Usia 7 Tahun Abe” kami? Inilah dia :

  1. Sholat di awal waktu
  2. Pipis dan E’ek (ini usulan Abe, dengan alasan bahwa sangat berbahaya kalau kita menahan atau menunda waktu kita kebelet pipis ataupun e’ek...betul juga ya? hihihi)
  3. Mengaji setiap hari
  4. Menyiapkan sekolah sendiri
  5. Kegiatan Suka-Suka Sampai Puas

 

(Ditandatangani kita semua. Nomor urut menunjukkan prioritas. Jadi ketika no 1 harus dilakukan, maka semua no yang dibawahnya harus mengalah. Begitu seterusnya.)

 

:::::.....

132 komentar:

  1. Selamat ultah buat Abe. Semoga selalu sehat dan diberkahi Allah, amiiiiin.

    Makasih loh mba Wahida, sharingnya tujuhnya. Aku belon tau loh, hihihi.

    BalasHapus
  2. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 17.47

    wah mbak wahida.......aku jadi ikut belajar ngebesarin anak nih? al hikmah yang di gayungankah???

    BalasHapus
  3. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 17.47

    abe......ini dari tante arum


    Glitterfy.com - Glitter Graphics

    BalasHapus
  4. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 17.48

    abe.....yang ini dari ooom dodo

    Glitterfy.com - Glitter Graphics

    BalasHapus
  5. Ibuuuuukkkk.....ikutan nyontek pakta2nya yaa..
    Sbg persiapan bikin kesepakatan untuk Hamzah yang jelang tujuh tahun juga taun depan.
    Saling do'akan ya say, moga anak2 kita bisa tumbuh berkembang sesuai tuntunan Rasulullah saw.

    *pelukciumbuatAbeyangulangtahun*

    BalasHapus
  6. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 17.49

    ini dari dede phil2......

    Glitterfy.com - Glitter Graphics

    BalasHapus
  7. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 17.50

    nah yang ini dari adik taz2.....

    Glitterfy.com - Glitter Graphics

    BalasHapus
  8. Selamat Ultah yaa

    BalasHapus
  9. aminnnnnn nah ini dia yang kami tunggu-tunggu, doanya...
    hehehe makasih ya Tante Uwiiii **hugs**

    sama-sama mbak, semoga bermanfaat untuk kita semua :-)

    BalasHapus
  10. ahhh kita sama-sama belajar mbak, siapa sih yang bisa ahli menghadapi anak-anak ini?? hihihi

    iya benar, Abe sekolah di Al Hikmah yang di gayungsari itu :-)

    whaaaaaaaaaa makasih juga kadonyaaaaaaa
    seluruh anggota keluarga borongan nihhhh hihihi
    lucu, gambarnya kayaknya bener2 mewakili yang mengirim deh :-D
    tengs a lot mbak arum **hugs**

    BalasHapus
  11. selamat ulang tahun,Abe..semoga doa dan harapan dari Bapak dan Ibuk terkabul..:)

    BalasHapus
  12. Met ultah...

    Panjang amat ritual 7 tahunnya? Haha! Udah lupa pas ultah 7 di-apain aja ya?

    BalasHapus
  13. silahkannnnn aku dulu juga dapet dari contekan kok Vienn hehehe :-D
    nah ya, sosialisasikan mulai sekarang Vienn...dan sering-sering... biar Hamzah juga siap :-)
    betul, kita saling doakan yang terbaik untuk anak-anak dan keluarga kita, aminnn

    **hugs back from here untuk Te Vienna**

    BalasHapus
  14. makasih Om Bambanggg :-)

    BalasHapus
  15. makasih Te Ellen...aminnn

    jadi, kapan ke surabaya Te??
    **siap2 mbeber kloso** hehehe

    BalasHapus
  16. Tengs Om Erik..

    panjang?? hahaha konon karena tahun yang cukup penting kali ya Rik? Biasanya simpel2 aja kok :-D
    **membayangkan Erik usia 7 tahun, masih ingusan gak ya kira-kira??** hahahaa

    BalasHapus
  17. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 18.14

    maksudnya biar kalo makan2.....rombongan sirkus bisa dibawa........*ngirit kan lumayan tuh...*

    BalasHapus
  18. arum barmadisatrio29 Oktober 2008 pukul 18.17

    udah di save tips 7-nya....thx yak.....

    BalasHapus
  19. hahaahahah monggo monggo
    kan surabaya lagi hotsale??
    banyak buy 1 free 1 nih

    **gakmaurugi** :-D

    BalasHapus
  20. sama2 mbak semoga bermanfaat :-)

    BalasHapus
  21. **buru2 mengamini aminnya Pak Amir, doa dari kakek dokter insyaAllah tokcer**

    makasih Pak...nanti makan2nya nitip dirumah Pak Amir saja ya?
    kan situ yang lebih hobi masak?? **nglamak**

    :-D

    BalasHapus
  22. ®Ã¯Ã¨ ®Ã¯Ã¨29 Oktober 2008 pukul 18.34

    amiiiiiinnnnnnnnn.....met ultah buat Abe ya!
    wish him all the best!!

    BalasHapus
  23. Huuuaaa haaa haaa!

    BalasHapus
  24. happy besday buat Abe semoga menjadi anak sholeh amien

    BalasHapus
  25. Selamat Ultah ya Abe ^^
    ini kita jadi saksi juga kan mbak? mesti tanda tangan dimana nih xixixi

    BalasHapus
  26. saya anggap itu tanda persetujuan :-D

    **tandatangan pakta sama p amir**

    BalasHapus
  27. terimakasih banyak Tante Rie...:-)

    BalasHapus
  28. amin, makasih Te Lussy, doa yang sama pastinya buat si pangeran Depe ya :-)
    masih takut hujan?? hehe

    BalasHapus
  29. sini Ob Bli...*apa Om Gde? ah Om Bli aja*

    disini nih, tandatangan disini **sambil nunjuk ke punggung Zing the cat**
    :-D

    BalasHapus
  30. Selamat ulang tahun, Abe...
    Mudah2an Allah selalu melindungi & menyertai setiap langkah Abe ke depan yaaa.
    Mbok'e pake acara nangis2an gak menerima kenyataan anak lanangnya bertambah besar ;p

    BalasHapus
  31. makasih Tante Titien...salam untuk RV yaaa **kapan ya anak2 bisa kopdaran hehe**

    nangis?? sekarang udah nggak lah Tiennn **bangga**
    kan tadi malem waktu anaknya tidur, sudah!? :-D

    BalasHapus
  32. Syanti Dewi Erawati29 Oktober 2008 pukul 19.11

    selamat ulang tahun yah Abe.. mudah2an tambah sholeh dan pinter :)

    BalasHapus
  33. Abe makin besaaar....
    selamat tambah besar ya beee...
    semoga menjadi orang besar yang berjiwa besar dan bermanfaat besar bagi dunia... :D

    wah, mbak thanks berat buat tips2nya. bentar lagi sepuipuku 7 tahun sudah saatnya aku siap2 jadi guru juga buat dia. soalnya ibunya sudah ga ada.

    BalasHapus
  34. Slamat Ultah Bwt Abe..

    BalasHapus
  35. terimakasih Te Syantie...
    **mau dongg kuenyaaaaaaa**

    hihihi lha kok malah nodong??? **untuk kesejuta kali mengkhayal, seandainya Teh Syantie tinggal di surabaya hiiksss** :-D

    BalasHapus
  36. iya Tante yang..... **mau nambahin kata itu kok gak tega hihihi ntar aku dikira ngajarin anak2 nggak sopan (jadi bukan karena gak tega sama mamal lho alasannya wakakakakak**

    wah, ibunya kemana Mal? **mengira2 tapi gak berani memastikan** iya Mal, kamu sebagai tante, berarti ya orangtuanya dia juga kan?? :-)

    BalasHapus
  37. Tengs tante..

    oh ya, Feb, kemarin Abe lihat2 MP ku *seperti biasa* dia sempat nanyain headshotmu "itu siapa Buk?" maklum baru2 ini aja dia liat Tante Feb hehe...pasti dia tertarik face painting itu deh Feb....PASTI! :-D

    BalasHapus
  38. bilang aja buleeeet... :D

    aku sebagai sepupu kok, mbak. nggak cuma aku tapi juga sepupu2 yang lain juga jadi ekstra perhatian dengan dia. Ibunya baru saja meninggal bulan september kemarin

    BalasHapus
  39. bukaaaaaaannnnnnn aku bukan mau bilang ituuuuuuuu **nada keras menyangkal**
    aku cuma mau bilang "besar" kok, ikut2an kamu *nada lirih pelan-pelan**

    **pasrah disambit kue taart sama mamal, lumayan buat abe**

    wah kasian ya, aduhh jadi dia sebesar Abe hikss
    bapaknya masih ada?
    aku jadi ingat lagi cerita Fikri dan Fitri :-(
    beruntung sekali dia punya sepupu sepeduli kamu, Mal...

    BalasHapus
  40. Met Ultah Abe...semoga jadi anak yg Sholeh..


    Samaaa ama ABE..sejak ngerti ultah,gw gak pernah MAU dirayain..
    *meskipun gak pernah NOLAK kl dikasih kado hehehe*

    BalasHapus
  41. hmmm kata degan awlaan B yang lain yaaa? *siap2 nyambit*

    pengen juga sih nyambit pake tart... apa day lagi bokek...
    jadi be... nyambit kue tartnya nanti aja ya? sementara yang melimpah di rumah itu mangga. :P

    ayahnya masih ada juga masih aktif kerja jadi agak bingung ninggalin anaknya yang masih kecil. jadilah para tetangga dan keluarga nimbrung nemenin kalau ayahnya dines keluar kota.

    BalasHapus
  42. samaaaa tante Iyaaaaa, disini juga gak menolak kok
    jadi, mana kadonya? *hehe*
    baju kurung malaysia warna hijau ya? ukuran XL

    **ini yang ultah siapa siihhhh????** :_D

    BalasHapus
  43. sejak kapan Abe pake baju cewe???? XL pulaaa??? bukannya puasa kemaren dia menyusut???
    *curiga*

    BalasHapus
  44. mangga??????? mauuuuuuuuuuuuuuu **dasar mauan :-D**

    kata berawalan B kan banyak Tante......Baik Hati, Bermawan, Benyayang, dll **maksa** hehe

    semoga sepupumu tumbuh dewasa dengan penuh kasih sayang dan menjadi anak sholih Mal, aku selalu terharu kalo denger cerita-cerita seperti ini, aku percaya kamu juga makanya sebesar ini kepedualianmu Mal... *salut*

    BalasHapus
  45. XL ukuran anak2 maksudnyaaaaaaaaaaaa **ngeles**

    lah tapi yang baju kurung itu, jangan dbeliin yang ukuran anak2 ya Tante :-D
    **tebal muka**

    BalasHapus
  46. *nasih amplas*

    biar tipiiiss..pake ini ajaaa...liciiinn dan tipiiss

    BalasHapus
  47. ooohhh Abe ukuran XL anak2 toh...


    baju kurungnya kan??
    *cuek*


    BalasHapus
  48. kurang mbak kalo cuma amplas
    jadi sekalian sama baju kurung, pesen juga mesin pengamplas elektrik yang wattnya ribuan itu, mantaaaaaafffffff buat muka!!

    **melengos liat Mbak Iya kerepotan bawa pesenan baju kurung di tangan kanan dan mesin amplas superbesar dan berat di tangan kiri**

    BalasHapus
  49. haaaaaaaaaaaa bacanya yang lengkap doongggg

    **mulai tantrum**

    BalasHapus
  50. owkeehh yg baju kurung aku gak beliin kok...cuma nyoba aja tadi..sapa tau pas untukku...
    *berlalu dari deretan baju kurung*

    BalasHapus
  51. LISTRIKnya cukuuupp gak disono????

    ntar dijadiin pajangan pula di ruang TAMU...
    *siap2 order*

    BalasHapus
  52. *bolak balik ngulang baca...*


    beneeerr kok!! dah komplit bacanya...
    *yakin*

    BalasHapus
  53. Selamat Ulang Tahun ya Abe..
    Semoga bisa melalui 7 tahun kedepan dengan baik ^_^

    BalasHapus
  54. Met Ultah KAPTEN ABE, Semoga jadi anak Sholeh, bertaqwa pada ALLAH, berbakti pada orang tua dan menjadi penerus nabi-Nya untuk menjadikan Islam Rahmatan Lil'alamin.

    BalasHapus
  55. panjang umur anak ganteng...semoga Allah selalu menjaga Abe dimanapun Abe berada. Amin

    BalasHapus
  56. Tahniyah ya Abe....
    Semoga kelak abe menjadi pejuang2 Tuhan dan pengikut Rasulullah yang setia dan di rizkikan untuk ikut berjuang untuk kegemilangan islam akhir zaman. Amiiin.....

    BalasHapus
  57. Selamat Ultah ya cah bagus..., sehat terus, makin pinter, dan selalu jadi kebangaan bapak-ibuk, amin!!!

    Selamat juga buat Wahid dan MI, senangnya ya Abe udah makin gede dan pinter..., anak2 memang luar biasa ya Da...:)

    BalasHapus
  58. si ibuk kejam nian..
    si mbak mau diiket..
    mentang2 pulang kampung seminggu..


    :P

    BalasHapus
  59. Anak lanange mbak Wahida Ultah...
    Met Ultah buat mas Abe sayang, semoga keberkahan dan keridhoan Allah selalu menyertai langkah mas Abe Amin...bayangin gantengnya sholat pake gamis...Ckc ckc ckc..

    BalasHapus
  60. Met Ultah ya buat ABE................

    doanya ditambahin ya Be.............."ibuk jangan dudul2 nemen.......".

    BalasHapus
  61. **lemparkan tali laso untuk menjerat baju kurung**

    BalasHapus
  62. cukuuuuupppppppppp

    **siap2 bertungkus lumus ngolor kabel sepanjang 10 km dan colokin ke bengkel mertua yang listriknya puluhan ribu watt**

    BalasHapus
  63. keyakinan yang perlu dipertanyakan **sigh**

    BalasHapus
  64. terimakasih Tante...aminnn
    wah doanya langsung 7 tahun kedepan, aminnnnn aku sukaaa doanya Te... **hugs**

    BalasHapus
  65. waduh doa yang ini dahsyattt
    terimakasih Om Fathor
    doa yang sama untuk KIO
    udah tau belum kalo Kio juga salah satu teman yang Abe idolakan??
    hehe
    terutama karena Kio ngajinya sudah pinteeeerrrrrr dan jauuuuhhhhhh **menurut pengakuan Abe**

    BalasHapus
  66. waduh doa yang ini dahsyattt
    terimakasih Om Fathor
    doa yang sama untuk KIO
    udah tau belum kalo Kio juga salah satu teman yang Abe idolakan??
    hehe
    terutama karena Kio ngajinya sudah pinteeeerrrrrr dan jauuuuhhhhhh **menurut pengakuan Abe**

    BalasHapus
  67. aaaaammiiiiiiinnnnnnnnnnnnnn
    makasih Bunda....................

    **hugs buat Bunda sak shafa sak daffa tapi gak sak bapaknya, gak waniiii hihihi**

    BalasHapus
  68. makasih makcikk...**pake tahniah soale, knp mbak dian? baru dolan kerumah mb iya tah?" :-D

    aminn aminn aminnn masyaAllah doamu mbak, indahnyaaaaaaaaa
    **hugsss sambil bolak balik mengamini**

    BalasHapus
  69. makasih Bude Mitungggg amin amin aminnnnn
    pancen mbak..
    rasane kadang2 kita pernah ya merasa kalo kadang kita kurang maksimal sebagai orangtua
    tapi, in the end of the day,
    lihat anak2 tumbuh besar, rasanya terharuuuuuuuu juga hiksss

    **hug mb Mita dan Gaby**

    BalasHapus
  70. wekekekeke si mpok, kenapa dikau selalu mengomentari bagian cerita yang begini??
    kenapaa???

    hahaahahhahah

    BalasHapus
  71. iya Mbak Mar hehehe
    makasih Tanteee, aminnn atas doa yang indah :-)

    pake gamis?? hihih iya, sambil garuk2 karena bagian dada (bordiran) suka bikin dia gatal hauhauhauahu

    BalasHapus
  72. huhauhauhauhauauau

    sampeyan sing dudul ngono lho **melet**

    makasih tante Sisilllll yang duduuuuuuullllll :-D
    kadonya ayam goreng kremes aja ya tante
    **jelas buat emaknya**

    BalasHapus
  73. lho? emangnya musti bagian mana yang dikomentarin?
    *clingukan*

    BalasHapus
  74. harusnya bagian yang manis2 gitu kan?? halah **bak pungguk merindukan bulan**

    :-(

    BalasHapus
  75. maksudnya teh manisnya?

    oh.. ya.. yang anget ya..
    lagi kedinginan nih..
    ga pake lama!

    BalasHapus
  76. wakakakakaka
    kejammmmmm

    **masih keringetan baru kelar pekerjaan rumah, tega nian mpokkk mentang2 duduk di singgasana mantu tersayang leyeh2 huuuuuuuuuuuuu**

    BalasHapus
  77. ya udah.. kuenya sekalian!!

    wakakakakakk... :P

    BalasHapus
  78. **pingsan tepat dirumah mertua harlia, biar semua orang pada tahu siapa pelakunya**

    BalasHapus
  79. karena keserempet becak di depan?
    atau karena pengen makan segala macem jajanan yang ada di depan SD sebelah situ?

    BalasHapus
  80. **masih pingsan karena itu tidak bisa menjawab komennya**

    BalasHapus
  81. met milad ya abe..
    mudah2an menjadi anak yg selalu sholeh dan diridhoi Allah......amin

    BalasHapus
  82. Abe...met ultah ya...
    Wahida emang ibu yg oke punya :-)

    BalasHapus
  83. Arie - Bunda Icha Anakku Sayang30 Oktober 2008 pukul 00.41

    happy b'day Abe, semoga panjang umur dan tambah sholeh yaa..amin.

    Ibuk yang hebat..bener! Maksih ya sharenya

    BalasHapus
  84. Selamat Ulang Tahun ya Abe, semoga paktanya dijalankan dengan sukses.

    BalasHapus
  85. makasih Tante Temmy
    aminnn atas doanya, salam untuk kakak Hanna ya
    Hanna udah 7 masuk 7 tahun ketiga kali ya Teh? :-)

    BalasHapus
  86. makasih Bude Linda
    ibu yang baik?? ahh itu kan karena belajar sama Mbak Linda juga hehe
    **yang dari awal sudah amazing menangkap aura keibuan sekaligus sense of humor dari Mbak Linda** :-)

    BalasHapus
  87. makasih Te Arie, aminnn atas doanya :-)
    mbak Arie juga ibu yang hebat loh, tanya saja sama Icha kalo gak percaya :-D

    BalasHapus
  88. makasih Te Dina...wah amiinnn, I really need that for tha pact, thanx a lot :-)

    BalasHapus
  89. Selamat ulangtaun ya Abe sayang ...

    Waduuuh mbak thanks banget loooh, tulisannya sangat bermanfaat ...
    Buat Ibu dan Abe ... Selamat memasuki 7 tahun kedua yaaaa!

    BalasHapus
  90. tfs mbak... selamat menempuh 'hidup baru' buat abe :D semoga semakin sholeh...

    BalasHapus
  91. Selamat Ultah buat Abe. Setahun lebih dulu tok dari Aaqilah.
    Semoga tumbuh menjadi anak shaleh, berbakti, sehat dan pintar seperti manusia2 teladan terdahulu.
    Artikel mantap, mbak :) semoga kita termasuk orang tua yang berhasil mendidik anak ya.
    Not an easy job at all. But never impossible.
    Eh,
    maksud pakta no.2 apa, Abe pipis dan e-e "cebok sendiri" gitu ya...
    soalnya kesian banget si Abe, umur 7 tahun baru boleh pipis & e-e. Sebelum2nya kudu nahan to??
    ;P heheheh
    Luv ya!

    BalasHapus
  92. Wahhh sudah 7 tahun yah si Abe...Alhamdulillah..Barakallah ..semoga semakin besar semakin membuat hati ibu dan bapak bahagia....jadi anak sholeh ya nak....

    BalasHapus
  93. wis mantep mboke, kelingan Pakdhe Piaget, bahan sekripsi ku.......

    BalasHapus
  94. Rosalina Zulkarnain30 Oktober 2008 pukul 11.05

    Barakallah ya Be...semoga Allah memudahkanmu menjalankan pakta2 itu :D Btw...Syaffa juga menjelang 7 tahun nih..:) nanti pertengahan Desember.

    BalasHapus
  95. Selamat ulang tahun ya Be, semoga suksez dalam menempuh tantangan dalam pakta yang telah ditandatangani,,,,juga ibuknya diberi kesabaran *halah..

    *makasih ya mbak wahida, memberi banyak pelajaran dan petuah-petuah hidup,,,tak catat untuk anakku kelak,,,haduh durung nikah ae, wis mikir anak :D

    BalasHapus
  96. Abe.. smoga istiqomah n jadi anak yg slalu dibanggakan oleh ibuk dan bapak yaa...

    Mbak.. cara mendidiknya kujadikan contekan yak , idem dengan plukpluk.. (blom nikah .. terapin ke ponakan aja dulu) ^^

    BalasHapus
  97. makasih Tante Rima yang cantiikkkk

    sama2 Rim, silakan dicontek, itu dulu juga hasilku nyontek kok hihihi

    BalasHapus
  98. sama-sama Rinda, salam cium untuk Eka ya :-)

    aminnn makasih juga doanya *hugs*

    BalasHapus
  99. aduh aku langsung tersipu-sipu nih mbak *gaya tessy*

    eh, 20 okt bukannya libra ya? sama kaya mas iwan tuh
    kalo gak salah abe ikut scorpio
    *setelah lihat contekan, karena aku gak hapal rasi bintang hihihi*

    tapi setuju, abe-zach memang dari awal udah dapet banget chemistry nya ya??
    seneng deh liatnya
    jadi gak sabar kalo nanti kalian jadi kesini lagi, gimana kalo dia ketemu danny juga :-)

    BalasHapus
  100. aahhhhh iyaaaaaaaaa!!!!!!!!
    berarti baru ultah juga aqilaah...
    selamet ya cantik...semoga shoilhah juga *hugs*

    pakta no 2?
    hahahahaha
    urusan cebok dari dulu udah bisa sih
    ini kan untuk menandai PRIORITAS selama usia 7 tahun ini
    mulai dari apa yang paling penting untuk "dibelain" di rumah ini
    nah, aku kan minta pendapat dia, habis "sholat di awal waktu", kira-kira apa yang penting untuk "TIDAK DITUNDA" alias URGENT? gitu....

    dan jawabnya pipis dan e'ek...
    kesimpulannya, kalo masuk waktu mengaji trus dia tiba2 kebelet,
    ya acara mengaji harus mengalah dulu...karena pipis/e'ek urutannya lebih urgent
    habis pipis/e'ek baru deh mengaji...

    *hahahahahah*

    BalasHapus
  101. wakakakakaka duduulll!!

    *hug and love u back!!*

    BalasHapus
  102. makasih Tante yang cuantikk tik tiik tikkk :-)

    **hugs Lessy berombongan sama anak2 biar tante breathless**

    BalasHapus
  103. masak? heuheuh mantep juga dong Arik, kebetulan ya
    Pakde Piaget lagi opo nang skripsimu? duduk ngopi atau nyangkul di sawah? hehe

    BalasHapus
  104. aminnn
    makasih banyak ya Tante Ros...

    waaa pasti seru juga nih cerita Syaffa ultah hehehe
    *ditunggu ceritanya rek*

    BalasHapus
  105. Be ini aku shafa ,selamat panjang umur ya Be .aku mau ngucapin di sekolah tapi nggak ketemu .

    BalasHapus
  106. ini abe ya sama sama

    BalasHapus
  107. ini tante, bundanya Shafa, mana ibuk Abe.....

    BalasHapus
  108. halah timbang ngene chat ae po'o

    **ngakak liat jawaban abe, maaf ya shafa, jawabannya nggak nyambung, masak "selamat ultah" kok jawabannya "sama-sama" siihhh????**

    BalasHapus
  109. Hv Milad mas Abe..
    semoga menjadi pribadi sholeh yang senantiasa menegakan kalimat Alloh swt
    aamiin...

    -ammah rela- dek wafa- ammi teguh-

    maaf ya teulaaattt ^__^

    BalasHapus
  110. hiiii ammah-ammi <=== jadi ini yang akhirnya dipilihin buat dek wafa ya? hehe

    aminnnn makasih doanya Tanteeeee *hugssss*

    BalasHapus
  111. mbak, tanya ..... ! ^__^
    sejauh mana ya kebebasannya.. kalo dalam hubungan sosial masih sebebas ini gak? boleh ada kata jangan/tidak boleh gak?
    soalnya kan ada anak yang gak mau berbagi, suka menang sendiri dan merebut mainan temannya ...
    bagian ini gak termasuk bagian aktualisasi diri kan?

    huuuuhuhuuhu maunya ngobrol lngsng ma mbak .... like old times ... kapan yaaaak...????

    mmh jadi inget, ada sesi 'konsultasi'ku sama mbak yang belum sempat aku posting .. *__*

    BalasHapus
  112. ngga mbak...
    buat dek Wafa.. Ummi dan Abah... *__*
    ammah sama ammi tu untuk mas abe... panggilan tante sama om dalam bahasa arab hehehe biar beda...
    tapi gak tau niyy nulisnya bener gak yaaa???

    BalasHapus
  113. met ultah Abe, moga jadi anak yang sholeh dan bisa membuat bapak & ibu bangga padamu!

    BalasHapus
  114. hmm...
    kalo aku, bagaimanapun, tetap sedapat mungkin menghindari kata "JANGAN" sih La...
    yang jadi pengecualian cuma satu hal yaitu BAHAYA
    maka, anak2 ku pun biasanya mengerti, kalo ibuk sudah bilang "jangan" maka artinya itu sudah sangat serius dan bahaya, sehingga bener2 harus dituruti....nah salah satu tips supaya kata "JANGAN" tadi dituruti, ya balik lagi, jangan terlalu diobral...karena kalo keseringan mendapat kata-kata itu, anak-anak akan terbiasa dan efek kekuatannya lama-lama bisa memudar **wakakakka bahasanya kaya iklan pencuci baju aja hihi**

    nah,
    kalo menyangkut perilaku anak-anak yang misal : gak suka berbagi, suka menang sendiri dll itu..
    *ambil napas*
    aku lebih memilih menggunakan kata-kata positif saja
    jadi tetap, sebisa mungkin tidak memakai kata "JANGAN"

    misal,
    suatu waktu anak kita bertengkar karena nggak mau meminjamkan mainannya kepada teman
    nah, daripada bilang "JANGAN pelit nak, ayo mainannya dikasih".....
    aku lebih memilih untuk bilang "wah kalau mau BERBAGI pasti nanti punya banyak teman"

    atau,
    ketika anak-anak menunjukkan perilaku yang kurang baik *menurut kita saat itu*
    alihkan saja perhatiannya kepada hal lain...
    menurut pengalamanku, pengalihan perhatian ke hal lain ini biasanya lebih berhasil daripada kita fokus keukeuh melarang dia melakukan perilaku tadi..

    anak-anak kan punya sifat : kalo dilarang, maunya malah ngelakuin...?
    yah maklum, karena egosentris mereka yang masih berpusat pada dirinya sendiri,
    jadi kalo dilarang, dia malah cenderung ingin menunjukkan "keinginannya" itu pada kita

    hihihi jadi panjang deh, monggo kalo mau disambung lagi
    gpp deh disini aja, siapa tahu yang lain akhirnya bisa sharing juga La :-D
    knsutasi apa itu yang belum diposting?? *aku lupa tuh*

    BalasHapus
  115. hihihihihi ooo gituuuu

    **maap, abisnya gak paham bahasa arab juga hihi malu** :-D

    BalasHapus
  116. tengs Om Arik!!

    **lama gak mampir, kemana aje Om? semua sehat2 kan??**

    BalasHapus
  117. udah tahu jawabannya di blog sebelah 'kan? ;)

    *menunggu QOTW dari Abe & Bea*

    BalasHapus
  118. aku telat :( gpp yah...mo ngasih kado peluk dan doa buat Abe.. *hugs Abe*
    selamat milad ya nak...dari jauh Budhe doakan semoga Abe bisa sukses dengan pakta2nya, agar kedepannya lebih ringan melakukan yg lebih berat *kalo kurang ngerti artinya, nanya ibuk yaaa*..semoga Abe menjadi anak sholeh, yg hanya takut pada Allah dan RasulNya, dan jadi anak yg manfaat buat sebanyak2nya orang..
    Buat Wahida dan Mas Iwan, semoga diberi kekuatan lebih dalam membimbing dan mempersiapkan Abe

    *thks tips2nya ya Da...*

    BalasHapus
  119. iyaaaaa sudahhhh heuheuehu

    QOTW is coming soon huehuehuhe thx for the inspiration :-)

    BalasHapus
  120. SUBHANALLAH....

    doamu dahsyat mbak!!
    tak ada kata telat untuk doa pokoknya!!
    subhanallah
    terimakasih mbak henny
    have i told you lately that i love you more each day now???

    **hugs back, BIG ONE**

    BalasHapus
  121. sama2 Da... yang sudah kamu berikan ke aku juga ga ternilai *walopun mungkin kamu ga ngeh ttg ini*
    mudah2an kita sama2 dikuatkan Allah dan diberi kesabaran ekstra dalam menjaga titipanNya yah...

    *luv u 2...!!*


    BalasHapus
  122. Selamat milad ya Abe... meski telat...

    Semoga pakta-paktanya bisa dijalankan dengan baik dan konsekuen, termasuk ikhlas juga... Betul itu, kasih sayang bapak dan ibuk nggak akan berkurang :). Toh pakta itu nggak mengikat Abe untuk tetap jadi Abe yang...

    ...yang apa ya, aku bingung gambarinnya... Abe yang fun dan suka iseng kali ya, hehehe...

    Konsepnya bagus, Mbak. Aku kadang mikir "Gimana caranya nggak bilang jangan/nggak kalau itu memang perlu?", tapi ternyata memang banyak cara lain ya Mbak...

    BalasHapus
  123. hmmmm coba Leila baca replyku untuk komennya Rela sebelulmnya itu

    banyak cara, pokoknya harus kreatif,
    selalu berusaha berpikir out of the box layaknya anak-anak
    intinya, kita memang harus masuk kedalam dunia anak-anak kayaknya :-D
    guess what, it could be fun if we can find any way to enjoy it as much as they are

    BalasHapus
  124. makasih tante...telat atau tidak sama saja kok hehehe

    aminn juga tas doanya, we really need that..
    mudah2an kami orangtuanya bisa tetap membuat suasana dan kondisi rumah yang menyenangkan sehingga Abe bisa melaksanakan pakta dengan ikhlas...aminn :-)

    makasih La :-)

    BalasHapus
  125. wah bu.... bagi2 resep nya ya.... siap siap buat jadi ibu niiiii. salam kenal

    BalasHapus
  126. jangan bagi-bagi Mbak, kita tukeran aja ya hehehe

    salam kenal buat Mbak Rasti, wah kayaknya sudah siap jadi ibu nih, salam kenal balik yaaa :-)
    makasih sudah mampir kesini,
    invitationnya sudah di accept tuh, dengan senang hati hehe

    BalasHapus
  127. arum barmadisatrio10 Januari 2010 pukul 19.01

    ijin di link........

    BalasHapus
  128. aaahh senangnya dapet link ini dari ibunya phil2 dan taz2..
    tfs banget yaa...

    BalasHapus
  129. tumben Ruummmm hahaha boleh bangeetttt :-D

    BalasHapus
  130. sama-samaaaa :-)

    BalasHapus
  131. ehm...bermanfaat banget nih sharingnya. Met ultah untuk Abe...semoga menjadi anak yang sholeh, sehat dan kuat. Amin

    BalasHapus