Senin, 12 April 2010

Ohh Listen To The Radio


Setiap berkendara sendirian, selain suara murattal dari pemutar CD, teman yang kerap menemani tentu saja radio. Frekuensi berapanya tergantung mood saat itu tentu saja. 

Entah kenapa, aku lebih menikmati radio daripada misalnya CD lagu koleksi sendiri. Mungkin karena kalau mendengarkan koleksi CD sendiri, list lagunya sudah bisa ditebak, sedangkan mendengarkan radio menyimpan potensi “kejutan” yang tersendiri. Kita akan merasa surprised ketika tiba-tiba terlantun lagu favorit lama yang populer waktu kita masih ABG dulu. Atau mungkin karena dari radio kita tidak hanya mendapatkan hiburan (musik), tetapi juga informasi yang seringkali menarik dan up to date.

Tergantung mood saat itu, tapi toh ada beberapa saluran radio yang paling sering kupasang di mobil. Itupun kalau aku sedang menyetir sendirian, dimana hakku untuk memilih apa yang diputar di mobil sepenuhnya ada padaku. Kalau ada suami dan (terutama) anak-anak, rasanya tak ada pilihan lain yang lebih kuinginkan selain melihat mereka gembira bisa mendengar apa yang mereka mau.

Kalau pas suami yang berada di belakang kemudi, radio favoritnya dia adalah saluran PAS (FM 104,3). Radio bisnis, tentu saja. Dan walaupun aku selalu memproklamirkan diri sama sekali bukan orang bisnis, tapi tak urung terkadang aku menemukan banyak hal menarik dari radio ini. Kadang cerita falsafah-falsafah dan tips bisnis yang disampaikan Tanadi Santoso, atau Tung Desem Waringin, atau James Gwee sangat bersifat universal. Pada beberapa cerita yang melibatkan karakter binatang sebagai analogi, Abe dan Bea bahkan menyukainya. Kalau anak-anak sudah menemukan cerita bisnis fabel begini, pasti dudul jadinya karena mereka inginnya cerita itu diulang lagi “Aku mau denger lagi!!” Lah, mana bisa, ini kan radio???

Kala sendirian, aku paling suka dengerin Metro Female  (FM 88.5). Pertamanya dulu suka karena saluran ini hampir 80 % berisi lagu, enak-enak pula. Diputarnya berbarengan di jam-jam aku menyetir sendirian pula. Pulang ngedrop sekolah anak-anak atau ketika berangkat menjemput. Tetapi kemudian aku makin suka karena info-info yang disajikan di saluran itu. Menurutku secara umum Metro Female adalah saluran khusus wanita yang paling bisa kunikmati. Nggak terlalu nyablak, nggak terlalu criwis, nggak terlalu ‘gaul’ dan juga nggak terlalu kemayu.  Daripada membahas mode dan pernik penampilan, mereka cenderung mengedepankan info yang lebih dalem, misal soal kesehatan, riset-riset terbaru dan lain-lain.
Seperti kemarin, aku sempat mendengar info tentang sebuah hasil riset di Kelley University di Indiana. Riset itu melibatkan dua kelompok partisipan yang diminta untuk memasukkan tangan mereka kedalam bak berisi air dengan suhu biasa, kemudian secara tiba-tiba memindahkan tangannya kedalam bak berisi air panas. Kelompok yang satu diminta untuk diam saja tanpa mengeluarkan satu patah kata pun sebagai reaksinya, sedangkan kelompok yang kedua diijinkan untuk MENGUMPAT. Ternyata hasil risetnya mengungkap bahwa kelompok yang diijinkan mengumpat ternyata bisa lebih lama bertahan di bak air panas itu daripada kelompok yang diam. Akupun jadi bertanya-tanya, adalah reaksi lain yang lebih efektif daripada mengumpat???

Kalau suasana hati sedang kurang ceria, aku tinggal switch  saja saluran radio ke HardRock Surabaya (FM 89,7). Sudah pada tahu dong dimana-mana radio HardRock itu seperti apa? Ancuuurrr!! Semua penyiarnya rata-rata juga ancuuurr!! Makanya kalau pas rada gloomy dan garing kurang bersemangat, aku selalu pantengin saluran ini. Apalagi pagi-pagi selalu ada penyiar Meiti disitu. Aku suka banget si Mei ini hahaha. Dia bukan hanya lucu dan gokil tapi juga kreatifnya nggak ketulungan. Suka menceploskan ide yang asli out-of the box banget. Bikin aku njeplak nggak keruan dengernya.

Seperti kemarin, ini Cuma satu contoh keciiilllll saja (satu saja) dari kegokilannya, dia pas on-air bareng penyiar cowo (lupa deh namanya, entah Ivan entah siapa ya). Trus mereka lagi seru ngomongin soal pernik-pernik pesta pernikahan. Salah satu yang menjadi omongan adalah make-up pengantinnya (khususnya pengantin wanita). Kata orang, perias yang bagus adalah perias yang bisa dandanin pengantin wanitanya sampe ”manglingi”....alias bikin pangling. Semakin tamu-tamu pangling lihat si penganten wanita, maka boleh dibilang perias itu makin ahli dan “sangar’ dalam mengerjakan tugasnya.

Nah si Meiti bilang, kalo begitu aja sih gampang.... Bahkan dia bilang kalo nanti dia menikah, nggak perlu itu sewa perias mahal-mahal paku juta-juta bahkan puluhan juta, apalagi pake puasa mutih 40 hari 40 malam segala. Kalo mau bikin pangling tamu-tamu sih gampang urusannya. Dia bakalan bisa tuh bikin dirinya sendiri manglingi di hari pernikahannya nanti. Caranya???

“Gampang!! Aku tinggal pasang kumis dan jenggot palsu di wajahku aja! Dijamin semua orang (bahkan suamiku) akan pangling lihat aku!!”




23 komentar:

  1. Hihihi, beneran berani ga yah nanti Mba Mei ini pake kumis palsu dan jenggot? hihihi. Kebayang ntar orang2 bingung, yg mana manten perempuan, yg mana manten laki2, kikikik.

    Mba Wahidaaaa... aku lagi sediiiiiih *meluk Mba Wahida sambil sesegukan*

    BalasHapus
  2. dian mardi safitri12 April 2010 pukul 20.50

    nah itulah gunanya misuh: supaya kuat... qiqiqiqi

    aku inget, dulu pas masih di suroboyo, ada bemo yang supirnya hobi nyetel radio MTB... Monggo Tresno Budoyo... (eh, apa ini nama programnya ya?)

    BalasHapus
  3. Bener hehe lucuuu
    *pantes sering nyasar hehehe*

    BalasHapus
  4. Arie - Bunda Icha Anakku Sayang12 April 2010 pukul 21.37

    ha..ha..dijamin tuh pangling semua ya..

    BalasHapus
  5. wahida ariffianti12 April 2010 pukul 22.00

    aku juga langsung bayangin dia pake kebaya tapi pake kumis, makanya aku langsung mules ketawa2 sendiri mendengarnya wkwkwk

    Uwi, kenapa sayang...??? *peluk Uwi tepuk2 bahu*
    crita lah ada apa....*merasa dudul lihat Uwi yang ngikik2 tapi trus tiba2 sesenggukan*

    BalasHapus
  6. wahida ariffianti12 April 2010 pukul 22.02

    MTB FM masih ada loh mbaa...tapi aku jarang setel itu, kalo nggak salah mereka punya program cerita2 horor tiap malam Jumat, huwaaaa siarannya jam 11 malem pula...kata sodaraku medeni bangettt wkwkkwkw

    soal misuh, lha itulah.....qiqiqiqiqiqiq

    BalasHapus
  7. wahida ariffianti12 April 2010 pukul 22.03

    hahahahaha ini teori baru yang sungguh menarik mbaa *bahwa aku suka nyasar gara2 keasyikan stel radio*
    coba nanti aku kumpulkan datanya, tiap kali nyasar, apa aku saat itu sedang stel radio dudul ya??
    *nyengir ngikik2* :D

    BalasHapus
  8. wahida ariffianti12 April 2010 pukul 22.03

    murah meriah pula ya mbaaa??? *ngakak*

    BalasHapus
  9. kayak judul lagunya The Corrs ya (Listen To The Radio)

    BalasHapus
  10. wahida ariffianti14 April 2010 pukul 05.52

    mas fathor jeli, ide judulnya emang dari situ hehehe :D

    BalasHapus
  11. Selalu dengerin radio ya B?

    Sama dong..
    Tapi radio ku beda ama kidz, dan pasti kalah aja kalau ada kidz dalem mobil.

    AKu juga selalu nyari yang resek-2 kocak gitu kalau radio, hahaha, aku udah cerita kan ya yang quizz 7 pahlawan revolusi itu?? hahahhaaaa..

    BalasHapus
  12. wah, kalo radio, susah di sini mbak... yang cocok cuman satu, bisnis juga. yang lain kalo gak bahasanya arab/urdu/tagalog, lagunya yang gak jelas..

    BalasHapus
  13. wahida ariffianti14 April 2010 pukul 15.35

    iyaaaa....paling enak dengerin radio memang kalo lagi sendirian di mobil *urek2 radio mb May, pura2nya lagi numpang mobilnya*

    hahh?? 7 pahlawan revolusi?? aku blum tauuuuuu....kamu dimana berceritanya?? *mupeng*

    BalasHapus
  14. wahida ariffianti14 April 2010 pukul 15.37

    wkwkwkwkwk waktu nginap di Makkah aku juga pernah nyoba2 channel radio yang tersiar lewat TV kabel mereka Rind....yang ada aku malah ngakak gak keruan *karena gak ngerti bahasanya itu wkwkwk*

    bahasa tagalog banyak dipake ya disitu? oiya ya, jadi inget pas di Jeddah, ketemunya pekerja dari Phipiphineeeeee mulu :-)

    BalasHapus
  15. hihi itu bapaknya eka sering dikira philipino

    BalasHapus
  16. harus cerita yaa??? *CAPEK NGETIK*

    kan kalau pagi suka ada acara di radio, yang telp dadakan ke orang dan kebetulan kayaknya ini radio lagi seneng telp-2 artis dan kasih pertanyaan yang merupakan pelajaran jadul kita sekolah.

    Sampe suatu saat, artis A ditanya,' sebutkan 7 pahlawan revolusi'

    Baru bangun tidur gitu lohh, itu juga dikagetin ama bunyi telp.
    Misal dia jawab baru 2 -aku juga lupa jawaban dia apa- anggep aja dia jawab,' MT Haryono ama AHmad Yani', trus dia diem, keabisan ide.

    Dikasih clue ama penyiarnya... ' itu lohhh, jalan yang deket perempatan kuningan'
    (Maksudnya penyiar pasti TENDEAN, karena emang ada di deket Kuningan perempatan situ), tapi yang si artis jawab adalah 'MAMPANG PRAPATAN', which is emang deket perempatan kuningan juga. Bener sih deket Kuningan, tapi kan bukan nama pahlawan revolusiiii....

    gubraakkkss!

    BalasHapus
  17. arum barmadisatrio16 April 2010 pukul 01.25

    dengerin radio apa mbak??? SS ya......

    BalasHapus
  18. wahida ariffianti19 April 2010 pukul 21.22

    hahaha ealah.... :-D

    BalasHapus
  19. wahida ariffianti19 April 2010 pukul 21.23

    wakakakakakkakaka duduL!!

    berarti aku lebih hebat dong, biarpun sering nyasar salah jalan tapi aku bakalan tau apakah nama jalan itu diambil dari nama pahlawan atau nggak....hebat kan aku?? *nada bea.com*

    mampang? jadi inget status Rima barusan di facebook, hihihih :-D

    BalasHapus
  20. wahida ariffianti19 April 2010 pukul 21.26

    SS aku jarang dengerin Ruumm....gak perlulah aku sering2 denger update jalan raya, huhhh kaya aku tukang nyasar aja....*sombong*

    padahal aku itu bukan tukang nyasar, aku itu AHLI kalo soal nyasar... enak aja, 'tukang' sama 'ahli' kan sudah beda levelnya Nduukkk *wkwkwkw*

    BalasHapus
  21. Ya ampun, jadi MAMPANG PRAPATAN udah dinobatkan jadi pahlawan revolusi juga toh mbak..
    *yang ngerasa ketinggalan berita*

    BalasHapus
  22. ingat radio...ingat Mei yang kocak itu...

    aku ingat masa smp, dimana aku demen2nya sama serial nini pelet, babak tanah leluhur dan sejenisnya.
    *huh..enggak banget ya kalo dipikir2*

    trus, kejadian memalukan juga pernah.
    aku nyanyi dengan modal nekat walo sudah sangat paham akan bawaan demam panggungnya.
    aku malu dengar kasetnya karna entah itu aku yang nyanyi atau burung kakak tua yang kejepit, samar sudah.

    iya ya. seru juga dengar radio. udah lama gak dengar radio eh...asik maen pet soc sih..

    BalasHapus
  23. Misuh itu... ngng... semacam pelampiasan? Kalo zikir gimana ya, hehehe.

    Radio itu teman setia waktu zaman kuliah. Pas lagi SKS-an sampai jam 3 pagi, enaknya dengerin Mustang, kadang masih ada aja teman sekampus yang kirim-kirim salam pagi buta. Tapi di waktu lain lebih suka dengerin Prambors sama.... apa ya radio yang suka nyetel lagu jazz itu, kok lupa... Radio One bukan ya?

    BalasHapus