Selasa, 03 Februari 2009

Dari Kuret Sampe Khitan, Bener2 Minggu Yang Seru!!

 

Bener-bener minggu yang seru...

Senin, 26 Januari 2009 :

Sore Abe mulai mengeluh, tititnya gatal dan kalau dipake pipis sakit. Kulitpun jadi iritasi karena dia selalu garuk-garuk bagian itu. Sudah lama aku tahu bahwa lubang pipisnya memang kecil, dan kulitnya sebagian lengket ke kulup. Firasatku mulai mengatakan, bahwa mungkin ada kemungkinan Abe harus dikhitan lebih cepat dari perjanjianku dengannya (waktu naik kelas 3 nanti).

 

Selasa, 27 Januari 2009 : 

Sepulang sekolah, siang hari (karena hari pertama Abe masuk jadi sekolah belum sampai sore) kita pergi ke dokter di UGD RS. Siloam (karena poli sudah tutup) untuk periksain (tititnya) Abe. Ternyata firasatku benar, Abe mengalami fimosis dan harus sesegera mungkin di khitan. Kata dokter, fimosis itu adalah keadaan di mana sebagian atau seluruh kulit penis lengket ke bagian kepala penis dan mengakibatkan tersumbatnya lubang saluran air seni. Jadi ketika Abe pipis, tidak semua kandungan pipisnya keluar, melainkan ada sebagian yang tertinggal, nyangkut berupa endapan di ujung penisnya. Ini yang akhirnya rawan infeksi. Cara mengatasinya? Ya memang harus disunat! Untunglah Abe tidak menolak ide ini, toh cuma mundur beberapa bulan saja dari perjanjian semula. Hanya dia meminta sunatnya Minggu saja, biar pas libur sekolah. Akhirnya dokter memberikan antibiotik dan obat untuk mengatasi gatalnya Abe sampai Hari Minggu.

Dari dokter Siloam, kita langsung ke dokter gigiku. Sore itu aku ada janji untuk melakukan kuret gigi. Cerita selengkapnya bisa dibaca disini. Yang pasti aku kaget karena nggak mengira gusiku harus di gips selama 5 hari (berarti gips baru dilepas Hari Minggu juga kan?).

 

Rabu, 28 Januari 2009 :

Duhhhh urusan gusi di gips ternyata melebar. Aku benar-benar harus terkurung dirumah tanpa bisa pergi kemana-mana. Bukan karena penampilan dan bentuk gusi yang ekstrim ini, bukan. Tapi karena obat yang diberikan dokter gigiku. Setiap kali aku minum itu obat, reaksinya dudul banget. Aku jadi mengantuk, pusing, badan gemetar, dan keringat dingin muncul. Dan hanya satu hal yang bisa menghilangkan semua itu yaitu : TIDUURRR. Terus terang aku paling benci obat model begini. Tiap kali batuk aja, aku lebih milih minum air jeruk nipis + kecap daripada minum obat batuk yang suka bikin ngantuk itu. 

 

Kamis, 29 Januari 2009 :

Akhirnya Mas Iwan memutuskan untuk meng-handle sendiri segala keperluan persiapan khitannya Abe, setelah hari itu aku hampir pingsan di Pasar Atom (waktu ngeyel ikut beli tempat hantaran, ya, dengan gusiku masih mancung tentu saja). Karena keterbatasan waktu, kami memang memutuskan tidak bikin acara yang gimana-gimana apalagi pesta, hanya menyiapkan hantaran untuk sodara dan tetangga (yang itupun jumlahnya ternyata sudah ampun-ampun banyaknya). Demi Allah aku sempat merasa sangat pilu dan benci pada diriku sendiri saat ini karena tidak bisa taking charge mempersiapkan acara sunat anakku sendiri. Obat ini bener-bener sudah melumpuhkanku dan mengurungku dirumah dengan cara yang luar biasa hebat, karena berbarengan dengan persiapan khitan Abe itu tadi! 

 

Jumat, 30 Januari 2009 :

MI pun akhirnya menemukan tempat praktik dokter khitan deket rumah. Pulang sekolah, Abe diajak ke tempat dokter itu, dan bikin janji pelaksanaan sunatnya Hari Minggu pagi lusanya. Sementara itu, kabar buruk datang dari Tulungagung. Agyl adikku, badannya panas parah. Juga Sena (sepupu Abe) yang bahkan sudah didiagnosa tifus. Ibuku sudah mulai bingung karena disana anak cucu pada sakit, sementara dia pingin sekali melihat Abe, cucu cowok satu2nya disunat.

 

Sabtu, 31 Januari 2009 :

Sudah cukup! Aku tak mau lagi minum obat yang bikin teler itu! Kuputuskan hari ini untuk hidup bebas obat, aku hanya meminum antibiotik dan vitaminnya saja. Akhirnya hari ini aku bisa sedikit membantu MI, pesen kue, cari kotak kuenya, cetak kartu ucapannya, lumayan. Lumayan puas jadi perhatian orang-orang juga karena kondisi gusiku yang mancung itu (:-D). Hasil lab Agyl di Tulungagung, ternyata positif DB. Trombositnya down tinggal 26 ribu dan langsung masuk RS. Malam itu aku dan Uti nangis2an terus karena Uti ternyata memang terpaksa tidak bisa nungguin Abe sunat. Gak papa ya Uti, yang penting doanya saja ya... Hatiku cukup gerimis demi membayangkan besok dalam acara ngumpul dengan keluarga besar, tak satupun dari keluargaku di Tulungagung yang bisa bergabung. Bapak-Ibukku harus gantian nungguin Agyl di RS. Sementara Asnan (adikku yang no 2) pun anaknya sendiri juga sakit tifus dan tidak bisa ditinggal apalagi diajak ke Surabaya. Untunglah, ada sms dari beberapa teman (termasuk Kak Mia di Jkt, hikss I luv u more now Kak) yang menguatkan hati. Yang agak membikin hati lega, hari ini waktu kumur-kumur ternyata gips di gusiku tiba-tiba LEPAS! Aku langsung telpon Sari dengan panik tapi dia bilang gak papa. Kebetulan nih, aku nggak perlu datang ke tempat praktek Sari untuk melepasnya kan? Duhhh sedikit aja waktu akan sangat berharga sekarang ini. Akhirnya kontrol gigi kutunda sampe nanti Abe selesai dikhitan.

 

Minggu, 1 Februari 2009 :

Allah Maha Kuasa. Hari ini akhirnya Abe dikhitan, pada umur 7 tahun. Haru, haru dan haru menyelimuti hatiku dan membanjiri hariku. Rasanya baru kemarin aku melahirkan dia. Walaupun tak bisa banyak membantu MI yang sudah luar biasa menyiapkan semua untuk acaranya, tetapi aku bersyukur bisa full mendampingi Abe di semua prosedur khitannya. Abe dikhitan dalam pelukanku, direkam Bapaknya yang mengaku sudah mual dari awal.

Dasar bandel, siangnya ketika keluarga besar ngumpul (minus keluarga Tulungagung yang terus2an telpon tiap sebentar), Abe sudah jalan-jalan gak karuan. Cepet sembuh ya Nak, Ibuk tahu Abe anak yang kuat...dan insyaAllah sholih.

 

Senin, 2 Februari 2009 :

Ketakutan banyak orang yang melihat Abe gak bisa diam di hari pertamanya sunat (yaitu ketakutan bahwa malamnya dia pasti akan rewel kesakitan), alhamdulillah tidak terbukti. Semalam aku memang nyaris tak tidur karena menjaga posisi tidurnya, tetapi hanya sekali dua Abe mengeluh ringan karena sakit. Pipispun berjalan lancar tanpa keluhan berarti. Hari ini Abe malah sangat ceria dan mulai gangguin adek Bea lagi, pertanda sudah sehat kan?? Hehe

Terimakasih Ya Allah, karuniaMu memang tiada henti. Rizki Allah juga, terutama untuk Abe. Lihat saja tumpukan kado dan amplop di meja itu, ya kan Be? hehehe.

 

Semoga Mas Agyl dan Sena yang sekarang masih sakit, segera mendapat kesehatannya kembali, aminnn...

40 komentar:

  1. Selamat Abe !!!
    Semoga menjadi anak yang Sholeh. Amin

    BalasHapus
  2. Ridwan's Photography3 Februari 2009 pukul 03.16

    Selamat ya ABE:D..
    Semoga jadi anak sholeh..
    Amin:)..

    BalasHapus
  3. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"3 Februari 2009 pukul 04.03

    Waah.. A - B - C - D
    Bacanya :
    Waah.. Abe dah gede!
    *maksa*

    BalasHapus
  4. Subahanalloh mbak... Akhirnya disunat juga ya abe. Mg2 cepet pulih deh.. Selamat ya, be.. Muuaachh :)
    btw di laser opo konvensional mbak?
    Trus keadaan gusimu yak opo saiki.. Udah beres kah?

    BalasHapus
  5. Selamat buat Abe.. semoga makin sholih.
    Ikut mengaminkan ibunya, semoga segera sehat semua...
    Penampakane njenengan wis normal, Mbak? :D

    BalasHapus
  6. Almdulillah ya Abe, semoga menjadi anak yg sholeh. Juga cepet sembuh..
    Wah, udah gede nih sekarang.. Isi dalam amplopnya ditabung aja ya.. =D

    BalasHapus
  7. Selamat ya buat ABE... semoga lekas pulih... semoga makin saleh ya nak...

    BalasHapus
  8. Heboh banget minggu mu mbak.. Semoga semua sehat2 aja yah sekarang.
    Masya Allah.. Abe, selamat ya, tole. Semoga semua doa2 yang terbaik untuk Abe dan keluarga Abe, dikabulkan Allah SWT.
    yah,... tante sudah ngga boleh ngesun-ngesun Abe dong bentar lagi.. hiks. Nitip aja deh ke Ibuk.
    mmmuahh muah!! :* :*


    BalasHapus
  9. baarokalloohufiikum.. :)

    BalasHapus
  10. Selamat ya mas Abe, waaaaahh udah sunat nih skr...hebat dan salut buat mas Abe deh..jeemmpoooolll!!! Buat ibuk juga yg selalu kuat meski lg sakit gusinya...hehe bnr2 minggu yg seru ya buk..mdh2an keluarga diTulungagung yg lg sakit cpt sembuh jg. btw sama tuh aku jg nek batuk cm minum perasan jeruk+kecap, ketimbang minum tablet flu..hehe

    BalasHapus
  11. puas deh kalo abis tegang2, terus semuanya berjalan lancar hehehehe.....selamet buat Abe ya !!

    BalasHapus
  12. ikut terharu, mba.....hiksss....selamat buat abe juga ibu nya ya

    BalasHapus
  13. Barakallah untuk Mas Abe... *__*
    dan syafakallah untuk Agyl dan syafakillah untuk Sena...

    Mmmh ut mbak... selamat.. sudah gak 'mancung' lagi... moga giginya sehat terus yaaa ...

    BalasHapus
  14. Semoga keluarga yang sakit segera diberi kesembuhan oleh Allah ya...
    Selamat buat Mas Abe... alhamdulillah, moga tetap kuat dan jadi makin shalih.
    Kontrol giginya lancar kan Mbak?

    BalasHapus
  15. Makasih banyak Om Fendi, aminnn :-)

    BalasHapus
  16. Makasih Om Ridwannn aminn :-)

    BalasHapus
  17. heuheuheu maksa tapi okeeee kok ;-)

    BalasHapus
  18. **aihh HS baru cantik bangettt hueheheh**

    Iya mbak, jadi, pake metode konvensional karena fimosisnya itu tadi. Gusiku sudah pulih, alhamdulillah hehe :-) thx ya atas segala perhatiannya selama ini **hugs**

    BalasHapus
  19. Amiinnn makasih Te RInda...penampakan?? UDAHHH!!! **meringis dengan PD ke arah Rinda**

    BalasHapus
  20. Makasih Te Ocha, aminnn...isi dalam amplop dipegang Ibuk dan siap ditabung di rekening Abe hehehe :-D

    BalasHapus
  21. ahhh Om Dokter Arif lama sekali gak muncul disini, apakabar pak? ngerti saja ya kalo disini lagi banyak pasien, terimakasih atas perhatiannya :-)
    aminnn terimakasih juga atas doanya, salam untuk mbak Intan :-)

    BalasHapus
  22. heboh tenan Ir, jan ternyata memang senewen tenan menghadapi anak lanang sunat itu hehe....aminnn aminn makasih doanya, dari dulu kebetulan Abe juga gak seberapa suka di sun-sun orang lain jadi sudah terbiasa hihihi... :-D

    salam sun juga buat Aqilaah dan Illy yaaa **muach** (mumpung Illy masih kecil dan belum disunat hihih)

    BalasHapus
  23. aminn terimakasih Mbak... :-)

    BalasHapus
  24. makasih ya mbak, amin aminnn....

    beneran mbak, aku selalu sebisa mungkin menghindar dari obat2an, pilih yang alami2 aja kalo bisa :-D semoga the woods juga selalu sehat, aminn :-)

    lah....tiba2 jadi ingat obat batuk "Wood's" hihihih

    BalasHapus
  25. Memang iya yaaa huehehu makasih yaaa :-D

    BalasHapus
  26. hihihihi kamu lucu...iya salam balik juga buat ara dan ibunya yaa :-D

    BalasHapus
  27. hihihihihi **peluk buat tante Rela dan adik Wafa**
    amiinn terimakasih!!

    BalasHapus
  28. aminnn makasih ya La...bener2 minggu ini Allah sayang sama aku (ini kata Kak Mia di sms kemarin)
    kontrol gigi malah belum sempat, tertunda soalnya Abe gak bisa ditinggal, dirumah gak ada yang berani merawat lukanya selain aku :-D

    insyaAllah paling lambat besok sore aku baru kontrol :-)

    BalasHapus
  29. Selamat Abe...
    semoga menjadi anak yang sholih...

    BalasHapus
  30. Selamat "KAPTEN ABE" (masih ingat tulisan di dada waktu Abe TK-A pada HUT Kemerdekaan di Al-Hikmah) semoga menjadi Anak Sholih, amin

    BalasHapus
  31. Untung udah beres semua...selamat ya Abe semoga jadi anak yg soleh. Selamat ya Wahida urusan pergusian udah beres. Semoga Agyl dan Sena cepat pulih kembali...

    BalasHapus
  32. Arie - Bunda Icha Anakku Sayang3 Februari 2009 pukul 20.37

    selamat ya Abe udah sunat..:-)

    BalasHapus
  33. sepatu baru.....
    tetap sehat dan semangat nak ya

    BalasHapus
  34. Sebenarnya ini tdk perlu dikhawatirkan soalnya dah ada analgetiknya kan?

    Yang perlu diwaspadai itu kalo anak banyak gerak adalah perdarahan, karena pada saat melakukan sirkumsisi (sunat) kan pasti motong pembuluh darah oleh petugas biasanya ini diikat denga benang khusus, nah kalo anak banyak gerak setelah khitan ditakutkan ikatan itu lepas dan terjadilah perdarahan. Hal seperti ini sering saya jumpai waktu masih di UGD RS LB Makassar.
    Jadi Abe dah kelas 3 yah, emang dah bisa kok malah kadang anak masih bayi sdh disunat.
    Pengalaman saya pernah motong burung kecil (nyunat) anak kelas 1 SD dan pernah juga beberapa kali motong anak Mahasiswa bahkan orang tua hehehehehehe

    BalasHapus
  35. mbayangno mesti ibuke seng mellow yo mbak...anak lanang disunat dalam kondisi keluarga ada yang sakit...wes, seng penting sukses...buat abe, selamat ya mas...

    BalasHapus
  36. *mengamien'i doa ibuknya ABE*

    BalasHapus
  37. selamat yaah mbak wahida & mas iwan...juga buat ABE..semoga tambah shalih yah nak..dan tambah pintar selalu..

    BalasHapus
  38. la poto ibuk pas kuret itu mana...manaaaa...???

    BalasHapus
  39. wat abe .. :-* tium pipi kiri kanan banyak2.. huhuhu baru sempet buka MP setelah mati suri bbrp waktu lalu.

    Semoga doa bapak ma ibu terkabul ya nak.. amiin Allahuma amiin.


    apa kabar mas agyl n sena mbak? udah sehatan blum ??

    BalasHapus
  40. masuknya ke pundi2 abe ato kemana nih mbak? :-?

    BalasHapus