Selasa, 27 Januari 2009

Cerita CURETTAGE alias KURET Kemarin

:::::.....

Kemarin sore akhirnya aku menjalani kuret gigi.

Jadi gini, sudah sebulan ini aku cukup kepikiran dengan gigiku. Dua gigi depan atasku goyang (taring kanan dan kiri). Sebagai seorang diabetesi, konon ini memang bisa terjadi. Maksudnya resiko terjadinya lebih tinggi daripada orang yang tidak mempunyai diabetes. Seperti juga glukoma pada mata (duh aku jadi kepikiran Titin gara2 dia mengeluh soal mata, semoga semua baik2 saja ya Tin), gigi goyang adalah salah satu resiko orang-orang pengidap diabetes.

Dalam hati sempat panik juga, gimana kalo gigi goyang ini lama-lama lepas?? Bisa lucu dong wajahku tanpa 2 gigi depan atasku itu! Akhirnya minggu lalu aku konsultasi pada dokter gigiku. Mereka (drg. Arif dan drg. Sari) kebetulan dulu temen umroh, lalu pasutri muda yang dua2nya dokter gigi ini akhirnya jadi orang yang kupercaya ngobok-ngobok salah satu wilayahku paling pribadi ini. Kebetulan praktek bersama mereka berdua pun deket dengan rumah.

Nah, dari situ aku tahu bahwa gigi goyang (apalagi didepan) gak perlu dicabut dan sangat bisa diselamatkan **legaaaaa tujuh turunan deh hehe**. Dokter bilang, biasanya kasus ini terjadi karena kemungkinan ada karang gigi yang masuk kedalam gusi dan berkumpul di sekitar akar gigi. Karang gigi ini kemudian “mengganjal” tulang rahang yang menjepit gigi dengan kuat. Akhirnya ganjalan ini menyebabkan kekuatan tulang untuk menjepit gigi jadi berkurang, dan mengakibatkan gigi jadi goyang.

“Trus, kalo memang gak dicabut, diapain ya dek? eh..maksudku, Bu Dokter?” duhh udah kadung biasa panggil dia “Dek” siiihh :-D

“Dikuret, Mbak.” Tuh kan Sari juga udah kadung biasa panggil aku “mbak” gitu juga kan?? Jadi gak papa aku lupa nggak panggil dengan sebutan 'dok' kan?? huheuheuhue...Oo...jadi dikuret ya..hmm...HAH???? TUNGGU-TUNGGU!! APA DEK, eh DOK??? DIKURETTT???

 

**gubrak serasa pingin loncat dan lari pulang**

 

Langsung terbayang pengalaman 11 tahun lalu ketika aku pertama kali keguguran dan harus dikuret. Asli dengkulku langsung lemes. Sari (eh, dokter) tertawa, “Ya namanya memang kuret Mbak, kuret gigi, bukan kuret yang ituuu.”

Oh ok ok akupun mulai bisa menguasai diri kembali. Tapi memang baru kali ini aku mendengar istilah kuret gigi ini :-D

Pertama-tama, untuk memastikan sebab goyangnya gigiku, kemarin pagi aku pun pergi ke lab untuk FOTO GIGI. Duuhhh memang gak punya bakat jadi model kali ya, foto gigi aja musti diulang sampe 3 kali hahahaha. Yang pertama karena keliru, harusnya aku foto dengan jenis panoramic X-ray tapi keliru jenis X-ray gigi yang satunya (lupa aku namanya). Yang kedua hasilnya agak kabur sehingga harus diulang lagi, konon kata si mbak ‘fotografer’ karena aku tak bisa diam waktu difoto **hihihi**.

Diam-diam aku menikmati juga walau proses fotonya diulang-ulang, jadi ada kesempatan lebih banyak untuk memperhatikan si mesin foto x-ray nya, hehehe maklum blum pernah liat mesin X-ray gigi kaya gini, wajar dong kalo penasaran?? Lagian aku jadi dapat best deal dong, fotonya ngulang 3x tapi bayarnya cuma diitung sekali (Rp. 100 ribu) hueheuheu.

Sorenya, dilaksanakanlah ekseskusi kuretnya *molae hiperbola*. Kali ini karena Sari berhalangan, jadi yang “mengkuret” gigiku adalah si Arif (Dokter Gigi Arif maksudkuuu **tepok jidat lagi**). Ternyata memang benar dugaannya, memang ada karang gigi disekitar akar gigi.

Prosedur pertama, anestesi. Kemudian terjadilah yang biasa terjadi setiap kali aku dibius, efeknya selalu lebih cepat dan lebih tahan lama dan lebih dahsyat dari orang dewasa umumnya. Urusan bius membius, kayaknya aku memang penganut “dosis anak-anak”, dulu ketika melahirkan Abe dengan sesar aku malah tidur lebih dari 24 jam setelah operasi. Sekejap setelah Arif selesai anestesi, aku pun merasa ngantuk. “Pusing ya Mbak?” tanya Arif. Bukan pusing, tapi ngantuk! Arif jadi ketawa. Heh heh heh **akupun ikut ketawa sambil nyengir**

Setelah anestesi, dimulailah kuretnya. Most of the time, aku memilih untuk mambuka mulut selebar-lebarnya dan menutup mata serapat-rapatnya. Gimana gak pilih menutup mata kalau setiap kali aku melek, yang terpapar didepan mata adalah ini. Alat cungkil menuju gusiku...atau alat cungkil keluar dari mulutku, dengan bercak darah disitu!...atau segala macam kapas yang sudah berwarna merah...atau lendir merah yang dihisap alat sunction yang dipegang suster dari dalam mulutku...atau wajah Arif yang seperti mengeluarkan tenaga ekstra untuk memasukkan alat cungkil itu lebih dalam lagi ke gusiku...aaarrghh!!!

Setelah sekitar 30 menit, akhirnya selesai juga kuretnya. Badanku pun sudah kaku sekaligus lemas semua terutama daerah dengkul. Arif kemudian mengambil sesuatu seperti pasta gigi berwarna putih dan mengoleskannya tebal-tebal di gusi atasku. Rupanya ini semacam semen yang dipakai untuk membungkus gusi. Arif menyebutnya sebagai “gum”. Menurutku, setelah kering jadinya malah seperti gips yang membungkus semua area gusi yang barusan dudul diobok-obok. Ternyata memang begitu, kata Arif gum ini berfungsi untuk mempercepat recovery dan tumbuhnya kembali jaringan gusi di mulut.

“Jangan sikat gigi dulu selama 2 hari ya Mbak, makan boleh tapi makanannya jangan dipotong pake gigi depan. Nanti 5 hari sampai seminggu lagi Mbak Wahida bisa datang lagi untuk melepas gum nya.”


**gubrax lagi pingin lari loncat aja keatas genteng dan kembali turun lagi kalau mesin waktu sudah ditemukan**

 

“Seminggu lagii??? Arriiifff!! Aku ada rencana mau nyunatin anakku minggu depan ini!!! Gimana aku bisa nyunatin Abe dengan kondisi seperti ini???” teriakku...tapi cuma dalam hati, hikss...kayaknya jadwal sunat Abe harus diatur kembali deh, duhh tahu begini urusan gigiku saja ya yang ditunda...sampe Abe selesai sunat gitu... (ya sudahlah, wong sudah kadung terjadi).

Jadi ya, overall kalau dilihat-lihat, kondisiku sekarang ini adalah begini. Karena ada gips tebal yang menutupi area besar gusi atas depan ku, maka bibirku yang atas jadi maju sekitar 1 senti gitu. Intinya, selain perih dan kering di sekujur mulut dan sekitarnya (karena terlalu lama mangap), WAJAHKU JADI TIPIS BEDANYA SAMA WAJAH TUKUL!!! Bedanya, kalo Tukul itu lebh seimbang, yang maju kan bibir atas dan bawah, sedangkan aku hanya bibir atas saja yang maju!! That makes me even worse, my friend!

Keluar dari ruang perawatan, aku (baca: bibirku) disambut dengan heboh oleh Abe dan Bea yang ada di ruang tunggu sama Mas Iwan.

Abe ngakak keras begitu lihat aku. “Hahahahahahah Ibuk kok jadi kaya Tukul???” (hihihi iyaaaa dari tadi Ibuk juga udah ngerasa kaya Thukul Beeeee!!!)

Bea, wajahnya langsung shock, ngeri...trus langsung nangis keras dan lari menghindar ketika kudekati. “Huwaaaaaaaaaaaaa aku nggak mau Ibuk begituuuu!!!” (hyongalah....sayang...ini lho Ibuukkk, sini peluk dong sayang...)

Perjalanan pulang, di mobil waktu habis untuk membujuk Bea untuk berhenti menangis karena ketakutan lihat wajah si Ibuk.

“Ibuk begini cuma 5 hari kok Beaaa, habis itu juga dilepas dan Ibuk balik lagi kayak dulu nak...” kataku dengan hati perih hancur berkeping-keping karena jangankan peluk, melihatku pun Bea nggak mau.)

“Iya Beaaa....Ibuk lho kereennn....kayak Thukul ya kann??? Lihat sajaa!!” ini gaya membujuk Abe, dan surprisingly sama sekali gak berhasil, Bea malah tambah keras nangisnya *sigh*...terimakasih sudah mencoba Be...:-P

“Iya Bea, kita hitung yok hari apa nanti “itu”nya Ibuk dilepas...Yok...Sekarang Selasa, trus Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu!!!” kata Mas Iwan sambil nyetir sambil ngitung pake jari tangannya.

Itupun nggak berhasil dan baru ketika dekat rumah Bea akhirnya capek nangis, dan minta peluk Ibuk dengan matanya tertutup rapat. Besoknya (tadi pagi), Bea sudah bisa menerima keadaan Ibuknya, acara peluk pagi pun juga sudah lancar sambil Bea masih sebentar-sebentar melemparkan pandangan aneh dan ngeri ke wajah Ibuk.

“Nanti yang antar dan jemput Bea sekolah siapa??” tanya Bea sambil memandang aneh kearah mulutku. Beda dengan biasanya, dari wajahnya kelihatan sekali kalau kali ini Bea mengharapkan jawaban yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Buktinya begitu kujawab bahwa yang antar dan jemput selama mulut Ibuk di gips adalah Bapak, eh Bea malah langsung kelihatan lega....**hiks**

Begitulah cerita hari ini teman...**posting dengan bibir seksi** ;-)

:::::.....

Bagi yang berminat dengan foto terbaruku hari ini, silakan PM atau lewat email saja ya. Itupun aku gak janji akan memberikan hwekekekekekek :-P

 

Sidoarjo, 28 januari 2009, 10:15 WIB

 

69 komentar:

  1. daftaaaaaaaaaarrrrr!!!!!!!!!!!
    liat foto Ibuk terbaru yaaaaaa.... :)
    mbak tau alamat imelku kan?...
    *ting.. ting...

    btw syafakillah ya mbak.. >:D<
    ups rekor... komennya duluan (ga pD bialng pertama takutnya cuma ilusi huehehehe :P )

    BalasHapus
  2. **mudah2an gak dikirimi PM lagi :))

    BalasHapus
  3. hwakakakakak untuuunggg tadi sudah bilang kalo gak janji memberikan!!! hihihihi
    lagian bahaya lho dek, nanti Wafa bisa pingsan liatnya :-D

    aminnn, tengs yah **hug sebagai hadiah komen pertama, ntar didaptarin di MURI deh rekornya** :-D

    BalasHapus
  4. hauhauhauahuahau yang ini aku yakin mas Sam pasti masih tahanlah bacanya :-P

    makanya ayo baca!! **nyuruh** heuheuheuh

    BalasHapus
  5. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 18.45

    sekarang gimana??????? posting dong foto2nya habis kuret

    BalasHapus
  6. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 18.46

    ha.....ha.....ha......kok ibu kok ibu kok ibu.......

    BalasHapus
  7. waktuku gak banyak nih :(

    BalasHapus
  8. hwooii mbaaakkk baca dong bagian terakhir ituuu!!
    gak mau postingggg!!!!!!! aku gak mauuuuuu!!!

    **ngakak sambil lari keatas genteng**

    BalasHapus
  9. gayanyaaaaaaa sok sibukk!! :-P

    BalasHapus
  10. hihihi yang ini pake nada srimulat ya?? :-D

    **nyesel gak nonton pagelaran (kembali) srimulat di lapangan karah kemarin hikss**

    BalasHapus
  11. aku gak usah dikirimin foto lewat pm... dikirimin duit aja deh... :))

    BalasHapus
  12. Ridwan's Photography27 Januari 2009 pukul 18.59

    Gyahahahaahaa...
    Udah kayak cerpen..
    Panjang amatt...
    Wkakakakkkk..:p..

    BalasHapus
  13. aku maklum Hend, gambar foto di duit memang lebih menarik kok dibanding fotoku sekarang hihihihi

    BalasHapus
  14. lah, kalo gitu namanya bukan cerpen mas...cerpen kan cerita pendek...
    kalo cerita panjang namanya ya cerjang

    :-D

    thx udah nyempetin baca ;-)

    BalasHapus
  15. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 19.09

    halah.....posting aja untuk orang2 terpilih.....heh aku daptar yo!!!!!

    BalasHapus
  16. lia indra andriana27 Januari 2009 pukul 19.09

    waah...kaget...ternyata ada juga orang yang menceritakan prosedur kuret gigi. hehehe...

    BalasHapus
  17. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 19.09

    ha...ha...ha....sang pecinta srimulat.....
    tapi kalo nonton srimulat jangan lupa sikatan ndisik........mosok 2 hari gak oleh sikatan......

    BalasHapus
  18. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 19.10

    aku daftar yang ini juga yo..........134000.............

    BalasHapus
  19. Ridwan's Photography27 Januari 2009 pukul 19.20

    Daftar kirim via BCA aja ya:D..

    BalasHapus
  20. baru denger juga ada kuret gigi...
    cepat sehat ya bu...

    BalasHapus
  21. Syanti Dewi Erawati27 Januari 2009 pukul 19.47

    hehhehhhe kebayang deh keluar dari ruang dokter wajahnya jadi aneh :)

    BalasHapus
  22. Arie - Bunda Icha Anakku Sayang27 Januari 2009 pukul 19.52

    Moga cepet baek giginya ya Bu Tukul..ups..:D

    BalasHapus
  23. tadinya aku malah kaget, ternyata ada toh yang namanya kuret gigi?? hehehe
    thx udah komen mbak Lia :-)

    BalasHapus
  24. ogaahhhhhhhhh
    **masih diatas genteng** :-P

    BalasHapus
  25. sekarang aku tersiksa juga rasanya mbak, duh gak nyaman banget rasanya :-S

    BalasHapus
  26. iku no opo?? no urut pasien ku tah?? 134ooo?? :-P

    BalasHapus
  27. hah?? serius mas?? jadi sekarang ATM BCA bisa dipake buat kirim2 foto???

    **takjub**

    BalasHapus
  28. makasih mbak Inciiiiiiiiiiiii sama aku juga baru denger mbak, dan langsung praktek hehehe

    BalasHapus
  29. hihihi yang dibayangin teh Syantie yang itu yah...?

    **nyengir** :-D

    BalasHapus
  30. huwaaaaaaaaaa aku wahida, bukan Susi Similikiti mbak! hihihi
    makasih Mbak Arie sayang... :-)

    BalasHapus
  31. Mbak, kebanyakan x-ray bukannya gak baik? tingkat radiasinya gimana tuw? Fotone diupload nang fb ae mbak ;)) Semoga cepet pulih...

    BalasHapus
  32. FOTO!! FOTO!! FOTO!!

    BalasHapus
  33. lah, kalo 30 kali mungkin itu baru kebanyakan Rind, lha ini "cuma" 3 kali?? :-D
    hihihihi takutnya kalo dipasang di fb nanti di report abuse :-D **alesan**

    thx ya doanya **hugs**

    BalasHapus
  34. EH FOTO!! EH FOTO!!EH FOTO!!

    **latah** :-P

    BalasHapus
  35. waduh serem mbak kalo musti berurusan ama dokter gigi deh..saya pingin pake kawat gigi aja mikir2 dulu...kadang serasa siap mental tapi kadang takut karena ada gigi yg musti dicabut dulu ...halaaaggghhhh....apalagi musti dikuret ya..gak kebayang mbak antara pingin gigi oke dan sakit diobok2 sekitar mulut...hehehhe

    BalasHapus
  36. dian mardi safitri27 Januari 2009 pukul 22.18

    5 hari mjd Tukul...

    Taksobek sobek deh...

    He3

    Smg cpt sembuh ya mbak?...

    BalasHapus
  37. heuheuheuhue emang tuh dokter gigi!! :-D

    BalasHapus
  38. hihihihi wingi gusiku wis disobek sobek kok mbak hahaha
    suwunnn...aminn :-)

    BalasHapus
  39. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 23.31

    posting........
    *ngambil bambu panjang buat nyodok wahida supaya turun dari genteng*

    BalasHapus
  40. arum barmadisatrio27 Januari 2009 pukul 23.32

    nomor rekeningku.....katanya mau kirim2.....

    BalasHapus
  41. penasaran jg lho wajah temporary mba wahida...

    BalasHapus
  42. kuret gigi? hahahaha... baru dengar nih...!

    Da, kalau bibir atasnya doang yang maju, I bet you must be one of them:

    BalasHapus
  43. Idih...serem amat mainannya MI, sampe ke gigi2 segala...Kasian dirimu nduk, sampe harus dikuret segala... :))

    BalasHapus
  44. lia indra andriana28 Januari 2009 pukul 01.04

    hahaha...bener..memang prosedur ini agak nggak terkenal. Saya juga baru tahu waktu jadi mahasiswa FKG, itupun masih belum begitu ngerti sampai akhirnya melakukan sendiri. Untungnya klinik ini sudah berhasil dilalui...

    Susah nih mbak cari pasien kasus ini.

    Mau jadi pasien lagi nggak mbak kalo nanti kambuh? Hehehehe....bukan mendo'a kan loh...

    semester depan banyak teman saya yang butuh tuh... :)

    oiya, kalo boleh tahu berapa ya biaya kuret nya? sekedar mau membandingkan dengan di klinik...

    BalasHapus
  45. Tulisan mba wahida ngalir bgt. Jadi ikt penasaran n tegang gt.
    Syafakillah,mba.
    Ibuku yg diabetes jg pernah tiba2 saqt gigi,pdhl giginy gpp,eh ga tahuny karena diabetesnya.

    BalasHapus
  46. JB, makasiy banget daahh tawaranmu untuk menghadiahkan foto diri nan mirip Tukul...sepertinya dakyu tidak tertarik untuk melihatnya...bisa mecahin konsentrasi ngebantu browPet nyari duit nti..apalagi saban hari cipika cipiki ke rumah Entut..wakakak...

    dikasih AB gak? bokap gw tuh pas beres scaling aja langsung demam tinggi gitu...padhaal dah diwanti2 sebelomnya loohh...krn ada DM+Post By Pass Jantung....

    jadi trauma dia saban mo scaling lagi...takut demamnya itu..bukan takut ama printilan tukang giginya..hihihi

    BalasHapus
  47. ngilu aku mbak mocone...aku iki paling wedi sowan ke dokter gigi...Padahal gigiku tuh dah nggak beraturan samasekali...hi hi hi.Moga cepet sembuh mbak...

    BalasHapus
  48. Wakakakakakakakakakkk.....
    Tapi itung2 itu adalah pengalaman berharga, buat yang laib untuk lebih berhati2 dan care ma semua bagian tubuh kita..

    BalasHapus
  49. Bener baru kali ini denger kuret gigi.
    Da...bisa jadi bintang tamu tukul dong hehehe
    *ngebaca ini jd inget mister bean ke dokter gigi gak beda jauh kekekeke*

    BalasHapus
  50. tukul.....watch out man..hahahaha

    BalasHapus
  51. tega, kok ya pake bambu..??
    aku lebih suka kalo bambu runcing mbak :-D

    BalasHapus
  52. no rekeningnya aneh....itu bank mana ya??? **mikir serius sampe gigi maju**

    BalasHapus
  53. hahahahahaah biasa aja kok mbak **dengan gaya yang dibiasa-biasain** :-D

    BalasHapus
  54. hwakakakakakakakkakak **adoohh ampe mules ketawanya**

    ternyata kamu lebih pintar memvisualisasikan daripada aku dan abe lho Rik....MEMANG PERSIS SEPERTI INI!!!!! **ngakak gebrak2 meja liat fotonya (baca:bibirnya) mereka**

    BalasHapus
  55. **melongo lugu**

    molae deh...... MI gak pernah mainan gusi mbak, dia pernahnya mainan lompat tali, kasti, sepak bola, gitu.... :-P

    BalasHapus
  56. huwaaaaaaaaaaaaa OGAAAAAAAAHHHHHHHH **pegangi gusi erat2**

    BalasHapus
  57. di klinik mu berapa?? **sekedar membandingkan dengan harga disini**

    lho?? :-D

    kemarin untuk kuretnya (sepanjang 5 gigi) dicharge Rp. 250 ribu, belum beli obatnya loh

    BalasHapus
  58. eh baru tau kalo Lia dokter gigi juga nih hehehe :-D

    BalasHapus
  59. nopiiii apkabaarr?? hehe lama gak main kesitu deh...mengalir?? memangnya ingus?? :-D thx ya doanya **hugs**

    hemm...belum tentu sakit giginya karena diabetesnya Nop, tergantung sakit gigi yang macam apa deh kayaknya **cmiww**

    BalasHapus
  60. makasih mbak, aminnn....hihihi mocone wae ngilu yo mbak??? tapi kemarin itu nggak ngilu kok, soale dibiud **tambah parah** hihihi :-D

    BalasHapus
  61. ya udah nanti fotonya biar kupasang dirumahnya si ENTUT, jadi kamu tetep bakalan bisa lihat *tertawa raksasa**

    ABe? atau BeA? hihihi
    antibiotik, dikasih kok! buat 5 hari

    eh scaling itu apaan tho??? **wajah polos tapi menggoda dan berbibir seksi**

    BalasHapus
  62. Bacanya ikutan gemeter, ada darah... segala alat-alat itu, hiiii...
    Moga setelah masa itu berlalu nggak lagi-lagi ya Mbak.
    Dan moga Bea lama-lama terbiasa... eh, salah ya doanya?

    BalasHapus
  63. pesan dari pak perawat, harus diingat-ingat heheeh makasih veennn ;-)

    BalasHapus
  64. hwuhahwuahuwau Mr Bean???? wakakakakak seingatku ketika aku pulang, dokternya masih sehat wal afiat kok mbak **inget apa yang terjadi dengan dokter gigi Mr. Bean**

    daripada jadi bintang tamu thukul, aku pilih jadi bintang tamunya mr. bean hihihih :-D

    BalasHapus
  65. teteeeeeeehhhhh aku kangennnnnnnn **lari2 peluk, wah pasti yang kena dulu bibir atas nih hihihi**

    BalasHapus
  66. hihihihihi amiinnnn thx La
    Bea udah biasa kok sekarang hihihii

    tapi wah jangan2 nanti ketika gipsnya dilepas, Bea ngeri lagi lihat wajah "baru" ku???
    **ketakutan yang berlebihan**

    BalasHapus
  67. "Bea, wajahnya langsung shock, ngeri...trus langsung nangis keras dan lari menghindar ketika kudekati. “Huwaaaaaaaaaaaaa aku nggak mau Ibuk begituuuu!!!” (hyongalah....sayang...ini lho Ibuukkk, sini peluk dong sayang...) "

    >>>>>>>>>>>>> huehehehehe.... *membayangkan wajahnya Bea dan Ibu-nya*

    BalasHapus
  68. hihihi kalo membayangkan kembali sekarang, memang lucu Tyk :-D kejar2an kaya sinetron India aja huehuehu

    BalasHapus
  69. uhuhu ini yang baru ku alami (kecuali nama dokternya yg beda).. silakan lihat postinganku yg nomer dua terbaru (klo ga salah) .. piluuu.

    oh iyak, untuk "itunya" bisa kirim lewat email mbak ;;) silakan ke ryu1906@gmail.com


    kutunggu walau harus berdarah2 !!!

    BalasHapus