Sabtu, 09 Februari 2008

[Bali] Day 2: Sejuknya Pegunungan, Akankah Memanggil Kita Untuk Pulang? (Bagian 2)


kabut yang menyelimuti pegunungan

Photo by Me with SE K810i cameraphone

Masih di hari yang sama dengan kisah ini (http://cikicikicik.smaboy.com/images/45/), hari ke-2 kita di Bali...

Keluar dari Kebun Raya “Eka Karya”, dengan membawa kenangan sekaligus dendam dibawah siraman hujan, kita menuju ke list tempat selanjutnya, yaitu Taman Ayun dan Tanah Lot. Perjalanan penuh kabut selama menuruni gunung, sangat kami nikmati....(maklum karena tinggal di Surabaya, pemandangan kabut sejuk adalah suatu kemewahan buat kami, lihat saja cerita ini http://cikicikicik.multiply.com/journal/item/25 ).

Tepat ketika kabut menipis, tak disangka tak diduga, kami mendapat terjangan kabut dalam bentuk lain. Kali ini bentuknya sangat jauh dari kesan sejuk, dan rasanya pun menyesakkan. Kabutnya benar-benar telak membuat hati kami menciut, memampat menyesakkan dada.

Kabut itu datang secara kejamnya melalui sebuah panggilan telepon dari Abah (bapak mertuaku, kakek Abe-Bea) yang mengabarkan sebuah berita.

Barusan tadi, hari ini Minggu, Tanggal 27 Januari 2008, Pukul 13.10 Bpk. H.M. Soeharto meninggal dunia.

Wajah mas Iwan waktu mengabarkan berita itu padaku, sama anehnya dengan wajahku yang mendengarnya. Kami berpandangan seperti “tidak tahu apa yang harus dikatakan atau dilakukan”. Di sisi lain, ada pandangan “menyalahkan” yang kontan kulemparkan ke mas Iwan, tak peduli lagi dengan pandangan “penuh penyesalan” yang terbentuk di wajahnya yang sama sekali tidak membantu.

Dadaku langsung sesak memikirkan kelangsungan dan kelanjutan liburan yang baru saja mulai hangat2nya ini, sebuah kesesakan yang sebenarnya tidak perlu kalau saja kejadian dudul 10 tahun yang lalu itu tidak terjadi....

Sekarang marilah kita sejenak kembali ke 10 tahun yang lalu. Ketika suasana di negeri ini panas, kalut berdebu dan berasap ditengah pergolakan Perjuangan Reformasi melawan tirani kekuasaan yang sudah bersinggasana selama 32 tahun. Waktu yang memang terlalu lama untuk bisa dihadapi manusia manapun yang masih punya tekad untuk terus menjejakkan kaki dan hatinya sebagai “human being” di Bumi ini. Ya, lebih tepatnya marilah kita kembali ke 21 Mei 1998, ketika keputusan pengunduran diri Presiden Soeharto berhasil menggetarkan republik ini sampai ke urat nadi pelosok seluruh negerinya.

Ketika itu, euforia para mahasiswa yang disebut-sebut sebagai lokomotif perubahan, membahana setinggi langit ketujuh. Atmosfer diatas negeri ini dipenuhi oleh adrenalin yang meletup-letup, membuat kemampuan berfikir logis menjadi merosot anjlok digantikan dengan merajanya sifat impulsif di setiap nuansa dan aliran darahnya. Tak terkecuali sekelompok mahasiswa di sebuah kantor Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil UPN Veteran Surabaya.

Si Ketua Himpunan, mahasiswa semester 8, rupanya paling parah terkena serangan euforia. Tetapi nuansa euforianya sedikit lain dengan kebanyakan mahasiswa waktu itu yang rata-rata rasa bencinya kepada Pak Harto telah mengurat daging. Pengalamannya menikah muda ketika semester 4 lalu mungkin membuatnya lebih bisa merasakan obyektifitas berpikir tentang dunia ini, walaupun kalau dipikir-pikir lagi, kok nggak ada hubungannya ya! (:-D).

Bagaimanapun, dalam benak si Ketua ini, di sisi tertentu, tak akan sempat ada rasa benci untuk Pak Harto, karena ada sebagian hatinya yang juga dipenuhi rasa kagum atas pribadi Presiden ke-2 RI itu. Juga atas tingginya penghargaan terhadap falsafah Jawa, yang seperti semua falsafah kuno lainnya, sangat dalam artinya dan di jaman sekarang ini, jarang bisa diselami dengan sedemikian anggunnya seperti yang dilakukan Pak Harto.

Walaupun dia berdiri paling depan dalam setiap demo, menjinjing TOA yang menjadikannya paling lantang menyerukan agar Soeharto lengser, tetapi ketika itu terjadi, perasaan yang menguasainya juga bertabur keharuan, bahwa ternyata secara pribadi Pak Harto masih mempunyai kebesaran hati yang mengagumkan sehingga masih cukup untuk menegakkan tubuh beliau ketika mengumumkan pengunduran diri itu dengan sikap yang anggun, khas persis seperti seorang pemimpin dan negarawan yang besar.

Dalam hati sang ketua himpunan ini, euforia datang berdesak-desakan dengan adrenalin yang menjadi puncak perjuangan berbulan-bulan demo dan meninggalkan dunia usaha yang baru saja dirintisnya, di sana-sini tersembul rasa keharuan, kekaguman, rasa bangga, dan rasa hormat yang tinggi untuk sesosok Pak Harto.

Yang jelas, dia pasti sudah trance ke dunia impulsif ketika kemudian dihadapan rekan-rekan seperjuangan demo, dikelilingi gegap gempita kemenangan ketika Pak Harto akhirnya benar-benar lengser, terucap janji dari mulutnya...

“Kalau sampai Pak Harto meninggal ketika aku masih hidup, maka aku berjanji akan berangkat ke Solo untuk menghadiri pemakamannya”

Atau yang jelas, ketika itu dia pasti tidak mendapat setitik pun petunjuk, bahwa di masa depan, Pak Harto akan meninggal dunia bersamaan dengan ketika dia sedang mendampingi anak-istrinya yang baruuu saja menginjakkan kaki untuk berlibur di Pulau Dewata...

Oke, sekarang mari kita kembali lagi ke masa kini, dengan suasana yang pasti Anda semua bisa membayangkannya...atau mungkin tidak! &*#(@**@_#*!()!#+_)+_#(+@)#$*(*

“Trus gimana? Apa Mas akan tetep berangkat ke Solo? Pemakamannya besok pagi kan...?”
“Aku juga bingung! Biar aku pikir dulu, kalo perlu ya nanti malam aku cari tiket pesawat ke Solo, tapi yang aku pikirkan, sehabis pemakaman mana gampang cari tiket kembali ke Denpasar? Bandaranya besok pasti ditutup untuk umum kalo memang dilewati jenazah. Paling parah ya aku ngebis ke Semarang atau gimana, trus baru naik pesawat ke Denpasar.”

“Alamak...” melihat wajahnya, aku sudah nggak tega deh mau ndudul2in janjinya seperti yang dulu sering kulakukan. Apalagi kalau melihat wajahku sendiri.
“Paling parah, aku baru bisa kembali ke Denpasar Hari Selasa”
“Hallah! Kita lho mau pulang ke Surabaya Hari Rabu! Mending sekalian aja kita semua pulang sekarang”, aku juga sudah impulsif, karena dikuasai kepanikan dan emosi, hikss...hikss...

“Ya itu juga yang aku pikirin! Meninggalkanmu sendirian sama anak-anak di Bali?? Walaupun cuma sehari tapi aku nggak akan tega melakukannya! Kalau pulang sekarang, anak-anak pasti kecewa –ibuknya juga-, dan rasanya rugi kalo sudah jauh-jauh kesini, tapi cuma disini sehari semalam thok.”

Perjalanan ke Taman Ayun dan Tanah lot, jadi terasa hambar....(jadi maklum kalo nggak ada banyak foto, hanya ada beberapa, itupun dengan wajahku yang tak ceria). Rasa hatiku sudah tak menentu membayangkan liburan yang berantakan disaat sedang seru-serunya...

Ketika hampir 2 minggu Pak Harto dirawat di RS, banyak kali aku –seperti juga teman2 kuliahnya yang pada nelpon mengingatkan janjinya- menggoda Mas Iwan karena itu berarti dia harus bersiap-siap untuk pergi ke Solo. Sampai bosan, dan akhirnya aku berhenti sendiri karena ternyata Pak Harto tak jua meninggal.

Ketika kita berangkat ke Bali, manalah aku mengira bahwa beliau ternyata benar-benar memilih waktu yang amat tepat untuk menghadap Allah SWT.... Hikss...

:-(((((((

:::::....

Next! :
Akankah kelanjutan liburan kita benar-benar terkubur bersama dengan jasad Jenderal Besar Bpk. HM Soeharto? (Bersambung....)

49 komentar:

  1. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 19.58

    Aku belom pernah ke balii..!! hiks! :(

    BalasHapus
  2. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 20.02

    waaah.... ada aktivis tahun 98!

    BalasHapus
  3. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 20.03

    Nunggu sambungannya..

    BalasHapus
  4. Tanah Lot cuma 1,5 jam dari jimbaran

    BalasHapus
  5. haiiiiii Elly apakabaaarrrrr??? kangen deh **hug**

    BalasHapus
  6. i know...gak matching banget sama fotonya ya.. :-(

    BalasHapus
  7. terimakasih dan selamat menunggu :-D

    BalasHapus
  8. sekarang kalo baca kata2 Jimbaran, rasanya pingin nangis aja mbak.... :-(((

    BalasHapus
  9. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 20.17

    Kangen jugaaaaa!! Kapan ke Jakarta lagi, mbaak?

    BalasHapus
  10. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 20.18

    Hihihi.. Kan hidup perlu metamorfosis, mbak. Halah! emangnya kupu2! Hehehe

    BalasHapus
  11. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"9 Februari 2008 pukul 20.19

    Kalo bisa sekarang juga. Soalnya mumpung aku lagi di warnet.
    *maksa* :)

    BalasHapus
  12. kayaknya kita papasan deh mbak... pada saat terima berita itu saya lagi naik ke bedugul :D

    BalasHapus
  13. dan bener bener mendung... langit putih... padahal hari sebelumnya cerah ceria dan bagus buat motret motret.. mendung karena Pak Harto meninggal kali yach ucap saya ke temen saat itu :)

    BalasHapus
  14. weh.. bagus juga nih camera henponnya :)

    BalasHapus
  15. sabar..mbak mungkin besok2 bisa main ke Bali lebih lama dan gak diganggu ama nazar jadul ya..

    BalasHapus
  16. gyayhahahahahahahahahahahahahah.....
    coba diinget2 lagi... janji2 apa aja tuh yang udah pernah diucapkan ama suamimu?

    *ngakak abis2an*

    BalasHapus
  17. Breaking news yang nyaris bikin 'break' suasana ya Mbak...

    BalasHapus
  18. bagus ya tanah lot aku blm pernah kesana nih.

    BalasHapus
  19. waduh kok smua difoto pada manyun gitu sih....pdhl backgroundnya keren lho...i see...tandane gak gelem mulih yooooooo....:-D

    BalasHapus
  20. blom tau nih El, tapi ntar kesana insyaalloh dikabari deh, kan lumayan kalo ada yang nemeni apalagi menjamu kikikikikik :-D

    BalasHapus
  21. huehehehe dasar! :-b

    BalasHapus
  22. jangan-jangan iya Bli..!! duuhhhh kita blum jodoh banget ya ketemu...pas Bli Gde transit lama di Juanda kemarin juga kayaknya aku lagi jemur2 baju diatas, jadinya papasan juga tuh, orang semua pesawat ke/dari Juanda pasti liwat diatas rumahku...hueheheeh :-D

    **jemur2 baju pas si mbak nggak mudik??? nggombal banget yaa!!** :-D

    BalasHapus
  23. hikss...semendung hati kita semua Bli... :-S

    gara2 janji dudul hikss... :-((

    BalasHapus
  24. **setengah nggak percaya sambil melongo** masak sih?

    terimakasih... :-) Bli benar2 guruku yang baik dan tidak sombong deh...**hallah** :-D

    BalasHapus
  25. insyaAlloh mbak Luss....amiinnnn :-|

    BalasHapus
  26. **tambah keras nangis histerisnya** :-(((((

    kau sungguh tidak sensitip! huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa **nangis gulung2**

    BalasHapus
  27. breaking newsnya nggak dudul La, janjinya itu lho yang superdud!! tapi sudah lama sebelum Pak Harto meninggal, janjinya itu menjadi pelajaran yang berharga untuk mas Iwan

    plus ketika Pak Harto meninggal dia juga dapat pelajaran moral baru yaitu : usahakan untuk tidak seperti Pak Harto, sudah meninggalpun masih bikin sedih istri orang (:-D)

    BalasHapus
  28. bagus mbak, suasananya sangat spesial...apalagi kalo ditambah dengan suasana pertengkaran kecil-kecilan suami-istri tentang sebuah pemakaman...persis kaya sinetron pokoknya! :-S

    BalasHapus
  29. buanget.....!! hikss...

    BalasHapus
  30. Tahun 98 lagi sibuk mikirin harga2 yang melonjak tajam plus ngandung anak kedua, jadi nggak mikir yg aneh-aneh, mikirnya yang penting susu, minyak goreng, detergent, dll nggak hilang dari pasaran :D

    BalasHapus
  31. yang penting aku ikutan lega Mbak Wiwie terhindar dari janji dudul tentang pemakaman Pak Harto deh...**menghela napas**

    :-D

    BalasHapus
  32. Wahida, cepat diposting, jangan membuat kami (hehe, baca:aku) penasaran

    BalasHapus
  33. *makin keras ngakaknya* XD XD

    eniwei... gw punya temen yang tiap hari pake baju hitam2...
    dulu klo ditanya, kapan pake baju warna laen... dia pasti jawab:
    "ntar, klo pak harto udah gak jadi presiden lagi"
    nah.. malam lengser itu, kami ngluyur bareng dia.. dengan baju warna putih dan biru!!
    (plus ngomel2.. "gara pak harto terpaksa deh gw pake baju berwarna!!")

    tapi tentunya janji dia nggak sebanding dengan janji suamimu...
    *ngakak guling2 di lantai*

    BalasHapus
  34. *makin kenceng ngakaknya*

    XD XD

    thanks, bu...
    dirimu benar2 membuat hariku menjadi cerah ceria...

    XD XD

    BalasHapus
  35. uuugghhhhh kak miaa......**sambil molet2 meluruskan pinggang**

    :-b

    BalasHapus
  36. hehe...**ktawa garing yang nggak sebanding dengan guling2 di lantai**

    salam deh buat temenmu itu, beruntung banget istrinya....**muka masam** :-b

    BalasHapus
  37. hueheheheeheh kan dah kubilang, apa sih yang nggak buat lu Har.... :-b

    BalasHapus
  38. duh jadi inget masa jadul nih ... honeymoon di bali ...
    sempet mampir juga ke tananh lot ... romantis .. tis ... tis ...
    trus jadinya piye mba ... jadi mas Iwan ta'ziah ke solo ...
    ditunggu kelanjutannya ...

    BalasHapus
  39. yg acara nyelamnya mana ibuk...
    kok belum diposting ya

    BalasHapus
  40. waaaaa hanimunnya di Bali toh, hehe....duh percaya banget aku Hen, suasana pegunungan memang sangat cocok untuk hanimun, sejuuukkk bawaannya jadi pingin tidur aja ya.. ;-)

    kelanjutannya, ini masih diketik :-D

    BalasHapus
  41. **gubrax**

    iki kok udah minta postingan acara nyelam...?? wah iki pasti gara2 mas iwan liat2in foto dudul lagi nih...sabar nggih mas, antriiiiii....hueheheheh :-D

    BalasHapus
  42. sampe segitunya mas Iwan? ck.. ck.. ck.. ck..
    tapi salut, janji kudu ditepati, meski janji itu terasa dudul buat sang istri.

    MERDEKA !!!

    *celingukan, salah tempat teriak ya?*

    BalasHapus
  43. **cuma bisa cemberut kecut baca komentarnya Ari**

    BalasHapus
  44. akh ... tidakkah ini lebih berhak? *hihihi ... kok dramatis begini sih fotonya?*

    BalasHapus
  45. huhuuu setujuuuuu **hug Mbak Ratna lama-lama**

    BalasHapus
  46. Tanah Lot??!! *catettt lagi ahhh ke list aku* ;)

    btw, nice angle nih foto ini.

    BalasHapus
  47. hueheheh berangkat tgl berapa mbak In??

    **thx** :-)

    BalasHapus
  48. sejuknya hawa pegunungan menyeret pikiran utk segera mudik....
    * ticket sdh ditangan 21-Jun-2008, visa exit-reentry sdh beres, Alhamdulillah *

    BalasHapus
  49. wahida ariffianti3 Juni 2008 pukul 23.52

    waahhh semoga mudiknya lancar ya :-)

    BalasHapus