Kamis, 26 Juni 2008

Baterai Hidup Kita

Seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia. Si bayi pun bertanya kepada Tuhan.


Para malaikat disini mengatakan bahwa besok Engkau akan mengirimku kedunia. Tetapi bagaimana cara saya hidup disana, saya begitu kecil dan lemah?”
Dan Tuhan menjawab, “Aku telah memilih satu malaikat untukmu. Dia akan menjaga dan mengasihimu.”

 

“Tapi, disini didalam surga, apa yang pernah saya lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini sudah cukup bagi saya untuk bahagia.”
“Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari. Dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya dan menjadi lebih berbahagia.”

 

“Dan bagaimana saya bisa mengerti saat orang-orang berbicara kepadaku jika saya tidak mengerti bahasa mereka?”
“Malaikatmu akan berbicara kepadamu dengan bahasa yang paling indah yang pernah kamu dengar. Dan dengan penuh kesabaran dan perhatian dia akan mengajarkan bagaimana cara kamu berbicara.”

 

“Dan apa yang akan saya lakukan saat saya ingin berbicara kepadaMu?”
“Malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa.”

 

“Saya mendengar bahwa di Bumi banyak orang jahat. Siapa yang akan melindungi saya?”
“Malaikatmu akan melindungimu, walaupun hal tersebut mungkin dapat mengancam jiwanya.”

 

“Tapi, saya pasti akan merasa sedih karena tidak melihatMu lagi..”
“Malaikatmu akan menceritakan kepadamu tentang Aku. Dan dia akan mengajarkan bagaimana agar kamu dpat kembali kepadaKu, walaupun sesungguhnya Aku akan selalu berada disisimu.”

 

Saat itu surga begitu tenangnya sehingga suara dari Bumi dapat terdengar, dan sang bayi bertanya perlahan...

 

“Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, dapatkah Engkau memberitahuku nama malaikat tersebut?”
“Kamu akan memanggil malaikatmu : IBU.”

 

.....:::::.....

 

Membaca barisan frase diatas di buletin yayasan yang tiba tadi malam, aku jadi ingat Ibu Sularmi.

Aku mengenal Bu Sularmi 3 tahun lalu, waktu Abe masuk TK. Beliau tak lain adalah Kepala Sekolah di TK Al Hikmah. Sehubungan tugasku di Komite Sekolah adalah sebagai Ketua Kompartemen KB-TK, maka kami pun menemukan banyak kesempatan bertemu, berdiskusi, ngobrol banyak hal. Bahkan ketika Abe sudah lulus TK sekalipun.

Suatu hari, kira-kira 2 tahun yang lalu, tiba-tiba kami semua mendapat kabar bahwa Ibunda beliau meninggal. Karena tempatnya jauh di luar kota, waktu itu kami (ibu2 walimurid) tidak bisa datang bertakziah. Maka ketika beberapa hari kemudian Bu Larmi masuk sekolah, kamipun nglurug ke kantor untuk bertemu beliau dan menyampaikan dukacita.

Ketika kami semua sudah duduk, semua terkesiap. Yang ada di hadapan kami waktu itu benar-benar lain dari sosok Bu Larmi yang kami kenal selama ini. Selama ini, beliau orangnya sangat tenang dan stabil. Cara bicara juga jelas, runtut, terstruktur. Dulu kami (aku dan Bu Larmi) pernah sama-sama mengakui betapa beliau adalah orang yang cenderung menggunakan otak kiri, dan aku sebaliknya. Beliau cermin dari sosok ibu guru sejati, yang tenang tapi kokoh, sabar tapi juga tekun.

Tapi siang itu tidak. Mulanya kami mengira bahwa suatu hal yang wajar, karena memang sedang berduka atas kepergian ibundanya. Tetapi kemudian, beliau bercerita dengan air mata yang tumpah...

“Dari dulu, saya selalu percaya bahwa semua yang saya capai didunia ini --apapun itu, keluarga, karir, anak-anak, kesehatan, keberkahan, dll— semuanya tak lain adalah jawaban Allah atas doa Ibu saya. Menghadapi apapun dalam hidup ini, saya selalu kembali kepada beliau, untuk memohonkan doa beliau kepada Allah.”

“Sekarang ini setelah Ibu nggak ada, saya benar-benar merasa kehilangan sebagian besar daya dan tenaga dalam menjalani hidup ini. Nggak tahu lagi darimana saya bisa menemukan kekuatan seperti doa beliau kepada saya. Saya merasa persis seperti mainan yang tiba-tiba dicabut baterai-nya. Lunglai Bu...”

Saat itulah pertama kali dan satu-satunya kami melihat Bu Larmi benar-benar breakdown...menangis sesenggukan...dan sekaligus seperti menghujamkan kata-katanya tadi ke dada kita semuanya.

Dinding-dinding di ruang kerja beliau saat itu, bukan lagi hanya mendengungkan cerita tentang ibunya yang baru meninggal, tetapi juga dipenuhi dengan ibu-ibu kami semua...yang beberapa tinggal berjauhan (seperti aku)...yang beberapa dekat tapi dudul terhalang alasan dan kesibukan untuk sekedar bertemu...atau yang ibunya sama-sama sudah meninggalkan dunia ini...

Masya Allah.... Laa haula wala quwwata illa billaahh...
Kami semua pun larut dalam tangis yang dalam...

 

.....:::::.....

 

Robbig firli...wali wali dayya...
Warhamhuma... kamaa robbayaani soghiroo...

Beberapa minggu kemudian, ketika bertemu kembali dengan Bu Larmi, beliau sudah kembali tenang. Tapi kata-kata beliau di kantor saat itu, ketika dikelilingi tangis, aku tahu tak akan pernah hilang dari benakku... Setiap teringat, yang kulakukan kemudian hanya satu, ambil telpon dan pencet no rumah ibuk di tulungagung... (duh, sekarangpun juga)

Dalam hati aku pun bertekad, ketika nanti suatu hari ibukku dipanggil oleh Allah...aku juga ingin sekali menjadi baterai...yang selalu siap menyuntikkan tenaga “doa anak yang shalih” kepada beliau setiap saat...

Aminn Allahumma Aminn...






43 komentar:

  1. Syanti Dewi Erawati26 Juni 2008 pukul 17.55

    Jadi nget Mama Mba :) ..... makasih dharingnya... berguna bangettt :)

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya yaa mbak.. ^__^ bagus bgt dan menyentuuh. Jd teringat mama :)

    BalasHapus
  3. wah ini jadi mengingatkan aku.... tanggal 25 Juni kemarin tepat satu tahun aku kehilangan seseorang yang sangat berarti...kehilangan doa seorang Ibu,kehilangan panutan bagaimana kita sebagai seorang istri yang bijak,sholeh dan tegar...Alhamdulillah pada saat beliau akan meninggal aku dan Kakakku yang mengiringi dan menuntun beliau mengucap Laaillaahaillalah Muhamdarrosullulloh..hingga menutup mata...*hiks*

    BalasHapus
  4. Aamiin... Betul-betul dalem, Mbak. Semoga kita tak menyia-nyiakan kesempatan berbakti ke ibu masing-masing.

    BalasHapus
  5. Ibu Ranger Harley26 Juni 2008 pukul 19.44

    itulah..
    kenapa kami berencana pindah..
    biar lebih mendekat ke ortu..

    semoga kami masih diberi kesempatan untuk membahagiakan mereka...

    BalasHapus
  6. saat ini ibuku adalah anakku.
    karena usianya, aku harus menjaganya bak menjaga balita.
    tetapi tanpa doanya aku hanyalah "orok" besar yang hanya bisa bergelayut dibawah kakinya.

    kakiku kuat berpijak karena doanya
    hatiku pada tempat yang benar juga karena doanya
    aku menjadi manusia berkwalitas atau tidak...aku masih butuh doanya

    BalasHapus
  7. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"26 Juni 2008 pukul 20.10

    Innalillahi wa inna ilahi roojiun... semoga khusnul khatimah...

    BalasHapus
  8. tfs mbak... semoga kita bisa jadi anak yang sholihah

    BalasHapus
  9. aamiin ....
    makasii mbak udah mnegingatkan...

    *makin kuangeeeeeeeeen ma mamah......:((

    BalasHapus
  10. Ahhhhh... sediiihhh...


    Makanya pas kemaren ibuku sakit dan aku gak bisa ada disebelahnya saat dioperasi (Darryl final test), gak karuan rasanya disini sendirian dan membayangkan apa yagn terjadi disana... :((

    BalasHapus
  11. 'Sehubungan tugasku di Komite Sekolah adalah sebagai Ketua Kompartemen KB-TK....''


    eehhhmmmm,
    Kok rasanya gak cocok gitu yaaahhh :)

    BalasHapus
  12. So touching story...ikut sedih jg mbak. Emang ya kalo udah ngomongin orangtua, baik ibu atau bpk selalu menyentuh hati. Duh jd kangen sm alm Bpk n almh Ibuku..walah mbak, iki aku gak iso nahan tangis. :-(((

    tfs

    BalasHapus
  13. Rosalina Zulkarnain27 Juni 2008 pukul 04.33

    Thanks for sharing mbak...

    BalasHapus
  14. emh...kayaknya baru kali ini aku tidak menemukan kata "dudul".....ada apa wahida? apa kabelnya sedang konek??

    BalasHapus
  15. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.20

    sama-sama, saya juga Teh...jadi langsung inget ibuk... :-)

    BalasHapus
  16. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.21

    wah sama-sama mba Retna... :-)

    BalasHapus
  17. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.22

    iya ya, jadi inget pas dulu kamu sering pulang nungguin ibuk yang sakit itu ya mbak...bersyukurlah, karena menurutku itu salah satu bukti betapa kamu masih mendapat kesempatan berbakti kepada beliau walaupun tinggal berjauhan, hiksss (ingat aku sendiri yang satu2nya anak cewek, tapi juga tinggal berjauhan, hikss)

    BalasHapus
  18. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.22

    amin La, aminnnn selalu saling mengingatkan ya, mumpung ibu2 kita masih ada :-)

    BalasHapus
  19. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.23

    amiinn

    ya ya, dan itu bener2 alasan yang bagus...
    semoga kepindahanmu nanti tambah berkah ya Ley...

    **tumben nih orang, replynya serius kali ini** :-D

    BalasHapus
  20. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.24

    bunda, aku juga sangat terinspirasi sama tulisanmu tentang Oma itu lho...dan melihat Oma sehari-hari, duhhh ikut bersyukur deh lihat hubungan kalian berdua sekarang :-)

    BalasHapus
  21. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.25

    amin ya El... :-)

    **eh kirimannya udah nyampe, udah terima sms ku kan?? makasih yaaaaaa...you're the best deh El ;-)

    BalasHapus
  22. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.27

    amin amin aminn Rinda... :-)

    BalasHapus
  23. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.27

    sama-sama La...

    sok atuh, sms atau telp gih :-)

    BalasHapus
  24. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.28

    nah yang kaya gitu aku sering banget merasakan mbak May...wlaupun mungkin ibukku sakit yang ringan2 aja macam flu, batuk, demam, tapi selalu nelongso kalo ingat ndak bisa ada disisinya setiap saat... :-(

    BalasHapus
  25. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.30

    hihihihhi ngenyek!!!

    justru cocok lah, soalnya kata suamiku, aku adalah anak2 yang terjebak ditubuh orang dewasa, jadi kan cocok mendampingi anak2 paygroup dan TK inii??? hihii **ngeles**

    BalasHapus
  26. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.31

    aduh mbak luki

    **peluk mbak luki sambil ngangsurin tisu**
    mari kita selalu doakan mereka mbak...dan semoga doa kita menjadi "doa anak sholeh" buat mereka...

    BalasHapus
  27. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.31

    sama2 mbak Ros...

    **aku masih mengagumi foto headshotmu kuwi lho...cantik! hehe..

    BalasHapus
  28. wahida ariffianti28 Juni 2008 pukul 17.32

    huahahahah masalah kabel konek, pasti Adel tahu jawabnya, dan tahu tanda2nya hihihii :-D

    BalasHapus
  29. Ibu Ranger Harley28 Juni 2008 pukul 18.20

    abis tumben juga, postingannya ga pake dudul...
    :D :D

    BalasHapus
  30. wahida ariffianti29 Juni 2008 pukul 05.58

    huehehehehe

    minggu yang aneh **lho??** :-D

    BalasHapus
  31. Aduh jadi inget ama nyokap di Malang......

    BalasHapus
  32. duh touchfully banget ya..saya juga jadi inet mama saya walaupun duluvsaya dan mama kalo ketemu suka ribut melulu sekarang sih gak lagi lah..kalo ketemu ya biasa ngobrol2...!!! dekat 'ribut' melulu ..kalo jauh kan jadi kangen ya...

    BalasHapus
  33. Ibuku.... nun jauh di sana.... yang tak pernah lelah mendo'akan ananda.... dikala sakit.... dikala gundah.... dikala down.... bahkan dikala sukacitapun.... terima kasih ananda.... semoga Allah Swt ridlo padamu....

    BalasHapus
  34. wahida ariffianti30 Juni 2008 pukul 18.52

    sok mbak...telpon... :-)

    BalasHapus
  35. wahida ariffianti30 Juni 2008 pukul 18.53

    wah baru ketemu hikmahnya ya Mbak Luss...begitu jauhan jadi rindu... Iya kadang2 yang kelihatan dudul justru yang terbaik...saya jadi inget cerita2 Mbak Lussy tentang bagaimana bisa memutuskan tinggal berjauhan di rumah nenek...rasanya Mbak Lussy sudah menempuh jalan terbaik untuk semua. Salam buat depe ya mbak :-)

    BalasHapus
  36. wahida ariffianti30 Juni 2008 pukul 18.54

    Ibunda Pak Arief..ada dimana?
    aminnn...doa yang sama untuk ibukuu :-)

    BalasHapus
  37. di kota kecil ujung timur jawa barat... ciamis (bukan air anyir lho... )

    BalasHapus
  38. wahida ariffianti1 Juli 2008 pukul 15.54

    oooo... **bulet** :-)

    BalasHapus
  39. rahmaaliyya aliyya1 Juli 2008 pukul 22.18

    persis nduk ... biar mbak tahu ibu kandung mbak dan ibu mertua senantiasa mendoakan tanpa diminta, mbak selalu sampaikan permintaan didoakan ... terutama apabila kami sedang ada hajat khusus ... mereka (tanpa mbak tahu) pasti mendirikan shalat-shalat sunatnya dengan segenap hatinya ... ridho ibu ridho Allah ... Rasululllah sudah mengajarkan kepada kita umatnya untuk tentang keutamaan para ibu ... semoga kita dimampukan Allah untuk memuliakan mereka dan juga belajar menjadikan diri kita sebagai seorang ibu yang pantas untuk dimuliakan oleh anak dan keturunannya ... :-)

    BalasHapus
  40. wahida ariffianti2 Juli 2008 pukul 18.39

    aminnn..subhanalloh doa yang sangat indah Mbak Ratna...

    BalasHapus
  41. ribuan kilo jalan yang kau tempuh
    lewati rintang untuk aku anakmu
    ibuku sayang masih terus berjalan
    walau tapak kaki penuh darah penuh nanah
    seperti udara kasih yang engkau berikan
    tak mampu ku membalas....

    BalasHapus
  42. wahida ariffianti15 Juli 2008 pukul 03.26

    **njogrok dibawah pohon beringin mendengarkan nyanyian mas yudi dengan khusyuk**

    BalasHapus
  43. wahida ariffianti15 Juli 2008 pukul 03.30

    amiinnnn...aduhh doanya mantabs karena dua arah, ke generasi diatas da generasi dibawah...

    semoga kita bisa menorehkan nama kita didalam buku sejarah kebaikan paling nggak dihati anak2 kita ya mbak...

    BalasHapus