Senin, 02 Juni 2008

[BEA] Trend Dudul : Tebak-Tebakan Yuuk..!! (Bagian 2)

Mumpung suasana dirumah semua pada dibuat pusing dengan trend tebak2annya Abe... :-D
Kali ini cerita tentang teka-teki...

Jauh sebelum tebak2an ngetrend di sekolahnya, dari duluuuu ada satu kegiatan yang selalu menjadi favorit kami sekeluarga. Terutama kalau sedang berada dalam perjalanan, untuk mengusir rasa bosan kita biasanya bermain teka-teki. (Kebiasaan ini sebenarnya sudah lama menurun, ada dalam keluargaku, semenjak aku kecil). Dari hal yang kecil dan sederhana, aku bahkan lupa kapan mulai suka bermain ini dengan anak-anak. Mungkin sejak Abe berusia 2-3 tahun, ketika dia sudah bisa mulai diajak berpikir logis.

Yang pasti, aku sih percaya bahwa permainan ini bukan hanya full of fun, tapi bisa menstimulasi otak anak-anak. Mereka bukan hanya kuajak menjawab teka-teki, tetapi juga membuat teka-tekinya sendiri untuk kemudian dijawab orang lain. Merumuskan 2-3 petunjuk untuk mengacu kepada sebuah benda, pasti juga akan mengajak mereka berpikir definitif...

 

Contoh teka-teki paling sederhana misalnya begini..

 

//Aku adalah binatang...
//Badanku besaaarrr...
//Telingaku lebar, hidungku panjang...
//Binatang apakah aku??
(kalo ada yang nggak tahu jawabnya, kebangetan deh hehe)


Atau yang spontanitas merujuk pada keadaan saat itu, seperti begini... 

//Aku adalah warna...
//Aku ada di bajunya Bea (merujuk pada warna baju yang dipakai Bea saat itu)...
//Aku bisa terbang ke langit dan menyelam di laut juga..
//Warna apakah aku??

(Jawabnya : BIRU)

 

:::::.....

 

Nah, yang lucu itu adalah waktu pertama-pertama anak-anak mengenal permainan ini. Sekarang sih, Abe sudah “nggenah” kasih petunjuknya. Tapi dulu waktu pertama-tama, dudul juga. Kadang-kadang suka nggak nyambung, kadang-kadang suka nggak ada hubungannya. Kadang-kadang hanya nurutin fantasinya dan kadang-kadang suka maksa juga. Misalnya seperti ini...

 

//Aku adalah benda angkasa
//Aku bisa terbang dengan cepat
//Aku berwarna-warni
//Siapakah aku??

(ketika semua orang menjawab “pesawat”, ternyata salah, karena jawaban yang benar menurut Abe adalah “layang-layang beroket” :-D)

 

//Aku adalah sayuran
//Aku lezaaaatttt sekali
//Aku sangat disukai oleh Abe
//Apakah aku??

(Wah, surprise, Abe kan paling nggak mau sayuran??? Semua berpikir keras menjawabnya.. dan semua salah! Karena ternyata jawaban yang benar adalah “Tidak Ada”... **gubraaxxx** maksa kann??)

 

Nah, kalo Bea lain lagi. Dalam hal berbahasa dan berbicara, Bea kebetulan tidak secepat Abe. Sampai usianya yang 4 tahun sekarang ini, Bea masih super cadel. Selain cadel, yang dudul Bea juga suka terbalik-balik ketika mengucapkan sesuatu.Tapi justru itu yang bikin orang serumah sering tertawa terpingkal-pingkal ketika dia bicara. Apalagi suka ditambah dengan ekspresi yang “pede salah tempat” gitu... hehehehe

 

“Arloji” suka dibilang Bea “arlijo”
Pantai “Kuta” suka dibilang Bea “Tuka”
"Sekolah" suka dibilang Bea "Selokah"
Pantai “Nusa Dua” suka dibilang Bea “Suna Dua”

Jadinya, sering-sering kalo pas Bea dapat giliran bikin teka-teki, kita bukannya menjawab, tapi akhirnya pada ngakak karena nggak bisa menahan tawa.

Seperti beginilah contoh teka-tekinya Bea...

//Aku adalah Gajah...
//eh..**wajah bingung**

(walaaaaahhh kok jawabannya langsung disebutkann??? Hihihii)
 

Dan saudara-saudara, berikut ini teka-teki masterpiece-nya si Bea... :-D

//Aku adalah binatang...
//Warnaku kuning...
//Aku sangat disukai pisang..
//Binatang apakah aku???

(hayo looo coba....bingung kan??? Monyetnya aja pasti juga bingung!!!)

 

Hahahahahaha

43 komentar:

  1. dian mardi safitri2 Juni 2008 pukul 00.38

    ha ha ha.... menyenangkan sekali baca ceritanya...
    salam kenal.... ;)

    BalasHapus
  2. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 00.42

    menyenangkan juga melihat anda tertawa disini hehehehe makasih sudah mampir dan met kenal juga mbak.. dian?? :-)

    BalasHapus
  3. lucu banget bea ya..kalo yg dibalik2 sama kayak depe..dia bilang baso tuh sa'o sapi jadi jojo...jauh banget ya hahahhaha

    BalasHapus
  4. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 00.51

    **ngakak baca sapi jadi jojo** hahahahaah

    dulu aku pernah cerita ke Mbak Lussy kan?? kalo urusan berbicara, depe ama bea emang agak2 senasib deh hehehehe

    BalasHapus
  5. hua,hahah,haaaa...bea cakep banget sih kamu..lucu lagi!

    BalasHapus
  6. mbaktyas  &nbsp2 Juni 2008 pukul 01.27

    Qeqeqeqeeeqqq... Anak2 njenengan ncen kreatip imajinatip tenan mbakyu :D

    BalasHapus
  7. beaaaaa... lucu bgt sih kamu nak... *gemes*

    BalasHapus
  8. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 01.50

    kadang kita suka agak lama menebak2 dia ngomong apa Na, kalo pas kumat kebalik2nya itu hehehe :-D

    BalasHapus
  9. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 01.52

    suwun mbakyu...njenengan juga ngono lho wekekeke ;-)

    BalasHapus
  10. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 01.53

    anak2 memang selalu lucu ya Mbak... contohnya si kembarmu itu...nyemplukkk suka goyang2 lagi hueheehh :-D

    BalasHapus
  11. ha..ha..ha..beda tipis sama Amel.....ini bocoran tebak-tebakannya Amel..."Binatang Apa yang punya Mama.."...(halaaah semua jg punya kan?).....kita belum sempat jawab dia udah teriak..."Kucing Garong".......Hah....

    BalasHapus
  12. hahahaahahahaaaa....

    sama aja kayak Rere, bikin tebakan tapi gak cocok ama jawabannya sampe kakak-2nya -yang udah SOK gede- pada meremehkan, dodol banget emang si kakak-2.

    Tapi ekeh lagi lupa apa teka tekinya... ntar deh kalao inget..

    BalasHapus
  13. Gue inget!

    Pas Rere masih 2 tahunan... (belum 3 tahun).... tapi lagaknya udah kayak kaka-2nya sok ikutan teka teki.

    'kenapa selimutku jatuh?'

    Kita gak ada yang tau....

    'Karena ada anjing lauutt'


    ??^$#&^()&#*^$(*&(&$)*)#*(

    Kakak-2nya lemes langsung dan cuma aku yang tepuk tangan... hahahahaa


    dikasih lagi... (kesenengan dia)

    -Kenapa coklatku cuma satu?

    -Again- kita gak tau....

    -Karena ada anjing lauuuttt



    haaaaahhh???

    Itu juga jawabannyaaaaa????

    trus...

    -Kenapa rambutku panjang??

    Kakak-2nya ; KARENA ADA ANJING LAUUTTTT

    Rere ; beneerrrrr..... kok tau?


    Akku, Chacha, Darryl, bapaknya Rere..: *pingsan bersama*

    BalasHapus
  14. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 16.41

    hahahaha bener Adel nooo..
    binatang itu nggak ada yang punya mama, tapi punyanya induk...
    nah kalo kucing garong lain lagi ya Mel....
    huheuheheheu anakmu iku jan lucu tenan :-D

    BalasHapus
  15. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 16.41

    **keknya sudah inget tuh, jadi yang ini nggak usah tak komentarin deh mbak wekekekek**

    BalasHapus
  16. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 16.43

    huahuahuahuahhau
    sekarang kenapa Mbak Maya, Chacha, Darryl dan Bapaknya pengsan bersama hayoooo????

    pasti karena Rere si anjing lautttt!!! hahahahahaha

    BalasHapus
  17. Sumpah ngakak :))

    BalasHapus
  18. wahida ariffianti2 Juni 2008 pukul 19.45

    huehuehue :-D terimakasih sudah ngakak **lho??*

    BalasHapus
  19. Huahahaha............aku ketawa sampe Shilla nanya," ada apa, ma ?"..........walah Bea Bea...lucu banget....

    BalasHapus
  20. //Aku adalah binatang...
    //Warnaku kuning...
    //Aku sangat disukai pisang..
    //Binatang apakah aku???


    eh tante tau...Be...tante...tau...pasti jawabannya "Pisang Monyet kan...????

    BalasHapus
  21. lo....trus sing ngguyu sopo iki......???

    (kayaknya aku sama mamanya Bea nih....akakakakakak)

    BalasHapus
  22. ahaa.....tante tau Be...tante tau...pasti Pisang Monyet kan...?????

    BalasHapus
  23. wahida ariffianti3 Juni 2008 pukul 17.02

    kuwalik walik dia sukanya memang Mbak.. huehuheu :-D
    **salam cubit untuk Syilla yaaaa gimana seragam SD nya?? keren nggak diakenya Syill?? :-D

    BalasHapus
  24. wahida ariffianti3 Juni 2008 pukul 17.03

    tapi Mbak May ki wong pengsan ae sik iso ngguyu2 kok.. **memang aneh** hueheeh

    BalasHapus
  25. wahida ariffianti3 Juni 2008 pukul 17.04

    pisangnya monyet?? atau monyetnya pisang??? *bingung jadinya** :-D

    BalasHapus
  26. hahahaha...........
    seruuuuuuuuuuuuu...
    *manggut - manggut lagi....bahan "pelajaran" ut mengajak main yang cerdas ke anak nanti :)

    BalasHapus
  27. Belum dapat...kalo di madania biasanya 3 minggu sebelum masuk baru tuh ada acara Morning tea isinya pembagian kelas, seragam, antar jemput, catering.........Mau jahitin dulu (krn dianya keburu nafsu) gak bisa wong barusan ganti logo, jadi mesti tunggu dulu.......

    BalasHapus
  28. wahida ariffianti4 Juni 2008 pukul 03.29

    gak usah nunggu nanti La, sekarang aja ajak Teguhnya main tebak2an hihihihii :-D

    **kangen nih, lama gak ketemu di reply2 dudul La..kehamilan sehat kann??**

    BalasHapus
  29. wahida ariffianti4 Juni 2008 pukul 03.31

    bener juga sih mbak, kalo jauh hari dikasih takutnya pas sekolah kekecilan, anak2 kan tumbuh dengan sangat cepat ya...

    Bea juga blum dapat seragam kok,cuman yang olahraga aja kemarin sudah (itupun sama dengan Syilla, karena dianya keburu nafsu minta dibeliin :-D)

    BalasHapus
  30. iya ya mbak sama...kuangennnn...
    long time not seeeee.... baru mudik soalnya..
    insyaAlloh kehamilannya sehat mbak :)
    minta doanya selalu yaaaaaaa.... :)

    BalasHapus
  31. wahida ariffianti4 Juni 2008 pukul 17.26

    iyaaa aku sempat baca di blogmu soal mudik itu...tapi sepulangnya aku blom mampir2 lagi, karena aku pas juga pergi kayaknya :-D

    syukurlah kalo semua sehat2 saja, salam buat teguh and cium buat sikecil yaa...ambuu... :-D

    BalasHapus
  32. beaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... muah..muah..

    BalasHapus
  33. ini bolak balik baca tetep aja ngakak =))

    BalasHapus
  34. wahida ariffianti6 Juni 2008 pukul 04.49

    uugghhhhhh **Bea keplepeken gak bisa napas didekap tante Ocha**

    BalasHapus
  35. wahida ariffianti6 Juni 2008 pukul 04.49

    aku juga, tiap ingat wajahnya pas itu hahahahaha

    BalasHapus
  36. Meski telat komennya tetep: ngakak guling-guling :D. Ponakanku dulu kalau bilang 'pesawat' juga jadi 'sepawat' Mbak.

    BalasHapus
  37. wahida ariffianti14 Juni 2008 pukul 20.54

    **wadooow replynya aku juga ikutan telat nih Laa**

    hahahahah wah Tante Leila kemarin mudik naik "sepawat" atau "pakal" nih??

    BalasHapus
  38. salam kenal mbak ida.. :)

    BalasHapus
  39. wahida ariffianti24 Juni 2008 pukul 03.17

    haloo mbak intan, salam kenal juga, makasih udah mampir ya...

    duhhh headshotnya cantik sekali lhoo :-)

    BalasHapus
  40. kekkeekkeke.......gila aku baru kali ini baca blog orang ngekek2 terus..... :P

    BalasHapus
  41. wahida ariffianti17 Juli 2008 pukul 05.05

    awas kebanyakan ngekek bisa berbahaya bagi kibor **kesemprot maksudnya** huehuehue

    BalasHapus
  42. huahahahaha.....tebakan monyetnya manteb banget, Bea...., ga kalah kamu lucunya sama mas Abe dan Rido.....hihihiihihihi.....

    BalasHapus
  43. kata si monyet : "musti ke salon buat penguningan kulit nih" :-D

    BalasHapus