Kamis, 06 Desember 2007

[Tentang Blog] Bagian 2 : Komentar dan Komentator


Jadi keterusan gara-gara habis posting yang ini (kalo belum baca, silakan baca biar nyambung hehe).

Kali ini aku pingin bicara tentang KOMENTAR, REPLY, atau apapun istilahnya dalam sebuah blog.

Aku tidak tahu dengan orang lain, tetapi setiap kali aku selesai memasukkan sebuah postingan di blog, dimulailah sebuah proses yang sangat mendebarkan hati. Proses ini semakin lama semakin membuat aku merasa ketagihan blogging.

Menanti datangnya reply....

Waktu dimana adrenalin mendesak keluar tanpa bisa kucegah. Dan ketika sebuah reply masuk (kadang yang diperlukan hanya sebuah saja lho) dada dan pikiran rasanya sudah siap meledak terbang kedalam sensasi yang dahsyat. Haru, surprised, exciting semua bercampur jadi satu dan itu semua terjadi bahkan sebelum aku membaca isi replynya.

Kenapa,
Karena aku posting untuk berbagi....
Karena aku posting untuk terhubung dengan manusia lain yang bersedia merasakan sensasi yang sama dengan apapun itu yang kurasakan dan kutuangkan dalam bentuk tulisan, cerita, foto atau lainnya...
Dan karena sebuah reply menjadi wujud dari sebuah berita gembira tercapainya hal ini.

 

Karena sebuah postingan di blog adalah cerminan yang tertuang dari satu hati...
Dan ketika datang reply, itu adalah bukti bahwa sekarang ada lebih dari satu hati yang bercermin bersama-sama, menuangkan rasa secara bersama-sama. Rasanya postingan jadi milik bersama. Semakin banyak hati dan rasa yang terlibat didalamnya, maka akan terasa semakin dalam maknanya...

Bukan hanya sebagai pihak yang memosting, tetapi si adrenalin ini rupanya mendesak juga setiap kali aku baca postingan blog seseorang (apalagi teman!). Jari-jari rasanya tak terkontrol ingin ketikkan saja reply atau komentar untuk si postingan yang baru terbaca. Dengan nuansa tak sabar ingin cepat-cepat mengabarkan kepada si pemilik postingan, bahwa “heeyyy aku sudah baca postinganmu!”

Hahahaha....dudul ya? :-D 

Nggak heran ada teman yang sempat menjuluki aku “komentator”, karena saking sukanya meninggalkan komentar di blog-blog orang, bahkan yang belum kenal sekalipun :-D

It’s quite weird, mengetahui bahwa ternyata sungguh dalam arti sebuah komentar ya... (atau aku saja yang sedang dudul lagi puitis?? entahlah...yang jelas barusan tadi aku memang typeless nggak bisa komentar apa-apa waktu baca postingan ini, itupun masih kutinggalkan komentar berisi kata-kata “typeless” didalamnya hihihihi) :-D

:::::.....
 

P.S. :

-      Mas Vadin, maaf juga untuk linknya, kalo bahasa Ngawi ini namanya “payback time” :-D

-      Untuk semua orang dimanapun saja yang pernah (apalagi suka) meninggalkan komentar di postingan2ku, tiada kata lain yang lebih pantas selain TERIMAKASIH, sungguh, semua sudah membuat hidupku lebih berwarna dan bermakna!

-      Tuh kan...memang wahida lagi dudul melankolis kan ternyata...?? :-S (biarin ah! kalo mau jujur, siapa sih yang nggak suka menerima reply di blognya??? ya nggak? ya nggak? :-D)


47 komentar:

  1. Daku hari ini merindukan komen dari Mbak wahida...ha ha ha...special PRnya dah disetor tapi lom dicek. Apalagi dikomen ...hiks. Capek2 dah bikin...tuh he he he...

    BalasHapus
  2. sekarang juga aku kesana mbak! *semangat 45* hueheheh

    BalasHapus
  3. wuakakak...tapi nda perlu bawa bambu runcing yak ha ha ha...

    BalasHapus
  4. wah, aku katut kecatut rek..

    yang jelas seringkali saling reply jadi seperti chatting.. :D
    sekaligus jadi ajang berbagi yang seru..

    * maaf mbak, PRnya belum.. banyak tugas nih.. :P

    BalasHapus
  5. pokoke jangan biarkan PR yang belum dikerjakan menghambat acara komentar ya mas hueheeh

    *padahal nang ngarep pintu udah pegang sapu buat ngurak-ngurak murid2 sing podo rung nggarap PR iki* :-D

    BalasHapus
  6. benar sekali mbak wahida .. kekuatan teknologi "online" ini, salah satunya, adalah menghubungkan manusia yang "offline". mekanismenya ya "komentar" dan "reply" ini ... :-)

    BalasHapus
  7. bukan bambu runcing, tapi mouse runcing ha ha ha

    BalasHapus
  8. hihi saya jadi malu nih....karena di MP nya mas Yanuar kadang-kadang saya suka komentar sembarangan... :D

    nuwun sewu lo mas nggih... :-D

    BalasHapus
  9. :D
    kita kenalan kan juga dari reply-reply :D
    :)
    aku melihatmu sebagai seorang ibu yang menyenangkan... ;)

    BalasHapus
  10. ini dia..cita rasanya...orang psikologi bangeet !!!! sing ada lawan :)
    akuur...akuur.
    Bapak-nya Abe udah sembuh ? syafahullah ya...Aaamiin

    BalasHapus
  11. hihihi....emang bener jeng...interaksi sebagai komentator dengan komentator lain..atau komentator dan pembuat postingan ternyata bisa jadi intens...dan berjiwa. (halah....)
    mboh ah..aku bukan psikolog...ora ngerti masalah reply dan akibatnya secara psikis.
    hihihihi..wong koyok aku ngertine mung nulis..posting..curhat..nggolek koncoooo....;D

    BalasHapus
  12. hihihi aku juga suka deg degan klo mau buka site ku dan baca komment2 dari temen2 maya ku...kadang suka ketawa sendiri kadang suka manarik alis sendiri membaca koment2 tsb..

    BalasHapus
  13. Hahahaha sepertinya kasusnya mirip ma saya hahahahahaha. Komentar orang memang kadang menjadi penyemangat kita untuk menulis yang lebih banyak lagi tentunya tdk asal tulis hehehehe

    BalasHapus
  14. aku juga seneng banged kalo ada yang kasih comment ke postingan aku...kadang bisa jadi hiburan yang asyik....dan seneng jadi banyak temans...

    BalasHapus
  15. Hehehe penggambaran nunggu replynya kena banget. Aku suka lho cara Mbak Wahida nanggapin reply, perhatian banget :).

    BalasHapus
  16. eh tambahan heheh
    kalo ga nge-reply, bukan berarti ga baca..kadang aku bingung mau reply apa, kuatir basi juga :D.. kan suka ngeliat, udah banyak banget yang liat posting kita, tapi kok ga ada yg balas... bingung kali, atau mungkin karena posting nopi suka aneh2.... ;)
    btw, ada target komen, ga? terutama untuk posting ini;) *segitunya...

    met pagi, mbak......:)

    BalasHapus
  17. Syanti Dewi Erawati6 Desember 2007 pukul 14.25

    hihiihi bener mba menunggu repltan kadang menengangkan... btw malu euy PR-nya belom dikerjakan... hari ini deh mba tapi marah pula bu guru yg satu ini ;))

    BalasHapus
  18. wah...telat baca postingannya :) kirain aku aja yg suka harapharap cemas nunggu reply. Tp memang, aku suka sedih jg kalo ada yg baca (apalagi ketauan berkali2) ngga ada komentar. rasanya kaya org ngomong sendiri ngga digubris :(

    BalasHapus
  19. eh iya ya! wah kita berutang budi sama Elly nih *kalo nggak salah ya? atau Ugik? ah sampe lupa hueheheeheh

    aku melihatmu sebagai seorang wanita yang menyenangkan juga... ;)

    BalasHapus
  20. hallah...*gubraxxxx*

    terimakasih, si Bapak sudah sembuh bahkan sudah ngider keluar kota lagi inspeksi ke gudangnya hehe...

    BalasHapus
  21. you know it as much as i do Lessy...maybe even more, sometimes you should pretend to be someone else and re-read your blog posts and their comments...believe me, you will be proud of yourself :-) you should...

    BalasHapus
  22. hehe...perasaan ini lho....bikin ketagihan ya kan Lia? ;-)

    BalasHapus
  23. betul sekali! ini terutama efeknya, kita jadi semangat menulis.. :-)

    akhir2 ini memang merasa kalo Venom lebih semangat nulis...sip2 ;-D

    BalasHapus
  24. benar apa yang mbak Lessy bilang...bahwa dengan adanya REPLY dr teman2, yang dikenal maupun tidak bisa membuat sebuah blog lebih berjiwa...:-)

    lagipula kita bisa kenal dengan teman baru juga bisa berawal dari sebuah REPLY-an :D (sdh terbukti mbak..hehehe)

    satu lagi mbak...dengan meninggalkan REPLY itu merupakan salah satu cara untuk mempertahankan hubungan dengan MP-ers di dunia maya, huehehehe....

    meskipun kita jarang ketemu, toh akhirnya kita bisa saling tahu hal2 atau kejadian apa sajakah yang dialami oleh teman MP kita..bener gak, buk? hehehe.....

    kalo aku mbak...niat ngeblog sebenernya sama kayak mbak Wahida, tp kalo ada REPLY ya alhamdulillah, that's all....:-)

    terus terang saja, setelah membaca postingan teman2, ada saja komentarku yang ingin aku tuliskan.... seperti sekarang ini.....:D

    BalasHapus
  25. ho'oh banget mbak yusy! apalagi kalo tiap buka postingan di MP mbak trus disuguhi foto sayur asem, aduduuhhhh......nulis komentarnya jadi sambil ngecesssss :-D

    BalasHapus
  26. hehe...jadi tersipu malu nih La... *mode aneh: ON*

    mungkin itu karena isi reply-nya juga menarik perhatian...it has to go both ways, you know.. :-) dan tau nggak? diam2 komentarmu adalah salah satu yang sangat kunantikan di setiap postinganku! ;-)

    *gak usah ikut2 tersipu, jadi aneh ntar* :-b hahahaha

    BalasHapus
  27. wakakakakak bukan aku lho yang bilang.... :-b

    target komen? maksudnya? jumlahnya gitu? wakakakakaka kalo ini sih dudul!! =)) nggaklah deuuu....

    met pagi juga, semoga harimu menyenangkan *gimana nggak meneynangkan kalo baru dapet buku gratis???* :-D

    BalasHapus
  28. hehe tenang...tenang...gurunya sabar kok *melihat kue taart dekorasi yang dibawa mbak Syantie*

    ck...ck..ck.... murid yang satu ini pinter juga mengambil hati guru yaa.... :-D

    BalasHapus
  29. hehe...rasanya semua blogger merasakan hal yang sama Kak... dudul but its true :-D

    kalo sedih sih nggak mbak, tapi memang suka bertanya-tanya sendiri, akhirnya ya positive thinking saja, maklum gitu...

    kebetulan aku kenal beberapa orang yang memang karena karakternya yang introvert atau gimana, dia nggak suka komentar...ada juga temen yang mengaku nggak pede ninggal komen, ada yang mengaku takut salah dan lain lain atau mungkin juga karena simply faktor waktu...kalo lagi sibuk kerja di kantor kan bisa saja mereka hanya punya waktu untuk membaca, bukan memberi komentar (wah ternyata surveinya udah lumayan banyak ya hihihhih)

    tapi memang, rasanya akan sangat dan lebih membahagiakan kita kalo mereka meninggalkan komentar ya, apapun itu isinya! :-)

    BalasHapus
  30. hehehe kalo begitu kamu memang jelas2 seorang komentator juga ya Tya... *tooss* :-D

    BalasHapus
  31. toss......**dgn tampang sok bangga** :D

    BalasHapus
  32. menanti reply-an ... duh emang kreatif ibunya bea nih ...
    pa lagi kalo topiknya kocak ya mba wahida ....
    bisa ketawa-ketiwi sendiri kaya orang " bener " ... hehehe ...

    BalasHapus
  33. Astrid Prahitaningtyas6 Desember 2007 pukul 19.07

    emang nih... acara blogging di MP bikin jam kerja gw berantakan karena apa yg gw rasain sama persis sama yg mbak wahida bilang di blog ini hehehhee...

    BalasHapus
  34. bener...bener... (maksudnya??) hehehehehe...

    iya memang Hen, sejuta rasa pokoknya :-D

    BalasHapus
  35. wah sampe segitunya ya Trid? hihihihi

    *sstt jangan sampe si boss baca ini dong ya? atau sekalian aja si boss dikenalin MP biar ketagihan juga?? wekekek that would be even better!* wekekekekek

    BalasHapus
  36. Ternyata banyak temennya jg (sama2 deg-deg-an..)..ngeblog itu serasa curhat...trus nunggu komen orang lain..Btw aku suka komentarmu, kok rasanya hidup gitu lo..kaya' ketemuan trus ngobrol ha ha ha ha........

    BalasHapus
  37. ndelok niku mbak (kendel alok)...

    BalasHapus
  38. memang mbak, kalo kita menulis jujur dari hati, akan sama saja dengan kalo kita ketemu...kerasa jiwanya *cieee* hueheheheheh

    iyo aku juga merasa lek kita ketemu koyoke cocok tur nggak bakalan sepi nih *apalagi kalo mbak irma bawa serta shilla...dan -ehm- dimmy....* :-D

    BalasHapus
  39. hahahaha mantabs tapi mas... :-D

    BalasHapus
  40. aku ngereply nih... *penasaran berapa nilai adrenalin Wahida saat ini* :)

    BalasHapus
  41. he..he...dikau memang pandai sekali merangkai kata, seperti tahu saja isi hati orang lain (maksudnya sih saya ...). Bener mb Wahida, sejak ngeblog di MP, saya seperti mempunyai dunia lain..dunia nyata..dimana saya bisa mengekpressikan rasa hati tanpa harus sungkan akan komentar orang lain. Komentar dan reply (yg selalu saya tunggu) justru menjadi masukan berharga untuk saya melangkah sehari-hari. Sharing pengalaman dari teman-teman di blog juga memperkaya hati dan pengetahuan saya akan suatu hal yang saya tak tahu sebelumnya. So.. ? Sama dong..saya juga gak sabar untuk komentar.., he..he..jadi kepanjangan nih..(sorry)

    BalasHapus
  42. ehmmm....pake skala apa dulu mbak Wiwie? *mikir*

    -hallah- :-D

    BalasHapus
  43. hwaaaaaaaaaaa senangnya melihat kak Lily lagi disiniiiii......... *menghambur ke pelukan kak Lily sampe kesandung-sandung* :-D

    wah kak, komentar yang pendek saja aku suka bangeeeetttttt apalagi yang panjangg??? I just love it to bits :-)

    BalasHapus
  44. aku juga seneng. makasih juga ya say, udah sering jadi komentator di blogku :)

    BalasHapus
  45. sama-sama, like wise, kita sesama komentator harus saling mengkomentari satu sama lain huhehehe

    *hidup komentator!* :-D

    BalasHapus
  46. buk.......typeless...xixixixi...

    BalasHapus
  47. wahida ariffianti19 Juni 2008 pukul 15.34

    ini mbak dian?? yang dudul itu?? huehuhue
    kok typeless??? :-?

    BalasHapus