Senin, 01 September 2008

Puasa Yang Menyayat Hati

Udah seminggu ini blog walimurid sepi tak ada postingan baru. Kiriman tulisan walimurid juga nihil sejak Sabtu kemarin. Ya sudahlah, daripada sepi aku saja yang ngisi (hehe). Jadi tulisan ini adalah reposting, dari sini.

::::::::::..........

Puasa Yang Menyayat Hati

Oleh : Wahida Ariffianti *)

Sebuah pemandangan yang menyayat hati...

Kemarin sore, Abe anak saya yang duduk di kelas 2D terlihat tergeletak lemas, di lantai didepan kamar mandi...

Setiap yang mendekat dan memintanya untuk pindah berbaring ke sofa, tak juga mampu membuatnya bergerak barang sedikitpun. Abe masih lunglai dengan posisi meringkuk miring, dan kedua tangannya ditangkupkan diantara kepala dan lantai, seakan menjadi bantal..

“Pindah ke sofa yuk Abe..”

Tak ada jawaban, baik dalam bentuk kata-kata maupun gerakan. Pandangan matanya sayu, mulutnya mengatup rapat dan dia tetap saja meringkuk tak bergerak.

“Di lantai dingin lho Be.. Apalagi ini didepan kamar mandi...”

Tetap saja, Abe cuma bisa diam lemas. Bujukan apapun tak mempan.

Tak berapa lama kemudian, Bapak pulang dari kerja dan kontan langsung menyebut nama Allah melihat keadaan putra sulungnya ini. Tanpa ba bi bu, dia langsung mengangkat saja tubuh Abe (dirumah ini hanya Bapak yang masih kuat mengangkat Abe seperti itu) dan membaringkannya di sofa.

“Hauuss, Pak....”

Dari tadi siang, memang itu yang dikeluhkannya. Juga lapar. Memang hari itu hari pertama bulan Ramadhan. Dan sore-sore begini, tentulah waktu terberat bagi anak-anak yang sedang berlatih puasa.

“Abe masih puasa?” tanya si Bapak.

“Iya...” jawabnya lemas.

“Oya?? Kamu hebat sekali! Allah pasti semakin sayang sama Abe, sama seperti Bapak dan Ibu sekarang. Sabar ya nak, sebentar lagi sudah maghrib.”

“Aku hauusss.....” lolong Abe lagi kali ini dengan airmata yang sudah mengambang.

“Atau Abe mau berbuka puasa sekarang??” pancing Ibu (sstt...strategi seperti ini biasanya berhasil dan menjadi tantangan untuk Abe).

Abe menggeleng. (tuh kan?)

Tadi siangnya, ketika dhuhur hal ini juga terjadi. Abe breakdown dan sempat menangis karena lemas, lapar dan haus. Tetapi sesuai dengan rencana yang kami (Abe dan saya) susun sehari sebelumnya, puasa Abe bisa terselamatkan dengan tidur siang.

Yang kami bisa lakukan sore itu hanyalah memeluknya. Erat-erat dan lama. Kami bisa membayangkan bagaimana hausnya dia, orang dewasa saja kadang-kadang merasakan beratnya puasa hari pertama, apalagi Abe. Bergantian saya, suami dan mbak pengasuh menemaninya duduk di sofa itu. Membacakan buku cerita, mengobrol (tentu obrolan satu arah, karena Abe masih tetap lemas membisu), Juga Bea, adik kecilnya yang masih duduk di bangku TK yang dengan cerewet ikut membesarkan hati kakaknya.

Subhanallah...walaupun tersayat hati ini melihat keadaan Abe, hanya satu doa saya melihat keadaan rumah saya sore itu. Semoga Allah SWT tersenyum dengan ridho melihat kami sekeluarga disini. Doa itu yang terus menjadi penguat tekad saya untuk melatih puasa maghrib Abe.

“Aku juga puasa kok Mas Abe!” kata Bea tiba-tiba, seolah ingin ikut berempati dengan kakaknya. Hari itu memang Bea puasa, tapi sudah buka sejak jam 9 pagi!

“Hehe.. Iya, puasanya Bea namanya “Puasa Lucu”, bukanya jam 9 pagi, ya kan Bea?” komentar saya.

“Heheeeeee....iya!! Aku Puasa Lucu!! ” sahut Bea dengan tertawa.

Dan hei, Abe pun ternyata juga ikut tertawa melihat tingkah si adik.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Abe puasa maghrib. Tahun lalu ketika masih kelas 1, hari pertama Ramadhan adalah kali pertama dia berhasil puasa sampai maghrib. Subahanllah, sungguh hari itu sangat berat, sekaligus sangat berkesan buat saya. Tetapi di hari ke-2 dan seterusnya, dia merasa kapok, dan tidak mau lagi. Akhirnya model puasa Abe tahun lalu adalah berbuka ketika bedug, kemudian setelah itu puasa dia teruskan lagi sampai maghrib.

Yang membuat saya bangga lagi adalah suami. Kebetulan, saya dulu mulai puasa maghrib secara penuh ketika masih berumur 7 tahun, sedangkan suami cerita kalau dia mulai puasa maghrib ketika berumur sekitar 9-10 tahun. Tahun lalu, ketika saya untuk pertama kalinya mencanangkan program melatih puasa maghrib untuk Abe, kami sempat berbeda pendapat. Suami berpendapat bahwa Abe masih terlalu kecil dan dia mengkhawatirkan kesehatan Abe, biarlah dia puasa sekuatnya dulu, sampai dhuhur atau kalau perlu jam 10 pun diperbolehkan berbuka. Tetapi saya merasa Abe sudah siap.

Saya tidak akan pernah lupa bagaimana beratnya hari itu. Untuk membujuk, mengalihkan perhatian Abe supaya puasanya bisa sampai maghrib. Abe juga terlihat sangat tersiksa, mulai dhuhur hampir setiap jam dia breakdown dan menangis karena lapar dan haus. Dan saya juga tidak akan lupa bagaimana rasa bangga pecah membuncah didalam rumah kami ketika kemudian Abe benar-benar bisa sampai maghrib. Dan yang paling penting, akhirnya suami semakin mantap untuk mendukung Abe berlatih puasa maghrib (dan secara penuh sebulan) untuk tahun ini.

Ramadhan tahun lalu itu, saya memang berusaha untuk mendorong sampai batas kekuatannya, tetapi saya tidak mau memaksakan Abe harus puasa maghrib lagi. Saya tidak mau Abe punya konsep yang negatif tentang puasa (bahwa puasa itu sebuah beban berat dan menyiksa). Mengukur kondisinya ketika itu, akhirnya untuk hari ke-2 dan seterusnya saya pun membolehkan Abe untuk berbuka dhuhur, tetapi kemudian dia setuju ketika saya menawarkan bahwa setelah berbuka dhuhur itu, Abe meneruskan puasanya sampai maghrib.

Tahun ini, saya sangat berbesar hati karena rupanya Allah mulai menjawab doa-doa saya. Abe terlihat jauh lebih siap dan bahkan semangat menyambut puasa. Dan dia sendiri yang bertekad untuk puasa sampai maghrib. Beberapa hari menjelang Ramadhan, kami berdua (Abe dan saya) sibuk membuat rencana, apa yang akan dilakukan kalau Abe breakdown lagi, menangis lagi karena lapar dan haus?? Dan Abe ternyata datang dengan usulan ide rencana yang dahsyat!

“Pokoknya Ibuk jangan bolehin aku berbuka sebelum maghrib. Kalau aku nangis lapar dan haus, peluk saja aku! Oke??”

Subhanallah...semoga Allah SWT selalu melindungimu dalam kehidupanmu, anakku...


(Sidoarjo, 02 Ramadhan 1429 H)

:::::.....

(Kisah selengkapnya pengalaman Abe berpuasa tahun lalu bisa dibaca disini : "Kejutan di hari Pertama Ramadhan")

*) Penulis adalah walimurid Al Hikmah, Ibunda dari Omar Charis Atthabrizi (Abe, kelas 2D) dan Namira Bai’atifa Azzahra (Bea, TK A1)

55 komentar:

  1. Subhanallah... Tekad Abe kuat ya Mbak. Tapi melas juga kali ya kalau lihat sendiri 'ndheprok'-nya.

    BalasHapus
  2. melas pol La, hal yang paling susah memang menguatkan hati kita demi kebaikan mereka juga :-|

    BalasHapus
  3. diajak jalan2 keliling aja kali mbak, biar gak inget kalo puasa... terus diliatin orang2 yang jarang makan 3x sehari tapi harus tetep kuat nguli.... jadi makna puasanya lebih kerasa

    BalasHapus
  4. duluuuuu, waktu tante dian pertama kali puasa maghrib (kelas 2 SD), kerjaannya "ngabuburit" alias ndheprok sejak bedhug dhuhur di depan kulkas yang pintunya terbuka... he he he

    Abe hebat!!! jempol lima untuk Abe... (yang 1 minjem punya Ibuk Wahida...)

    :))

    BalasHapus
  5. Syanti Dewi Erawati1 September 2008 pukul 16.55

    waaahhh Abe hebat.... diajak ngabuburit tuh biar seger mba ;) , biar konsetrasi ke laparnya berkurang xixiixi tapi tetep deng pastinya kerasa juga ..., ayoo Abe.. semangattt :)

    BalasHapus
  6. Abe hebat!
    nanti dipinjam ceritanya buat nyemangatin kawan Abe di sini, ya?:-)

    BalasHapus
  7. wah mbak..Abe hebatt...terharu mbacanya...

    BalasHapus
  8. Subhanallah, Abe pinterrrr, semoga jadi anak sholeh yang selalu bisa dibanggakan bapak ibu ya, Be...
    *peluk Abe juga*

    BalasHapus
  9. ide bagus tuh Rind...apalagi yang kedua, itu belum pernah kucoba tuh..thx Rindaaa :-)

    BalasHapus
  10. hahahahahaha **aku jadi mbayangin** sekalian ngadem yo mbak :-D
    kalo aku dulu belum punya kulkas, jadinya ya mandiiiiiiiiiii mulluu hhuheuehuheu

    BalasHapus
  11. makasih tante Syanti...yang pastinya, ngabuburitnya nggak boleh di MP Teh Syantie......tambah menyiksa nanti liat kue2 supercantik itu hihihihi

    BalasHapus
  12. makasih tante Inci, boleh boleh monggo senang sekali kalau bermanfaat hehe

    BalasHapus
  13. ATHAYA Batik Tulis Madura1 September 2008 pukul 18.47

    Abe hebat, bea hebat, papanya hebat, dan pastinya, mamanya juga hebat.....!!

    heluarga yang hebat... :D

    BalasHapus
  14. Kalo aku kumur-kumurrrr terus! weleh ;p
    Aku mulai puasa umur 8 tahun, jagoan kalo disuruh nahan laper *sehari2nya musti dikejar2 dulu kalu mau makan* tapi sampe nangis bombay kalo haus ;DD

    BalasHapus
  15. Aku juga puasa sampe magrib loohh..*ngadem depan kolkas*

    BalasHapus
  16. Wadooh...Abe hebat....terusin yaa....jangan mau kalah sama laper n haus...*iih gampang bgt yah teorinya*....pokoknya....Hiduup Abee....anak pinterrr....*kasih 4 jempol semuanya*....

    BalasHapus
  17. aku juga terharu tiap lihat dia ngesot gitu Mbak Dwi...huhuuuu anakku......

    BalasHapus
  18. makasih peluk dan doanya tante..... **hugs back**

    **gak bisa napas karena Te Titin ajak Rao n Vidya rame2 peluk Abe**

    BalasHapus
  19. aahhhhhh tolooongg........ :-D

    nah Acil juga pasti akan jadi ibu yang huebuaaaatttttttt nanti, insyaAllah :-)

    BalasHapus
  20. hahaahahha kumur2 sambil berharap ada yang lolos gitu ya?? huehue

    kamu persis adikku yang bungsu **susaaahhhhh banget disuruh makan** dan dulu waktu kecil dia juga tahan haus, trus waktu lebaran, dia bilang ke ibukku "boleh nggak puasanya setahun penuh??" sementara badannya yang langsing tambah tipis aja tapi hatinya bahaagiaaaaaaaa lepas dari kewajiban makan hihihi dasar

    BalasHapus
  21. **padahal di kolkas penuh sama puding, melon, semangka, bahan es campur, nata de coco**

    wakakakak yang bikin adem jadinya bukan kolkas Mbak, tapi iler kita sendiri yang membanjir hihihihhi

    BalasHapus
  22. aiiiihhhhhh senengnya Mbak Jeki sudah bisa komen lagi disini.....sehat terus yo mbak??

    makasih Tante...heuhe jempolnya seksi deh apalagi yang di kaki ;-)

    BalasHapus
  23. Wahhh keren nih si Abe!!! Hari ini moga-moga ga banyak breakdown ya Be... ^_^

    BalasHapus
  24. Hoooorrreeeee Abe hebat lho bisa puasa smpe Maghrib. Smoga selanjutnya makin semangat ya be....:-)) go Abe go Abe go Abe goooooo.....hihihihihi

    met puasa smuanyaaaa....*hugs*

    BalasHapus
  25. alhamdulillah... Abe HEBAAAAAATTTT!

    BalasHapus
  26. Abe hebaaaatttt.....

    Jangan patah semangat ya sayang, pasti besok-2 kamu udah biasa..
    hari pertama memang beraaattt..... *peluk dan ajak main uler tangga biar lupa*

    BalasHapus
  27. *malu malu*...tau aja emang turunan ningrat sih......

    BalasHapus
  28. Abe hebaaaat......
    Shafa juga hebat, cuma nggak pake nangis lapar...soalnya sering lupa kalo puasa. minum 2 teguk baru ingat kalo puasa. atau makan coklat separoh... "eh iya kan puasa" katanya

    terusin puasanya ya Be...

    BalasHapus
  29. Buk, link ini mbalik ke posting ini lagi.

    BalasHapus
  30. waaah, sama, lg ngajarin yg tengah puasa, hihihi, penuh adegan lemas begitu :)

    BalasHapus
  31. ayyyoooo Abe pasti bisa ...

    BalasHapus
  32. Subhanallah...sy bacanya mpe terharu mbak;)...congrats utk Abe, smangat terss!!!smoga bisa sampai akhir bln ya nak:)

    BalasHapus
  33. Subhanallah....hebat sekali nak! *peluk Abe*

    BalasHapus
  34. wa.......udah mau belajar aja pasti udah "dicatat" ko ama Allah.....

    :)

    BalasHapus
  35. tetap semangat buat Abe..ayo Abe pasti bisaaaaaaaaaa !!!

    BalasHapus
  36. makasih Tante...masalah breakdown, hikss iya si ibuk pokoknya siap2 aja, plus berdoa moga2 bisa seminimal mungkin :-|

    BalasHapus
  37. hari ini hari kedua lumayan banyak breakdownnya, tapi alhamdulillah nyampe maghrib :-D go te Luki go!!

    makasih tante Luki **hugs back**

    BalasHapus
  38. alhamdulillah...masih latihan nih Mbak Mimin, doanya saja semoga lancar :-)

    BalasHapus
  39. hikss makasu Tante **terharu** eh salah, Budhe..... :-D

    **yok kita main ular tangga yok, pake ular beneran dan tangga beneran, asyik kan??**

    BalasHapus
  40. wakakakakakakak baru taun nih, ternyata ukuran ningrat seseorang ditentukan JEMPOL KAKI????

    **buru2 lihat jempol kaki sendiri dan langsung memutuskan kalo aku nggak pantes deh jadi ningrat hikss jempolku gede gedeee**

    BalasHapus
  41. hahahaha Shafa lucu banget......

    jangan terusin lupanya ya Shafa.....kan belum tua??? **ngelirik ke yang udah tua** :-D

    BalasHapus
  42. eh iya, udah dibenerin tuh..... makasih ya koreksinya :-)

    met berlatih puasa juga buat ADA, atau jangan2 dia udah pintar puasanya?? :-)

    BalasHapus
  43. pasti si Hanif hihihi...
    aku jadi penasaran, gimana adegan lemasnya Hanif **terbayang wajah usilnya di setiap foto2 heuheuh**

    BalasHapus
  44. kaya lagu aja Tante......heuheu makasih banyak dukungannya

    **Rim, itu di headshot gambar siapa?? sampe mendelik aku liatnya**

    BalasHapus
  45. terimakasih mbak Metha, iya saya juga berasa gimanaa gitu tiap liat dia breakdown nangis kehausan dan kelaparan :-|

    amin aminnnn doanya :-)

    BalasHapus
  46. asyiikkk dapat peluk dari tante Irma :-D
    makasih tanteee...

    **ibuknya mau juga dooonnggg**

    BalasHapus
  47. dankeeeeeeee tante Lussy..... :-)

    semoga Depe juga lancar berlatih puasanya....mo nyoba tahun depan atau jangan2 sudah nih Mbak Lussy??

    BalasHapus
  48. mbokmu ae Be, yang megang ulone...

    kita megang tanggane aeeee...

    BalasHapus
  49. hahahahahahaha....................sama ceritanya......tapi Adel lebih parah...........!!!!!

    BalasHapus
  50. semoga tuntas puasanya buat Abe, pinter deh....*salut*....

    BalasHapus
  51. Two Thumbs Up for Abe and Especially to mama Wahida.. ;D Huebaat mbaak, aq yakin kalo mamanya Abe itu diriku, dijamin Abe ga bakalan ngotot puasa ampe maghrib ky skrg..hehehee.. aq ga tegaaa mbaaa.. wong Rafi aja yg udah kelas 4, baru ramadhan ini bisa puasa smp maghrib. sbenernya taon lalu dia dah bisa, tp aq yg melas tiap liat dia lemes, laangsung aq suapin makan sepiring..hahahaaa...

    BalasHapus
  52. biar bisa kabur naik keatap kalo ulone ngamuk ya kan??

    *merambatin ulo ke tangga biar ngejar mbak maya** :-b

    BalasHapus
  53. parah gimana?? gimana??? ayo postinggggg!!!!!

    BalasHapus
  54. makasih tantee...

    **Ini lho Be tante Mita, yang ibuk bilang dudul juga itu loohhhh**

    BalasHapus
  55. aaaaaahhhhhhhhhh sebenarnya juga kempot2 mbak dada ini, melihat dia breakdown lemesssss gitu....aku orangnya juga gak tegaan.......hiksss

    BalasHapus