Jumat, 26 September 2008

[Seri 3 Wanita] Aku dan Emi : Kesalahpahaman Yang Berkelanjutan




Perkenalkan, ini Emi. Dia adik iparku (sementara ini satu-satunya), istrinya Asnan aka Uwa, adikku.

 

Sebagai seorang ibu, boleh dibilang Emi sangat produktif. Di usianya yang 26 tahun sekarang ini, dan usia perkawinannya yang baru 6 tahun, Emi adalah ibu dari 3 orang putri. Sena (5,5 tahun), Aaliyah (3 tahun) dan Dede (1,5 tahun). Itupun, akhir tahun ini dia sudah berencana untuk hamil lagi, berhubung pasangan ini memang merencanakan untuk mempunyai 4 orang anak. Beda dengan aku, proses Emi hamil dan melahirkan memang selalu berjalan mulus. Bukan hanya mulus, tapi selalu cepat dan mudah. Alhamdulillah ya, jadi rencana punya 4 anak bisa berjalan lancar. Oya, Emi juga berharap-harap iseng, siapa tahu anak keempatnya nanti, laki-laki. Hehe.


Dalam hal sifat, kami sama-sama ramenya. Sama-sama suka anak-anak, dan sama-sama pelaku pernikahan di usia muda. Postur tubuh? Sama gedenya juga. Badan Emi bahkan lebih tegap lagi, maklumlah dia mantan anggota Paskibraka Jatim, go figure. :-)


Sama persis dengan cerita aku dan ibuku di "Seri 3 Wanita" sebelumnya,  hubunganku dengan Emi juga diwarnai banyak sekali kesalahpahaman. Tetapi dengan versi kesalahpahaman yang lain. Emi seringkali mengadu ke aku seperti ini...


“Mbak, aku kemarin ketemu ibuknya temenmu SMA waktu di alun-alun. Dia nyapa aku dan langsung ngobrol banyak, crita-crita. Aku bingung, tapi trus aku sadar karena dia panggil aku ‘mbak wahida’... DIA PASTI NGIRA KALO AKU ITU KAMU MBAK!!”

Hehehe. Sekarang ini aku sudah nggak kaget lagi mendengar cerita ini karena sangat sering terjadi.

 

Kali lain, tiba-tiba ada teman SMP atau SMA yang tinggal di Tulungagung, ngirim sms. “Kamu lagi pulkam?? Aku dolan kerumahmu ya??”

“Lho, aku ini lagi di Surabaya, weekend ini nggak pulang ke Tulungagung kok” jawabku.

“Lha wong aku lihat kamu kemarin itu, di Golden Swalayan??”

“Lha wong aku jelas-jelas di Surabaya kok??” eyelku.

“Iya! Aku lihat kamu! Aku gak sapa soalnya aku ribet sama anakku. Tapi aku lihat kamu! Kalo gak salah kamu sama adikmu, si Asnan! Ya kan??”

Halah...jelaslah sekarang masalahnya.

 

Mungkin cerita diatas masih bisa dimaklumi karena ketika bertemu orang-orang itu, Emi sendirian. Dudulnya, cerita yang sama terulang bahkan ketika kami berada di tempat yang sama.

Suatu acara, ketika teman-teman Uti-Kakung lagi ngumpul dirumah. Aku dan Emi sedang bantu-bantu melayani para tamu. Aku dan Emi. Di tempat yang sama dalam waktu yang bersamaan.

Salah seorang teman Uti menyapa Emi dengan ramahnya.

“Loh, Mbak Wahida? Lagi disini tho? Kapan datang dari Surabaya?”

“Nngggg...” jawab Emi dengan senyum garing sambil celingukan, mencari aku.

“Anak-anak ikut semua kan?? Semua sehat-sehat??” si Ibu melanjutkan, pake adegan merangkul dan memeluk bahu Emi, dengan akrabnya.

Dan begitu aku lewat disitu...

“Ini Mbak Wahida nya Buk, saya Emi, istrinya Mas Asnan...”

Kasian si Ibu itu... :-D

 

Kasian juga banyak orang lain lagi yang mengalami hal yang sama. Entah kenapa, aku dan Emi sebenarnya sama-sama merasa bahwa kami itu tidak semirip itu. Tapi nggak tahu juga ya, orang lain yang melihat kan? hehehe.

Jujur, yang paling keberatan dengan kejadian2 ini adalah Asnan, adikku. Pasalnya dia itu musuhku ledek2an sejak dari kecil. Sangat susah mengalahkan dia dan membuatnya mati gaya. Tapi cara ini selalu berhasil. Setiap ada yang mengira Emi adalah aku, dengan senyum kemenangan yang tanpa hanti, aku selalu bilang sama dia,

“Nggak nyangka, ternyata kamu ngefans juga sama mbakmu ini ya?? Buktinya, cari istripun, nyari yang mirip sama akuuu!!”

HUHAUHAUAHUAHAH  <====== ketawa raksasa menguasai dunia

Dan Asnan pun hanya bisa ngeloyor pergi....


:::::.....

43 komentar:

  1. Kakak iparku juga dibilang mirip aku ma adikku. Mungkin karena sam-sama berjilbab jadi orang yang ngga tau menyangka kami tiga bersaudara cewek. Bener2 yo mbak...hidup ini emang penuh kesalahpahaman yang menggelikan...He he he. Btw, hore koment pertama...MP sepiii, penduduknya dah pada mudik, sampeyan pulang kapan mbak ke tulung agung?

    BalasHapus
  2. heuheuhe **kasih hadiah cucian kotor buat yang komen pertama, maaf disini yang lagi banyak itu** :-D

    iya nih MP udah sepi, lebaran bener deh kita, dan ibu2 sudah pada terjun bebas ke dunia kerja yang sesungguhnya hahahahahahah

    kami insyaallah mudik H+2, nunggu suami pulang umrah, lagian mertua kan di surabaya
    jadi kita sholat ied di surabaya aja :-)

    gimana suasana lebaran disana?? biasanya juga sepi kan??

    BalasHapus
  3. padahal jeng wahida mirip sama aku :)

    BalasHapus
  4. hauhauhauahua oya?? asyiikkk donnggg :-D

    **gandeng tangan Mbak Ellen, ajak JJS ngerjain orang-orang sambil pura2 kembar**

    hehehe...aku dulu pingin banget punya sodara kembar lho, dengan alasan ini, bisa ngerjain orang :-D

    BalasHapus
  5. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"26 September 2008 pukul 18.17

    Hihihi.. niatnya, deh! :)
    Mbak, 3 hari setelah lebaran ada di Sby gak?

    BalasHapus
  6. waaaaaaa aku lagi di tulungagung tuhh!!

    Elly mau ke sby tgl itu?? **mulai panik**
    eh mau pergi melayat nih, cao dulu

    Ellyyyyy kabar2 ya kalo mau ke sby......dagghhh

    BalasHapus
  7. E....
    E........
    Mbak nya yang mana ya.....
    Ehm.....
    Yang di depan kali......
    Atau......

    BalasHapus
  8. nggak mirip sih emang, hehehe...

    BalasHapus
  9. iya , sebetulnya mirip dimananya ya?

    BalasHapus
  10. gak mirip kok...wong jelas manis adik iparnya.................*ngemil krupuk pedes kiriman fans*

    BalasHapus
  11. padahal gak mirip amat,,cantikan...........(pilih dewe aja)

    BalasHapus
  12. wajah mungkin gak mirip mbak, tapi dengan postur yang mirip, 'mungkin' ditambah kesamaan gerak-gerik, bisa jadi dianggap kembaran

    *yang kalo gak pake kacamata ngenalin orang dari postur ama gerak-geriknya*

    BalasHapus
  13. halooooo halooooooo aku disiniiiiii

    **dadagh dadagh ke Mas Toto sambil loncat2**

    BalasHapus
  14. heuheue kerasanya kita sih juga gitu..
    apalagi kalo sudah buka kerudung, tambah kliatan bedanya kok :-D

    BalasHapus
  15. apa mungkin karena sama cempluknya??
    dan sama besarnya???

    atau dua2nya??
    embuh :-D

    BalasHapus
  16. **prei ngirim krupuk aku**

    **ngambek**

    BalasHapus
  17. cantikan mbak arum ;-)

    BalasHapus
  18. mungkin ya Rind

    baru tau deh kalo Rinda kacamataan, abis selama ini kukira kamu kemana-mana pasang kamera didepan wajahmu....**sambil ngelirik headshotnya Rinda**
    kacamata apaan Rind?? minus??

    **yang sebenarnya minus seperempat, tapi bandel gak mau pake kacamata** :-D

    BalasHapus
  19. sekarang udah jarang bawa kamera segedhe gaban ke mana2, udah berat bawa Eka. hehehe. yang jelas saya pakenya bukan kacamata kuda, tapi kacamata rinda :P
    kalo minus seperempat emang belum wajib pake kacamata kali mbak... :D

    BalasHapus
  20. iya, adik iparnya cakep..sebelah adik ipar itu syapa? embaknya?
    kik3x

    BalasHapus
  21. Kalo aku, isteri adik sepupu-ku ada yg dibilang mirip sama aku.

    Aku siy dengan bangganya, ngeledek sepupu-ku itu sama persis dengan yg JB bilang, "Elo ternyata nge-fans berat ya sama gw, sampe nyari isteri yg mirip2 sama gw"

    Sepupu-ku hanya bisa pasrah.....hehehe

    BalasHapus
  22. mirip bu jumroh bukan?

    BalasHapus
  23. hahahaaha iya deh kuda, eh Rindaaaaaaaaa :-D

    **asyik ada yang membenarkan tindakanku untuk nggak mau pake lacamata hueheh**

    BalasHapus
  24. **gubrax**

    Ai' gitu deh ahhh.... **wajah benjut karena jatoh dari kursi sehingga memang wajar kalo sekarang Ai' jadi nggak ngenalin aku beneran**

    BalasHapus
  25. hahahahah sama ya kita!
    duh rasanya puaaaasssssss deh liat wajah tak berkutik adikku gitu ya mbak Ir.. :-D
    heheheh

    BalasHapus
  26. siapa yang mirip bu jumroh??? **asli bingung pol**

    mbak sisil??
    **jongkrok menunggu sambitan ayam koya dari mbak sisil**

    BalasHapus
  27. Di Jakarta, kamu kayak Dian..

    (eh, si Mumut itu ngira kalu Dian kan?)


    JB, kamu mirip banget deh ama Emi.... *santai ngemil nastar 1 kaleng*
    (bukan Emi yang mirip kamuuuu, pasti keseeell deeeh)

    BalasHapus
  28. Agung Dyatmika Eka Nugraha28 September 2008 pukul 19.20

    Mestinya, gampang mbedainnya....... kalo sama-sama meringis yang giginya ada yang nongol berarti kamu........

    Kalo aku mirip ama adik sepupuku Aditya/Adet... (bs kau lihat kau bandingkan di fs-ku ada picnya pake kopiah), yang membedakan cuman warna kulit... (aku lebih hitaman)......

    Sering banget eyang kita (tepatnya eyangnya Palapa) salah, dan sudah nggak terhitung Saudara-saudara kita yang jarang ketemu ngebedain yang mana Aden yang mana Adet....... Malahan ID kita sering tuker, terutama SIM kalo salah satu sudah expired, sering kita tukeran.....
    Belakangan ini yang sering salah malah anak-anak kita, yang paling sering Raka anaknya Adikku, aku dikirain ayahnya.....
    Untungnya istri kita belum pernah salah....... yang pernah salah mertuanya.... waktu dua hari sblm dia merit kan nggak boleh ketemuan, aku disuruh nganter perlengkapan pernikahan, ditannya sama mertua lakinya "Lho kok Mas Adet bawa sendiri perlengkapannya", terus adiknya jg nyeletuk "iya neh Mas Adet mestinya nggak boleh ke sini dulu" aku diam aja, baru setelah calon istrinya tahu aku yang datang dia jelasin ke keluarganya kalo aku bukan Adet tapi Aden.......

    BalasHapus
  29. menurut aku sih kalian berdua beda..., bentuk dagunya aja udah beda....tapiiiii.....semua sama2 maniiiissss.....ayuuuuuuu.....:)


    *salah ngombe obat be'e aku dino iki, kok sampek ngelem2 si Wahid*.....

    BalasHapus
  30. ah, si Uwa ternyata jago milih istri! :)

    BalasHapus
  31. tampang sih g mirip banget, tp mungkin postur dan pembawaan kali ya mbak. gpp deh jadi kompak yah ma ipar

    BalasHapus
  32. nggak kesel tuh
    kan memang mirip???

    aku mirip Emi <=== cerianya
    aku mirip Mbak Dian <=== baiknya
    aku mirip Kak Mia <=== pinternya
    aku mirip Rima <=== lucunya
    aku bahkan mirip Mbak Maya <=== tengilnya

    ya kan? ya kan?? **nada bangga** hahahaha

    BalasHapus
  33. hahahahaahahahah trik yang bagussss!! **angkat jempol**

    BalasHapus
  34. **tepok jidat**
    oalah makne....bahkan nama panggilan kalian pun mirip begituu??? kacau heuheuheue

    iya! untung istri2 pada gak salah, bisa berabe banget ituuuuuu
    aku jadi penasaran, ntar aku lihat si Adet ah di FS mu :-)

    BalasHapus
  35. FINALLY!!
    you're under the RIGHT medication right now!!
    don't ever switch back, okay???? ;-D

    BalasHapus
  36. hihihi kalo aku (dan temen2ku) yang bilang, jelas itu bukannya pujian buat dia :-D

    BalasHapus
  37. iya mungkin itu kali ya mbak,
    tadi ada yang komen mungkin karena body language nya mirip heuheuhe

    BalasHapus
  38. sampein ke Uwa ya: "beneran kok Uwa, jago bin gape banget dah pokoke...!"
    :)

    BalasHapus
  39. hehehehe, fans berat kakaknya banget ya :D

    kalo di keluargaku lebih aneh lagi, mbakku lebih mirip suaminya daripada aku dan abangku (sodaranya sendiri), secuil ga mirip euyyyyyyyyyy :D

    itu katanya jodoh, tapi masak tega banget, sih aku dibilang kakaknya mbakku, gara2 lebih tinggi, padahal, jarak aku sama dia 5 tahun :( setua itukah akuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  40. hihi iyah ntar aku suruh dia baca postingan ini :-D

    BalasHapus
  41. waaaaa ternyata di keluarga nopi banyak kesalahpahaman juga ya?? hahahah sabar sabar... :-D

    BalasHapus
  42. hihihihi iyo yo Da, padahal yo gak mirip2 banget loh...
    ah tapi yo memang bisa aja kok yo...lha wong di Riyadh biyen, banyak org ga percaya kalo aku dan Wida itu bukan kakak adik Mungkin krn sering ketemu ya, jadi nyangkanya
    'hanya' kakak adik...krn beberapa kenalan baru juga ada yg pernah 'salah paham' juga kayak si temennya Uti :D

    BalasHapus
  43. ho'ooh, aku jadi mikir mbak....pancen praupanmu mirip mirip karo wida hahahaha
    opo maneh lek wong loro ternyata podo njegigise, wis gak heran aku lek banyak yang menyangka kalian kakak adik hihihihi

    BalasHapus