Rabu, 27 Agustus 2008

CaMbok 1 : Lombok Yang Siap Menggeliat


di Lombok, jus nanas bertebaran di mana mana dan kabarnya sangat digemari wisatawan

CaMbok = Catatan Lombok :-D
Kami berangkat ke Lombok pas di tanggal cantik lho, 20-08-2008.

Menghirup kembali keindahan Pulau Lombok, membuatku sekali lagi tak habis pikir. Selama ini banyak sekali orang Indonesia yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan mereka untuk melancong ke luar negeri. Padahal kalau memang tujuannya menikmati alam, Nusantara kita begini indahnya, tak terkira bahkan berjuta wisatawan dari luar negeri pun berbondong untuk menikmati indahnya alam Nusantara Indonesia kita tercinta. Dan ini masih sebatas Lombok, belum tempat-tempat seantero dari Sabang sampai Merauke.

Khusus Mas Iwan ini sudah kunjungan yang kesekian (kebanyakan dia pergi berdua Mas Rendra “penjaga gawang” kantornya yang juga sahabatnya sejak SMA). Karena memang ada rencana untuk membuka usaha disini, maka yang menarik perhatiannya tentu saja bukan hanya indahnya alam Lombok. Dia juga harus mengenal lebih dalam masyarakat Lombok. Karena itu kesempatan sekecil apapun tak dia sia-siakan untuk mendapat info bagaimana denyut nadi kehidupan di Pulau Cicak ini. Menunggu di bandara, didalam taksi, di hotel, di pantai, di tempat makan semua dimanfaatkan untuk mengobrol dengan penduduk Lombok, dari petugas bandara, sopir taksi, satpam hotel, penjual souvenir asongan, tukang bakar di restoran seafood, guide yang baru kenal, pokoknya tak dibiarkan satu kesmepatanpun terlewatkan. Aku tentu merasa senang, karena dari mereka, tak jarang muncul cerita-cerita yang unik dan sangat menarik tentang Lombok.

Pulau Lombok sekarang-sekarang ini memang tampaknya sedang bersiap untuk menggeliat dan merentangkan lebar-lebar segenap keindahannya...


BANDARA UDARA INTERNASIONAL

“Kenapa Lombok tidak bisa seramai Bali? Padahal soal keindahan alam, sama sekali tidak kalah?”

Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan Mas Iwan ke banyak orang. Jawabannya beragam, antara lain karena isu kurang aman yang dihembuskan beberapa kalangan. Kabarnya di Lombok rawan pencurian (lucunya, orang Lombok mencurigai orang-orang Bali yang menyebarkan isu ini karena takut tersaingi, aku sih ya nggak tahu pastinya gimana) atau karena masalah infrastruktur yang belum cukup memadai (contohnya, listrik disana sering banget padam lho, yang ini aku alami sendiri bahkan di hotel berbintang 5 sekalipun, hampir tiap hari mati lampu walaupun cuma sebentar), tetapi kebanyakan mengerucut kepada satu hal ini. Lombok tidak bisa seramai Bali karena Lombok sekarang ini hanya memiliki satu bandara yang itupun hanya melayani rute domestik yaitu Bandara Selaparang di Mataram. Ini membuat kebanyakan wisatawan mancanegara lebih memilih Bali.

Tapi hal ini tak akan lama. Sekarang ini sudah dibangung sebuah Bandara Internasional yang kabarnya akan menjadi terbesar ke-2 di Indonesia setelah Soekarno-Hatta di Jakarta. Usut punya usut, dari Bang Imping (guide sebuah tour service yang tidak sengaja kita kenal disana, orangnya sangat informatif sekali!) kami mendapat informasi bahwa bandara ini merupakan salah satu deal kerjasama pemerintah Lombok dengan seorang investor dari Uni Emirat Arab. Inverstor itu, adalah orang yang sama yang membangun Burj’ Al Arab Dubai, yang sekarang menjadi satu-satunya hotel bintang 7 didunia. Dan kenapa dia mau membantu pemerintah dalam membangun bandara ini?? Ternyata, tak lain karena dia berniat untuk membangun sebuah Hotel Bintang 7 di Lombok! Bahkan peletakan batu pertama hotelnya sudah dijadwalkan pertengahan 2009 nanti, ketika bandara internasionalnya resmi dibuka. Wow! Kemarin kami sempat lewat daerah tempat bandara akan dibangun, seluas 12.000 hektar di daerah Tanak Awu, Kabupaten Lombok Selatan, aktivitas pembangunan memang kami lihat sudah dimulai. Ini tentu hal yang sangat bagus untuk Lombok!



TAK SEBATAS SENGGIGI

Selama ini, kalau orang pergi ke Lombok, yang paling terkenal menjadi jujugan tentu saja daerah Senggigi. Daerah yang berada di Lombok Barat ini memang dekat dengan Mataram (hanya sekitar 30 menit perjalanan darat). Pantainya bagus. Dan yang lebih penting lagi, fasilitas dan infrastruktur sudah banyak, terutama hotel dan restoran. Berbagai macam bentuk penginapan sudah banyak berjajar di sepanjang Pantai Senggigi. Dari hotel yang menawarkan kamar beraneka suasana sampai villa dan cottage yang bernuansa tradisional Lombok (duh, cuci mata banget deh melihat bangunan-bangunan beratap sirap itu).

Di Senggigi, tempat yang tidak dibangun hotel, pastilah dibangun restoran dan tempat hiburan. Dari restoran seafood seaside (pinggir pantai) sampai bar-bar banyak bertebaran di Senggigi. Jangan heran kalau pada malam hari, terutama di seputar Jl. Raya Senggigi, banyak bule berseliweran di jalanan yang dipenuhi lampu hiasan maupun sign. Sepertinya di daerah ini, wisatawan asing (terutama dari Eropa dan Amerika) bisa mendapatkan pola wisata yang mereka inginkan. Pagi-siang-sore bermain, berenang, snorkling, dan berjemur di pantai (mencoklatkan kulit mati2an sementara yang orang Indonesia pada memutihkan kulit mati2an), sedangkan malam hari biasanya terpecah. Yang datang dengan keluarga (membawa anak-anak) umumnya mereka lebih memilih restoran atau di hotel saja (pihak hotel biasanya mengadakan event2 atau sekedar banquet dan buffet setiap malamnya). Yang datang tanpa anak-anak, biasanya lebih memilih cafe atau bar yang menyediakan live music dan minuman (beralkohol tentunya) dan buka sampai dini hari. Senggigi juga menyediakan banyak supermarket, toko dan warung (buat ibu2 tentu ini handy banget, misalnya sekedar beli air minum), ATM, warnet dan sebagainya. Intinya, semuanya ada di Senggigi.

Mungkin bagi yang pernah pergi ke Bali, Senggigi ini semacam Kuta-nya Lombok. Hingar bingar.

Bagi Mas Iwan (dan aku juga tentunya), justru bukan suasana ini yang kami cari. Mas Iwan memang jatuh cinta dengan kegiatan snorkling, apalagi di Lombok yang kabarnya terumbu karang dan kehidupan bawah pantainya paling indah di Indonesia. Tapi kami lebih terpesona lagi dengan Lombok justru ketika kami berada di pantai yang tenang dan sepi, atau ditengah pulau-pulau kecil yang bertebaran di sekitar Pulau Lombok. Kami sempat menginap di tempat-tempat ini, dan memang ketika malam hari, yang bisa kami dengar hanyalah suara jangkrik dan desau angin pantai. Damai sekali.

Dan kami sementara ini hanya sempat mengunjungi Lombok Barat dan Selatan lho!. Belum lagi alam di Lombok Utara (pegunungan Rinjani) atau Lombok Tengah yang kabarnya bertebaran air terjun indah. Atau Lombok Timur yang penduduk mayoritas muslimnya sangat unik, juga kabar bahwa disana banyak sekali dibangun masjid-masjid yang megah, bagus-bagus, bahkan beberapa sangat fantastis!

Itulah kenapa dalam hati, kabar dibangunnya airport dan hotel yang bintang 7 tadi itu, sempat menjadi dilema. Di satu sisi, ini akan sangat bagus karena pasti akan banyak investor menyusul ke Lombok. Bang Imping (the guide) malah mengatakan bahwa memang rencananya, Lombok 5 tahun ke depan akan bisa disejajarkan dengan Bali (dalam hal pariwisata tentunya). Lalu di sisi lain, kami jadi bertanya-tanya, akankah semua tempat akan menjadi seperti Senggigi?? Ah, apapun itu semoga akan masih banyak potensi alam Lombok yang dibiarkan alami. Aku nggak ingin Lombok kehilangan kedamaiannya karena ini yang membuat kami jatuh cinta...

Bersambung...

(Foto-foto dibawah, waktu kami masih ada di Senggigi)

218 komentar:

  1. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"27 Agustus 2008 pukul 05.45

    Uhuiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  2. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"27 Agustus 2008 pukul 05.46

    maooooooooooooooooooo

    BalasHapus
  3. huehuehehuuhe hus! :-b

    BalasHapus
  4. bungkuuuuusssssssssss :-D

    BalasHapus

  5. Bayanganku itu lampu kesenggol, aja

    BalasHapus

  6. Waduh, Rek...endang keliatannya

    BalasHapus

  7. Waduh, Rek...endang keliatannya

    BalasHapus

  8. Trus mas Iwan makan apa?
    Ikannya juga istrinya yang ngabisin kannnnn

    BalasHapus
  9. Semoga usaha anda akan sukses.
    Bila sudah, tolong kasi tau.
    Insya Allah kami akan datang!

    BalasHapus

  10. Hiiiiyyy...sate cumi bisa mbuat mata merah ya

    BalasHapus
  11. hai Tin, udah balik jakarta ya?? duh si eneng itu dengann rambut baru jadi headshot :-D

    lampu?? hihih iya beberapa kali hampiiirrrrrrrrrrrrr!!!!!! **kamu tau aja, peernah kejadian ama Pak Bas ya?? heuhe**

    BalasHapus
  12. nggak ngerti wong aku nggak ikut makan hihihi

    **nang jowo wis kebanyakan makan ikan bakar, nang lombok mosok ikan bakar manehhhhh?????**

    BalasHapus
  13. huahuahuahuhauha aku tau maksudmu!! dudul!

    ya makan ini, ikan bakarnya ini emang pesenan mas Iwan kok **nyebek**

    BalasHapus
  14. amiinn terimakasih doanya :-)
    loh, nggak usah nunggu Pak Mar! sekarang saja datang ke Lombok
    ajak Ibu dan cucu-cucu, pasti serruuuuu
    bumbu2 masakan orang Sasak mantabbbb semuaaaaaaaa

    **ngomporin** :-D

    BalasHapus
  15. iya, apalagi kalo tusuknya docolokin ke mata!

    BalasHapus
  16. aduh mbak wahida, bikin orang ngiler aja nih!!!!

    BalasHapus
  17. keren lho.
    cieeeeee :D

    BalasHapus
  18. segeeeeeeerrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  19. wow
    itu piringnya gede bangets

    BalasHapus
  20. *ikutan menyot mukanya pas liat pic ini*

    BalasHapus
  21. ya iyalaaaaahhh...
    gak mungkin bekgronnya saljuuu... *ngeloyor*

    BalasHapus
  22. hai mas...

    'tas'-nya manaaaa???

    BalasHapus
  23. enak loohhhhhh.... *nyeruput sampe habis*

    BalasHapus
  24. kaki dibawah meja ikutan saling mengait padahal gak difoto...

    BalasHapus
  25. ya jangan di upload semua doonnggg....

    pliiss?/ pliissss??
    jangan yaaaaaa....
    jangan sampe saya trauma membuka postingan ini....

    BalasHapus
  26. plecing kangkuunnggggggg........

    BalasHapus
  27. ndeso...

    trus kamu makan nasi ama kecap tok?

    BalasHapus
  28. *menatap nafsu*

    BalasHapus
  29. itu lagi makan apa lagi ambil selilitan (apa nih artinya? Itu lohh, yang nyelip) di gigi??

    BalasHapus
  30. kok iso yo mbk...iki jenengan sing motret ta???...

    BalasHapus
  31. wwweeeiiittsss....methingkrang nih yeeee....

    BalasHapus
  32. maoooooooo....sslluuurrppppppppp

    BalasHapus
  33. keren nih potonya mbak....:-) asik nih berduaan aja atau anak2 ikut juga?

    BalasHapus
  34. mati lampu ta buk, kok pake lilin...hihihiih malah tadinya tak kiro kui lampu oblek...hahhaha

    BalasHapus
  35. maoooooooooooooo.......gleg gleg...*nelen ludah*

    BalasHapus
  36. ojo ngonoooo....gak mesak'e awakku ta....disini gak pernah makan ikan bakar....hiks hiks...

    BalasHapus
  37. kene nek gak doyan tak pek'e wis.....hahahahhahahahaha

    BalasHapus
  38. makan ya makan aja buk, gaya bgt pk liat kamera, awas ntr kecucuk irunge....hahahhaha mlayu aaaaahhhhhhhhh

    btw semalam aku mimpi ketemu mbk wahida lho, aku dolan ke Sepanjang...hehehhe mdh2an jd kenyataan ya mbak...wis ndak sabar pgn mulih ngetan...:-)))

    BalasHapus
  39. suiiiiwwwwiiwww ...

    BalasHapus
  40. ngantuk ya Mbak nunggu makanan? sampe teler gitu ...

    BalasHapus
  41. tampak tidak berselera tampangnya ... sini aku yang abisin ..

    BalasHapus
  42. uuyeeeaaaah, yummmiiiii ...

    BalasHapus
  43. hohoho... baru denger saya kalau yang "dituduh" menebar isu tuh orang bali :))

    BalasHapus
  44. suit suittttttttttttt.... apik je :D

    BalasHapus
  45. heuheuhe bolehlah modelnya :))

    BalasHapus
  46. ya ya ya... selamat makan :D

    BalasHapus
  47. wah enaknyaaaaa

    BalasHapus
  48. slurppppp eh salah.... hahaha marakne ngelih ae kie..... jadi pengen beli sate

    BalasHapus
  49. hahahaha.... ngak ku ku deh :))

    BalasHapus
  50. aku pas kebali juga paling suka sama ini meski selesai maem harus minum obat anti alergi..........

    BalasHapus
  51. mbaakk ikutan dong ke lombok ;)) aku belum pernah lho.. kayanya indah banget alamnya

    BalasHapus
  52. mudik kemarin mau kelombok, tapi karena satu dan lain hal ngak jadi..next mudik mau ah mbak..itu makanan banyak bener :p

    BalasHapus
  53. wow mbak...makanannya bikin ngilerr...

    BalasHapus
  54. wah kalo liat gini gak ngajak anak2 pasti nyesel.....iyo kan????

    BalasHapus
  55. sate cumi yang dilayar juga mantabbb..........

    BalasHapus
  56. kok isa kayak gini yak apa carae...??

    BalasHapus
  57. kaki'e bok methingkrang po'o....dirubung semut kapok lu.....

    BalasHapus
  58. lhoo...gaya kayak mas Iwan gini lak manis, seh...??

    BalasHapus
  59. yo gak nyesel lah Sil..., wong iki dalam rangka gawe anak maneh kok..., yak apa seh lu itu....

    BalasHapus
  60. huuu...juuss nanas kesukaankuuu....

    BalasHapus
  61. wis ayu2 gini bok grobyakan lho yaa....

    BalasHapus
  62. iki kebelet e*g tah Da....??

    BalasHapus
  63. wong wis dipakani enak ngono, praenmu kok sek susah toh Da...????

    BalasHapus
  64. lha terus sopo sing mangan Da....???

    BalasHapus
  65. wiiiii...sate cumi dan kerang ijo....????

    BalasHapus
  66. huh kerang ijo memang uenaaaakkkkk......

    BalasHapus
  67. wiis Da, ndang mangan ojok kakean eksyen tok ae.....cumimu selak alot.....:)))

    BalasHapus
  68. Wahid quote :
    "yang bisa kami dengar hanyalah suara jangkrik dan desau angin pantai...daaann desaaauuu kami berduuaaahh.....aaahhh indahnyaaaa"


    whaaatttt!!! suiiittt....suiiitttt....sensooorrrrr....tutup kordeeennnn.....:)))))p

    BalasHapus
  69. aduh senenge sudah berhasil bikin mbak Dina ngiler dan ngisi komen heuheuhe

    **malah njarag**

    BalasHapus
  70. seeeeepppppp **bergaya keren tapi jadinya maksa banget**

    :-D

    BalasHapus
  71. mak gelendeeeeerrrrrr :-D

    BalasHapus
  72. gedeee dan beraaaaatttt soalnya dari gerabah :-D

    BalasHapus
  73. memang aslinya nggak mbak?? :-b

    **menghindar timpukan pesawat dari mbak maya**

    BalasHapus
  74. gariiiiiiinngggggggggg!!!!!!!!!

    **pesawat yang tadi, tak sambit balik ke kamu**

    BalasHapus
  75. hwuhauhauauhauhu baru sadar, itu kan baju yang sama yang dipake di pameran?? huahahauhhau

    **tasnya masih di laundry, soalnya kelamaan dikempitnya, bau**

    BalasHapus
  76. lho lho mbak mbak iku dudu punyaku!!
    itu punya bule yang lagi renang itu lhooo
    hayookkkkk.......nesu mboh lho wong e......

    **sambil nyembunyiin jus ku kebawah meja**

    BalasHapus
  77. imajinasine!!

    jatoh lakan kalo pake kaki dikait2in dibawah meja! dudul =))

    BalasHapus
  78. **langsung nyiapin foto2 selanjutnya untuk di upload**

    babah, wong selama ini juga ngakune wis trauma mrene, tapi yo buktine mbolak mbalik ae......sampe aku sing trauma lek ono komentar teko dheke **ngedumel**

    BalasHapus
  79. sambel e mantaaaaaabbbbbbbbbbb mbaaaaaakkkkkk

    **mendesis2 kepedesan sampe bibir jontor**

    BalasHapus
  80. karo krupuk!
    wakakakakakak

    BalasHapus
  81. iya, nikmatilah....karena yang bisa kau lakukan hanya itu....menatap!!

    **pamer bibir njontor kepedesen**

    BalasHapus
  82. hus selilitan itu nama stasiun di jakarta makne......

    iku aku lagi mau nyopot gigi palsuku, carane diongkek pake tusuk sate

    BalasHapus
  83. iyo mbak, begitu turun pesawat.....embuh piye kok iso ngono huehuehuehu

    BalasHapus
  84. kliatan ya kalo methingkrang?? hahaahha **baru sadar**

    hobiku tuh mbak, saiki reply komen yo sambil methingkrang kie hihihi

    BalasHapus
  85. sak sruput2 ae yo, koyoke kok akeh sing pengen nang kene heheeheh

    BalasHapus
  86. anak2 gak ikut, kan hari sekolah mbak
    asik mana sama yang surfing berdua kemarin hayooooooo **alok**

    BalasHapus
  87. iyo iku memang ublik mbak!! tapi ublik gede huehehuhue
    namanya juga seaside dinner, ya gak pake lampu banyak2 mbak....tapi angin e was wes was wes teko laut sebelah :-D

    BalasHapus
  88. awas kibor jangan ikut ketelen huehuheu

    BalasHapus
  89. mosok siyy??? kukira selama ini, disitu ada juga ikan bakar, cuman dengan bumbu yang beda dengan di indonesia.......

    yo wis lek ngono, iki buatmu ae mbak :-D

    BalasHapus
  90. iku pesenane istrinya wooooiiiiiiii!!

    **buru2 sembunyiin piring sate cumi ke belakang punggung**

    BalasHapus
  91. nggaklah mbak.......
    paling sing kecucuk mripatku **halah**
    heuheueueuh

    aaaahhhhhh dalam mimpimu kita makan ikan bakar bareng kahhh???? semoga itu bener2 jadi kenyataannn **aminn** :-)

    BalasHapus
  92. suitanmu kayaknya nggobos deh Rim...kurang pas posisi bibirmu...liat aja, bukannya "swiitt" tapi malah "swiiiwww"

    piye tho???

    BalasHapus
  93. iyo, lama banget padahal wes keluwen......
    lah pikire sing mbakar : aku lama2in ah, mereka berdua biar asyik ngobrool dulu yang mesraa
    adooohhhhhhhhhhh wis menikah 12 taon mana bisa mesra2an kalo laper giniiiiiiii???????????

    BalasHapus
  94. Rima kalo udah liat makanan, orang afrika kelaparan aja dimatanya pasti nggak berselera!!
    dasar dudul!

    BalasHapus
  95. nggak kebayang kalo Rima ikut kita malam itu kesitu....

    **kita berdua pasti pulang dengan perut kosong**

    BalasHapus
  96. iya! aku juga baru denger...
    tau nggak bli, yang bilang gitu nggak cuma satu dua orang Lombok, tapi banyak!
    dan rata2 dengan wajah emosional gitu ngomongnya!
    oalah piye thooo...??

    **berarti sebagai orang Bali, bli Gde ikut tertuduh tuh!! kapookk!! wakakakakak**

    BalasHapus
  97. pas apik ae...
    sing goyang, gak fokus, lighting dudul atau wajah model penyok ya banyaaaakkkkkkk
    wekekekekk

    BalasHapus
  98. yahh....bolehlah kalo untuk model iklan minyak tanah buat lampu ublik
    **iklan layanan masyarakat, yang standart modelnya makin udik makin laris ituuuu**

    huehuehhehue

    BalasHapus
  99. selamat komentaaaaarrrrrrr :-D

    BalasHapus
  100. ini ala jimbaran bli.......??
    jadi inget seseorang yang pernah diajak makan disana kan?? ehm ehmm...*uhuk uhuk**

    BalasHapus
  101. aku liat komenmu, juga jadi pengen beli otak2 :-(

    BalasHapus
  102. pancen....jian ndeso tenan **menghela napas**

    BalasHapus
  103. hahaahaha sampe semono lek mbelani tho mbak???
    pabrik obat alergi pasti mau memasok kerang bakar kerumahmu tiap hari...biar obate lariissss **hahaha**

    BalasHapus
  104. ayookk Melll...kemarin disana aku juga sempat liat seorang bule hamil besar, dan masih snorkling lhooo!! aku sampe melongo-longo liatnya...

    BalasHapus
  105. iya Na, coba direncanakan kesana, nggak bakalan nyesel deh...
    ajak2 aku yaaaaaaaa?? ntar tak tunjukin tempat2 makan yang enak, aku jadi guidenya pokoke**

    **gayanyaaaaaa........baru aja 2 kali ke Lombok sudah kaya penduduk asli aja gayane huheuheuue**

    BalasHapus
  106. sedep Mbak Dwi...seafood nya itu lhooo nyam nyam hehehe

    BalasHapus
  107. ho'oh banget...... **lemes**

    BalasHapus
  108. dilayar?? maksudnya layar apa? layar tipi? atau misbar??

    BalasHapus
  109. aku dewe yo gak ngerti Cik!
    jenenge ae kebetulan, ketepakan.... :-D

    BalasHapus
  110. oalah cik...lek dongakno yo ojok kejem kejem poo... **buru2 turunin kaki**

    BalasHapus
  111. oooo jadi semut sing ngrubung aku mau iku, bukan karena kakiku yang methingkrang, tapi mau ngrubung mas iwan......

    **buru2 methingkrangno kaki' maneh**

    BalasHapus
  112. sok teuuuuuuuuuuuu **melet**

    BalasHapus
  113. cik cik, nang atom mosok onok jus nanas?? :-b

    BalasHapus
  114. aku lho gak tau grobakan...kliru sampeyan...

    **lek ayu, pancen iyoooo**

    BalasHapus
  115. keluwen mbak....... :-(

    BalasHapus
  116. wakakakakak apa boleh buat.......
    praupuan iki ngono gawan bayekkkkkk reeeeeeekkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  117. yo mas iwan

    aku pesen sate cumi mbak, trus si kerang dimakan berdua hehehueu **eh bertiga seh sama kucing yang tiba2 lewat**

    BalasHapus
  118. sate cumi iya......
    kerang ijo?? embuh....yang pasti bukan kolor ijo

    BalasHapus
  119. ooo namanya kerang ijo??? **melongo baru tau**
    tapi iyooo pancen huenaaaaakkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  120. sik to mbak poto dhilut aeee

    **saiki eksyen sama ikan bakar**

    BalasHapus
  121. wakakakak kok ditambah2in?? dudul kie...

    **panik cepet2 tutup korden kalo gitu**

    BalasHapus
  122. Dalam sejarah fotografi aku belum tau ini tehnik apa kok iso aku nganti melu miring miring gak karuan, nonton foto ini hahahahahaha

    BalasHapus
  123. ADA GAK JUS LOMBOK BELIS?

    BalasHapus
  124. KALAU ADA JUS LOMBOK DIJAMIN NENDANG

    BalasHapus
  125. JUS "NANAS" APA DINGIN?

    BalasHapus
  126. Kalau kurang gede pakai nampan

    BalasHapus
  127. waaahhhh ini rekkkkkkk

    BalasHapus
  128. Rumah Makan Layar Villa Bukit Mas...................mantab juga ..........

    BalasHapus
  129. tacik e wis datengggggg................!!!!!

    BalasHapus
  130. *ngintip*........................ealah ....tibak e dolanan kartu....Mit...!!!!.........

    BalasHapus
  131. keliruuuu....dulinan neker tibak'e.....!!!

    BalasHapus
  132. haahahahahahahahah asyiikk kapan maneh aku iso nggawe kepala mas wok miring2 hihihi

    **bangga tak keruan punya karya langka**

    BalasHapus
  133. mesti sing digoleki sing aneh aneh!!

    **mencuring**

    BalasHapus
  134. ombe en dewe ae mas, suwun...... :-b

    BalasHapus
  135. ya itulah, anehh.......katanya jus nanas, tapi kok dingin yooo??? :-D

    BalasHapus
  136. iyo koyo makan nasi bukhari ngono yoo?? heuheuheu

    BalasHapus
  137. ya innnii!!!

    :-D

    BalasHapus
  138. mosokkk?? ahhh kapan2 kesana aaaaahhhhhhh suwun infonya

    BalasHapus
  139. beberno klosone mbak...... **wong iku ngono tacik gadungan kok, jarno ae diglebahne nang kloso**

    urusan YM-mu mambengi piye? beres??

    BalasHapus
  140. kartu ATM, soale gak kanggo nang kene terpencil gak ono ATM hahahha

    BalasHapus
  141. nang pantai mana ada nekerrrrrr??????
    onoke kerang mbak!

    **dudul kabeh**

    BalasHapus
  142. lhoooo....neker-nya sapa dolooooooo.......

    *joging ke Lombok*

    BalasHapus
  143. molaaaaaeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    **nggak terpancing... apalagi setelah melihat ada orang konyol jogging kok dari seattle ke lombok**

    BalasHapus
  144. apa'o ciiiik kaki'e ada atas....?
    ntik lu di gegeri manager hotel kapok lu...

    BalasHapus
  145. jus nanas...? bukannya kunir asem?

    BalasHapus
  146. kalo liat wajahnya sih nunggu diusir deh...

    BalasHapus
  147. maksudnya anoreksia...?

    BalasHapus
  148. sik..sik..yang dipake bojomu itu gelang apa tattoo?

    BalasHapus
  149. huhahaaaa...thuuuu kan....bilangi ndak percaya....mba Ag juga fasih bahasa meme2....*wis suwe gak nemu kata digegeri*....:)))

    BalasHapus
  150. kalau jus lombok? pasti lebih nendang

    BalasHapus
  151. gua cina Mit... tapi gua ndak punya toko....kayak temene gua sing kwoie-kwoie
    temen gua saiki banyak sing wana....podho ndak punya tokoe....
    sing banyak ya sing wana mentingkrang gini...

    hihihihi.....jadi kangen sama temen2 cinakuuuu....

    BalasHapus
  152. dirimu sekarang kayak lucky ya...? persis lo... rambutnya, dandanannya....

    BalasHapus
  153. *miringin kepala*

    BalasHapus
  154. banyak yg pake bikini gak?

    BalasHapus
  155. Kalo lilinnya ditiup......bisa ngilang gak??

    *de ja vu.....itu film apa ya?*

    hihihi

    BalasHapus
  156. Minta dooong *sambil bawa piring sendiri*

    BalasHapus
  157. enak kelihatannya...*ngeces*

    BalasHapus
  158. ya ampuuun, itu kaki kemana-mana....!

    *tapi lebih ampun lagi yang ngga' pake baju di belakang sana!*

    BalasHapus
  159. ngecesssss.....

    BalasHapus
  160. wajah lapar

    BalasHapus
  161. porsi ganas ya?

    BalasHapus
  162. mak celeguk!

    BalasHapus
  163. wakakakkakak iki maneh korban pasar atum!!
    pancen username ku cikicikicik mbak! tapi aku emoh melu2!!!

    **waktu kecil sudah kenyang dikiran nonik2 hiksss**

    BalasHapus
  164. **ngakak tambah hebat**
    wessss lek wong tuwo sing dingerteni pancen mung jamuuuuuuuuu

    iki painepel jus bunda.....PA...I...NE...PEL... ngono lho lek coro buleeeeeee

    BalasHapus
  165. goro2 nyenggol lampu ublik nggarai kebakaran???

    BalasHapus
  166. iyo tak pikir2 Rima iku pengidap anoreksia **iki hari kuwalik thoo???**

    BalasHapus
  167. jarene matanya sudah plus semua, tapi kok sik isok namatne barang cikil yooo?? orang lain liat makanannya, kok bunda yang dilihat yang itu?? hueuheehu

    itu gelang tasbih, bun......dia selalu pakai kemanapun pergi :-D

    BalasHapus
  168. nyempluuukkkkkk

    BalasHapus
  169. **ngujo ambegan**

    kapan iku sampeyan tak rasani mbak (lali aku karo sopo, lek gak mbak shiel yo mbak maya)
    Mbak Mita ki jan wes kesuwen gumbul karo bule, sekalinya ketemu wong sing isok dijak suroboyoan,
    parsis burung yang dibebaskan dari sangkar dalam waktu yang lammaaaaaaaaaaaaaa......

    LIAAAAAAARRRRRRRR!!!!!!!!! huwhauhwuhauhauhwuuahw

    BalasHapus
  170. adooh mas wok...dari tadi tendang2an terus heuheuheu

    BalasHapus
  171. hoalah rekkk reekk....wong loro iki....

    ayookkkk gek tak ajak nang pasar atuuuum maneeeehhhhh???? ben tersalurkan bakat kalian ini!! hahaahh

    BalasHapus
  172. wakakakakak **mbak sisil mesti wis ngomong 'moto tuwek'**

    BalasHapus
  173. kaya dunia miring di Ancol ya mbak??? hihihi

    BalasHapus
  174. nggak banyak sih mbak......

    tapi SEMUA!!
    aku thok sing nggak pake hwuhauhauhauhau

    BalasHapus
  175. film apa ya?? **bingung juga**

    sik2, aktor e sopo?? rhoma irama?? satria bergitar mungkin...??

    BalasHapus
  176. **kaget liat piringnya mbak Irma**

    itu sih namanya gentong mbak....duhhh minta kok nggak kira-kira **ngedumel sambil masuk2in pasri pantai ke baskom yang dibawa Mbak irma**

    BalasHapus
  177. kalo dilihat memang enak..
    kalo dimakan.......hueeennnnaaaaaaaaakkkkkkkkkk :-D

    **sekali lagi, padahal aku nggak makan ini hihihi**

    BalasHapus
  178. huahuahauuahhauha

    padahal waktu ngomentarin kakiku, matamu sudah mengarah ke sana kann??? dasarrr!!! :-b

    BalasHapus
  179. seger banget Rik....apalagi pas udara panas gini....

    **tadi siang di supermarket, jadi beli lagi deh jus nanas, padahal nggak biasa2nya beli itu hihihi**

    BalasHapus
  180. ho'oh suwe banget mbakare seafood...... :-D

    BalasHapus
  181. nggak juga kok, kalo porsi kecil itu lho kita bisa jadi ganas **karena kekurangan makan**

    hihihii

    BalasHapus
  182. **ngasih lap tisu ke Arik**

    sudah ya, kedudukan kita sekarang seri (ingat postinganmu gulai ikan dulu itu)

    BalasHapus
  183. mleyot sih.. tapi kalau ketemu kamu aja..
    stress soale ngadepin kamu....

    BalasHapus
  184. Tak pikir keteknya yang di laundry...
    Langsung di sumber baunyaa!!

    BalasHapus
  185. sengaja, biar kenalan...



    HI, DO I KNOW YOU??

    *blink*

    BalasHapus
  186. Ternyata kita saling trauma yaa...

    *pake kacamata item, skip postingan ini, lanjut ke halaman berikut*

    BalasHapus
  187. weleh.. mas iwan ketok ngganteng yooo hueuheuhhuehueuhuhe

    BalasHapus
  188. wis.. sungguh romantis mbak dan mas yg satu ini uheuhuheee.... pasangan yg serasi...
    semoga romantis selamanya.... amiennnn....

    BalasHapus
  189. wah postingan foto mbak wahidah sangat menggugah selara makan hehuehehuue tooobbbbbzzzz

    BalasHapus
  190. hwahahahahahhahaha.......hadooohh......ngakak sampek kepuyuh temenan moco sing iki !!!
    podo ce, aku dulu ya kwoie kok, polehe koncoku sma ngomong gini kabeh, jadine aku ya kayak gini ini, tapi nek pas gumbul ambek wana....ya sing onok cekikikan ae nek denger ada sing ngomong kaya gini....kekekekekk......

    BalasHapus
  191. bok kakean ngomongi orang lho ya, ndak baek, ntik isak kobong lambe'e....

    BalasHapus
  192. buat aku tasbih juga etnik banget. aku sukaaaa....aku juga punya, tapi cuma berani aku pake kalo ngaji aja

    mataku jadi normal kalo liat barang bagus(menurutku) dan fulus....

    BalasHapus
  193. dudu nyempluke... tapi gragase....

    BalasHapus
  194. *terima tissu, langsup ngelap iler*

    kalo di bagian makanannya, ada sajian burung puyuh saos, kerang rebus saos pedas, tomyam seafood, sop ekor, durian, dan sate Padang.
    silakan mampir ke sana ya (you know the link, right?) :)

    BalasHapus
  195. Maaauuuuuu... *sluuruupp* waduuh, puasaan ntar jangan sampe aq liat ni foto, gawat mba..bikin nepsong.. hehee..

    BalasHapus
  196. Yang saya ingat di Lombok: ayam taliwang+kangkung wow, rumah makannya hampir semuanya masang kaligrafi (kalo dulu), trus kota kecil itu tempat belanjanya banyak. Habis maghrib jalan2..banyak anak2 muda ke mall pake kopiah... Kalo sekarang gak tau lagi

    BalasHapus
  197. yah sekali-kali stress kan baik untuk hidup kita **lhoo?? wakakakakak**

    BalasHapus
  198. hwuhawuhauhwuahuwhuhauw

    **mbayangin kaya gimana ya bentuknya laundry ketek??? ada sign-nya "awas, hanya ketek anda saja yang boleh masuk mesin ini, yang lain mohon jangan" hihihih**

    BalasHapus
  199. kelakuan! :-b

    BalasHapus