Jumat, 29 Agustus 2008

CaMbok 2 : The Three Gilis, Tiga Sekawan Andalan Pulau Lombok


menikmati coconut juice (baca: es santan) dari bale-bale di sepanjang pantai Gili Air

beautiful moment back then... :-)

::..

Inilah andalan wisata Pulau Lombok saat ini. Tiga Gili ini berada di gugusan pulau-pulau kecil di Lombok Barat. Kata gili dalam bahasa sasak memang artinya “pulau kecil”. Yang paling populer adalah 3 serangkai ini : Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya sangat berdekatan dan dalam satu garis lurus, sehingga menjadi satu paket untuk dikunjungi. (Kalau ada waktu, senyambi baca postingan ini, coba deh search website2 atau foto2 Lombok).

Bila menginap di daerah Senggigi, ada 2 cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke gili-gili itu. Pertama bisa lewat Bangsal, sebuah pelabuhan kecil yang terletak kira-kira 30 menit dari Senggigi. Dari situ, perjalanan dilanjutkan dengan kapal boat selama 45 menit lagi. Kapalnya sendiri bebas memilih, bisa naik public boat (biasanya berisi 12 orang, tiket pergi saja seharga 15 ribu per orang ) atau menyewa satu kapal seharga PP 350 ribu. Tetapi bila memilih untuk naik kapal umum, harus diperhatikan ada kemungkinan kita akan kesulitan untuk mencari kapal pulangnya, karena jam kapal (dari gili ke Bangsal) hanya terbatas sampai jam 2-3 sore saja.

Cara lain, bisa langsung sewa kapal dari Pantai Senggigi-Gili Trawangan. Perlu 1,5 jam perjalanan kapal boat, dan harga sewa (approx. 400 ribu) biasanya sudah PP plus kalau cuaca memungkinkan, kita bisa balik sore hari. Memang kalau ingin puas melewatkan waktu di gili sampai sore, biasanya memang menyewa kapal menjadi pilihan terbaik. Apalagi biasanya pemilik/pengemudi kapal juga bersedia menjadi guide selama di Gili, dan yang paling penting, barang bawaan kita di kapal akan lebih terjamin keamanannya. Cara ini yang kami pilih waktu itu walaupun dengan resiko perjalanan kapal akan lama sementara Mas Iwan kurang tahan terhadap angin laut.


GILI TRAWANGAN
Pada kunjungan pertama tahun lalu, aku hanya sempat pergi ke Gili Nanggu yang terletak agak jauh ke selatan Lombok. Gili Nanggu yang sepi dan damai sudah meninggalkan kesan mendalam buatku. Nah, konon kabarnya, Gili Trawangan inilah justru yang paling terkenal. Aku jadi exciting deg2an membayangkan seperti apa Gili Trawangan itu?

Rencananya kemarin, 3 hari di Lombok, 2 hari akan kami habiskan di Gili. Makanya Mas Iwan berniat menginap saja di Trawangan, apalagi waktu lihat websitenya, ada satu tempat menginap yang bagus sekali di Trawangan. Menyediakan kamar lumbung yang indah, Villa Ombak namanya. Dasar nasib, karena high-season hotel itu sudah full-booked, bahkan kata informannya, sekarang ini banyak wisatawan yang tidur di pinggir-pinggir pantai karena kehabisan kamar. Duuhh...Ya sudah, akhirnya kami pun dapat kamar di Holiday Inn Senggigi.

Tapi setelah sampai disana, ternyata hal ini malah membuatku sedikit bersyukur. Kesan pertamaku akan Gili Trawangan ternyata agak mengecewakan. Pantas kalau Trawangan terkenal, disini ramai sekali! Jauh dari kesan sepi damai yang sebelumnya aku bayangkan.

Kesan kedua?? Itu adalah waktu ketika aku sudah bisa menikmati pemandangan bawah pantai yang indahnya bukan main. Ya, akhirnya aku berhasil juga menguasai alat-alat berat snorkling yang dulu sempat membuatku kapok itu. Thanx to Mas Iwan yang sabar ngajari sampe bela2in beliin aku alat snorkling sendiri yang dirasa bagus dan cocok, dari Surabaya! Jangan salah, aku masih saja nggak bisa berenang. Tapi dengan bantuan vest pelampung dan tangan Mas Iwan yang menggeret tanganku sambil berenang sepanjang pantai, akhirnya bisa kunikmati juga pemandangan nan indah ini... Subhanalloh!

Keramaian pengunjung di pantai sama sekali tak terdengar lagi ketika yang terpapar didepan mata adalah terumbu karang dan ikan warna-warni yang bersliweran disekitar kami. Kami nyaris mentas ketika ternyata kami sangat beruntung, bertemu dengan jenis ikan yang selalu berombongan itu! Aduh aku sampai jerit-jerit ketika lewat ditengah-tengah rombongan ratusan ikan yang lumayan besar-besar berwarna perak itu. Aku takut mereka menabrak makhluk besar ber-vest ini dan kemudian terluka. Hahaha sungguh pikiran yang konyol. Tidak seperti aku, mereka kan bisa berenang dan menghindar?? Dan kalopun tertabrak, nggak akan terluka karena ini didalam air kan?? Paling akunya yang akan jerit-jerit kegelian nggak karuan ditabrak ikan-ikan itu! Hihihi.

Btw, teman-teman sudah baca belum pengalaman snorkling-ku yang pertama?? Ini kukopi lagi linknya :
http://cikicikicik.smaboy.com/images/51/

dan kalau ingat cerita itu, sungguh, aku merasa sangat beruntung akhirnya bisa merasakan serunya snorkling. Inilah yang kusebut sebuah keajaiban! Hahaha.



GILI MENO
Kira-kira 3 jam kita di Gili Trawangan, sekarang kita menuju Gili Meno. Kapal boat hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai kesana. Dalam perjalanan ini, konon kabarnya yang bagus bukan pinggir pantainya, tapi agak ke tengah. Disanalah tempat banyak penyu tinggal. Memang, di antara dua pulau itu, kulihat banyak perahu berhenti, sementara penumpangnya nyebur ke laut yang cukup dalam itu untuk snorkling.

Yang bisa berenang (apalagi kalo bisa sedikit menyelam tanpa alat seperti Mas Iwan) tentu sangat menyenangkan. Tapi bagi aku, tentu sangat mengkhawatirkan. Pak pemilik boat datang dengan ide yang pasti buat dia sangat masuk akal untuk dilakukan. Tapi tidak untukku! Dengan sedikit ragu plus nekad, aku mencoba turun dari boat (percayalah, dengan susah payah!!), merembet ke kayu pemberat di kiri kapal dan berpegangan disana. Full equipment tentu saja! Lalu kapal akan berjalan pelan sehingga aku bisa “jalan” dan Mas Iwan melakukan hal yang sama dibelakangku (karena menjaga aku tentu). Ya Allah, memang dibawah sana, didalam lautan indahhh sekali. Apalagi ini pengalaman pertama bagiku, yang biasanya hanya kulihat di layar tivi, kini nyata terpapar didepan mataku. Pantas Mas Iwan bener2 jatuh cinta dengan snorkling!

Sekali lagi, dibawah laut memang luar biasa indah, tetapi diatas air luar biasa mengkhawatirkan, tanganku sudah mulai pegel karena menahan tubuh dan memeluk kayu besar yang basah dan licin itu! Aduhhhhh rasanya mau lepas aja itu pegangan! Tolooongg!! Maakk aku ditengah lautan dan tak bisa berenang maakkk!! Akhirnya kuputuskan untuk kembali naik ke kapal (lebih tepatnya, dinaikkan ke kapal oleh Mas Iwan hihi). Dan setelah semua naik ke kapal, barulah ketahuan betapa paniknya Mas Iwan. Dia mengaku ketakutan sekali melihatku, dan waktu menaikkan aku ke kapal, sempat minum air laut banyakkkk sekali. Duhhh maap ya semua, Pak pemilik kapal juga...(soalnya dia jadi merasa bersalah memberi ide kepada orang dudul ini hikss).

Acara di Gili Meno adalah makan siang! Waktu kami disini, udara sedang terik2nya dan panas2nya! Untunglah jus kelapa segera menyelamatkan dari dehidrasi. Jus kelapa?? Awalnya aku iseng aja pingin mencoba ini, ternyata rasanya seperti santan manis. Aneh juga pada awalnya, tapi lama2 oke juga hehe **buat aku apa sih yang nggak enak??** dan kulihat kanan kiri bule2 juga rata2 pesennya “coconut juice” ini. Walah mungkin mereka aji mumpung, mumpung berada di pulau tropis penghasil kelapa, jadi ya pesennya minum jus kelapa aja! Hehe..

Pantai di Gili Meno penuh dengan karang. Jangan coba-coba berjalan tanpa alas kaki tanpa mendapat luka-luka kecil di telapak kaki. Pulaunya juga jauh lebih kecil dan sepi dari Trawangan. Tapi ada tempat makan enak dan terkenal disini. Memang dalam tur 3 gili ini, rupanya Gili Meno memang di set sebagai tempat istirahat dan makan siang setelah puas menikmati gili trawangan. Habis makan siang pengunjung bisa melanjutkan snorkling lagi ke Gili Air. Atau kalau mau lebih lama, bisa juga berkeliling pulau naik Cidomo (kereta kuda khas Lombok). Bagaimanapun aku meminta untuk naik Cidomo, Mas Iwan menolak karena bagi dia ide naik sesuatu -apalagi kereta- yang ditarik binatang hanya masuk akal kalau bersama anak-anak (hahahah). Dia lebih memilih untuk foto-foto saja.


GILI AIR
Begitu turun dari kapal boat dan merasakan pasir pantai yang putih dan sangat lembuutt, aku memutuskan dari ketiga pulau yang kami kunjungi hari itu, Gili Air inilah favoritku! Suasananya tenang dan hei, banyak kulihat anak-anak disini. Sepertinya yang ini memang jadi jujugan families yang datang beramai-ramai dengan anak-anak. Pantas saja, selain pantainya cukup landai dan berombak tenang, pasirnya itu lhoo aduuhhh lembut sekali!

Disini nyebur lagi doongg! Mas Iwan juga mendapat kesempatan snorkling berdua dengan Pak Ramli (aku baru ingat, ini nama pak pemilik kapal boat hehe). Pak Ramli memang bener-bener anak pantai, dia bisa menyelam cukup lama dan dalam hanya dengan berbekal peralatan snorkling. Duh, mengingatkan aku pada cerita Deni si manusia ikan deh! Disini, Mas iwan cerita sempat ketemu dengan seekor penyu yang besar sekali! Ohh irinya. Katanya, Pak Ramli malah menyelam kedalam air dan berkejar-kejaran dengan si penyu. Aduhhh...padahal katanya jarang-jarang lho orang yang snorkling bisa ketemu penyu, apalagi yang sebesar itu. Pak Ramli bilang, itu pertanda keberuntungan. Hehe semoga saja deh.

Cukup ya cerita tentang 3 gili, sudah panjang nih. Foto-foto dibawah kebanyakan diambil di Gili Meno. Waktu aku nyebur snorkling nggak sempat kefoto karena kalo aku nyebur, itu berarti Mas Iwan ya nyebur juga! **alesyaannnn** :-D


Bersambung...

208 komentar:

  1. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"29 Agustus 2008 pukul 20.18

    pertamaax

    BalasHapus
  2. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"29 Agustus 2008 pukul 20.19

    aku belom pernah ke giliiiii
    cuman sampe senggigi doang..
    secara di lombok hanya 15 jam doang! hiks! :(

    BalasHapus
  3. turun harga :-D

    BalasHapus
  4. aaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh **ikut nyesel**

    ayo kapan2 ada kesempatan balik kesana lagi El, sempatin......
    disini ciptaan Allah bener2 indah!!

    BalasHapus
  5. "Elly Lubis" Elly Lubis" Elly Lubis"29 Agustus 2008 pukul 20.38

    Buangeeeedd!! Elly lihat foto2 waktu Mbak Ari presiden MP ke sana. Wuiiiiiiiiiiihh! Bikin iriiiiii!
    Eh.. sekarang mbak posting foto2 serupa pula! Nggak mao ngelihaaaaaaaaaaaaat!! :(

    BalasHapus
  6. lho??? hahahahahh

    ya udah lihat cicak di dinding aja, sekalian mengingatkan salah satu sebutan Lombok adalah Pulau Cicak! **biar inget lagi kikikikiikik**

    BalasHapus
  7. lek jareku kok koyok gak kuat nyunggi watu se mbak, nganti diewangi nyangga karo banyune.. hehehe

    BalasHapus
  8. maksude mabok bawaan dari lahir? :D

    BalasHapus
  9. oo, foto perpisahan...

    BalasHapus
  10. =)) topeng matahari
    nganggo cadar ae mbak..

    BalasHapus
  11. salah gaya yo mbak ;))

    BalasHapus
  12. mas iwan gak keroso lek bojone sik tergolong arek cilik yo mbak? :D

    BalasHapus
  13. wah, saru iki...
    lha pancen pusat gambare dudu pasir mbak...

    BalasHapus
  14. lha terus penyune endi?

    BalasHapus
  15. takkiro wong india... posene india banget...

    BalasHapus
  16. hahahahahahaha
    imajinasimu boleh juga....

    atau,
    kejatuhan batu gunung, sampe isi kepalanya tumpah-tumpah **halah kok malah mengerikan ngene hihi**

    BalasHapus
  17. anak pinter :-D

    BalasHapus
  18. ho'ooohh huhuuuuu :-(((

    kacamata itu enak banget dipakainya, sama sekali nggak mengganggu kerudung, dan passs gitu di mataku...oalah...semoga di tempat lain dia bisa disayang dan memberi manfaat pada pemakain barunya hiksss

    BalasHapus
  19. wah nang tengah2 bule2 bikinian ngene, kalo pake cadar malah menarik perhatian aku hihhhii

    BalasHapus
  20. aku kie tiap di foto Rind, gak tau gak salah gaya hahahah
    **nasibku memang bukan jadi model hueheue**

    BalasHapus
  21. kowe kok malah ngenyek aku pisan kie hihihiihii :-b

    BalasHapus
  22. lha maksudku, sing dadi pusat gambare pasir!

    **potografer gak bakat blas hahaah**

    BalasHapus
  23. nang njero laut tho Rindaaaa
    ayok tak duduhi

    **nggandeng Rinda ajak masuk pantai untuk snorkling, sama sekali lupa kalo gak bisa berenang**

    BalasHapus
  24. ho'oh!!

    pertama2 aku yo ngiro ngono!!
    bareng kenalan, lha kok teko Italy...tapi jan wonge lucu tenan,

    waktu kenalan karo mas iwan, dia komentar gini "aahhhh you really like to eat too, don't you???" sambil pegang2 perutnya, trus elus2 perutnya mas iwan hahahaha

    BalasHapus
  25. Kerokan aja...hehehe

    BalasHapus
  26. bawa kantong kresek gak?

    BalasHapus
  27. heuheuheuhe

    tau nggak? di salah satu spa di deket sekolah Bea, aku baru tahu ada yang namanya "coin massage"
    dan waktu aku tanya mbaknya, apa itu?? jawabnya ternyata adalah : kerokan!!

    hihihi

    BalasHapus
  28. bawa dong! bekas kresek snack :-D

    yang mabok laut itu mas iwan mbak......
    kalo aku, memang udah mabok sejak lahir kok hihihhii

    BalasHapus
  29. anak2 gak ikut to mba?

    BalasHapus
  30. aku pulang dr lombok isine gosong tokkkk.....mbak iya gak?

    BalasHapus
  31. nggak Ri, soalnya pas hari sekolah **hikss**
    begitu sampai dimana-mana, komentarku tetep aja begini : "duuhh...anak-anak kalo diajak disini pasti sukaa"

    BalasHapus
  32. huheuehueh

    BalasHapus
  33. sammaaa hehe kalo jilbab dibuka, langsung terbukalah semua belang itu huehuehe

    BalasHapus
  34. apa mungkin ini bapaknya yaa???
    **heuheuhue**

    BalasHapus
  35. Swit swiitt......hihihi....mesra ...
    kerokan pake balsem Geliga ..panasnya mantep euy...tiap pulang ke Indo musti beli banyak..buat bekel mijet....

    BalasHapus
  36. Adudududuuuuu......hepi sekali awakmu Hid.....tambah ayu nek lagi hepi ..glowing2 gitu...aih aih....

    BalasHapus
  37. *cekikikan liat foto ini inget postinganmu dulu yg snorkling pertama kali*.....hihihihihihi....dengan penuh rasa hormat...aku gak bisa nahan ketawa....

    BalasHapus
  38. yang kemarin (part 1) gaya dhenok w, yang ini gaya tety kadi

    BalasHapus
  39. yang disana juga lembut

    BalasHapus
  40. maksudnya apaaa...?

    BalasHapus
  41. indah banget nih, ngebayangin sun bathing in my 2 pieces with mas J.T by my side :P *wild dream of jessica biel*

    BalasHapus
  42. gak bawa Antimo ta buk...hehehe

    BalasHapus
  43. boljug gayane buk...;-)))

    BalasHapus
  44. cocok jd bintang iklan Antimo buk, pas banget momentnya lg mabok laut...hehehhehehe

    BalasHapus
  45. yaaaa baru mo blg, pinjem donk kacamatanya...eee ternyata wis ilang tho....ndak papa buk, minta mas iwan beliin lg..*kompor mleduk*

    BalasHapus
  46. enak gak mbak es santen gitu, gak ada isinya ya??...

    BalasHapus
  47. cooooolllllll piiiicccccc

    BalasHapus
  48. hahaahhaha awas ntr jd betah gelantungan terus...hihihiihihih

    BalasHapus
  49. mungkin itu mas iwan pengen naek motor kale...bbbrrmmm bbbbrrrmmm...hehehhehe

    BalasHapus
  50. keren euy foto BW...

    BalasHapus
  51. pasti ibuk keseringan nonton film KuraKura Ninja kali tuh...hahaha lllaarriiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  52. ah enggak kok, gak belang...tetep ayuuuuuu

    BalasHapus
  53. kereeennnn bgt ya mbak....airnya biru skaleeeee.....duh kapan yo aku iso mrono...*teruslah bermimpi nak*...btw ada tmn disini lg proses beli tanah diLombok lho mbak, tp aku lali daerahnya dimananya, pokoke antara Senggigi, Gili sama apa gitu...embuh lali...*jek enom kok wis pikun*

    BalasHapus
  54. hahaahhaah salut karo kowe Less...biar sudah di antah berantah, selera tetap Indonesiaaaaaa **jadi ingat iklan geliga di tipi itu hihihi**

    BalasHapus
  55. pokoke gak glowing in the dark kaya pedang2an yang dijual Abe kemarin aja kikikiikikik

    BalasHapus
  56. dengan penuh rasa hormat, aku yo wis berhasil snorkling lhoooo **ngece meleggang** hhihihi

    BalasHapus
  57. huwaaaaaaaaaaaaaaaa kabeh kok sing tuwek tuwek???????
    gpp wis, kuanggap bunda nggak mengenal angkatan luna maya....jadi aku maklum :-D

    BalasHapus
  58. duduuuuulll itu yang keluar adalah LIDAH bundaaaaaaaa bukan yang laeeeennnnnn

    BalasHapus
  59. saiki sopo iki???
    ida laila???

    BalasHapus
  60. asline luwih apik tenan

    BalasHapus
  61. haluuuusssssssss dan lembuuuuuttttt :-D

    BalasHapus
  62. **tepuk2 badan Dwina pake monitor**

    bangun Na...bangunn...waktunya ke pasar....beli kebutuhan puasa...banguunnn :-D

    BalasHapus
  63. nggak mbak, nanti malah tidooooorrrrrrrrr heuheuhuee alhamdulillah aku tahan angin laut, tapi mas iwan rada dudul :-)

    BalasHapus
  64. juga boleh lah...boleh dimaki! hahaahah

    BalasHapus
  65. wakakakakakk
    sekalinya pantes jadi model kok ya model wong maboookk??? huehuehe nasib

    BalasHapus
  66. **wajah hitam kena jelanga dari kompor yang mbleduk**

    BalasHapus
  67. pertama ya aneh mbak, santan manis berbusa gitu (berbusa karena mungkin di blender kelapanya).....setengahn tengik piye ngono..heuheeu

    eh tapi lama2 boleh juga kok rasanya....**dasar gembul**

    BalasHapus
  68. i know... :-)

    BalasHapus
  69. kaya nyemot doong huehueh

    BalasHapus
  70. iya kali yo mbak, makanya dia gak mau diajak naik cidomo kuda **keluh**

    BalasHapus
  71. suwunn, ini lebih ke greyscale kali ya mbak....nggak ada B nya :-)

    BalasHapus
  72. **lari kejar mbak luki dengan gaya Donatello si kura2ninja**

    BalasHapus
  73. hahaahah belum dilepas aja tuh kerudung mbak, begitu dilepas, kelihatanlah manusia bertopeng!! :-D

    BalasHapus
  74. aslinya luwih keren mbak, di lombok rata2 pantainya tenang, nggak banyak ombak jadinya kalo buat anak2 (dan orang2 yang nggak bisa berenang kaya..ehn...aku), atau untuk getaway dari kesibukan kota, cocok bangeeeeettttt

    wah asyik dong, rencananya itu tanah temen mau dibikin apa mbak??

    BalasHapus
  75. Kapan iso nang Lombok yoo?

    BalasHapus
  76. Melase..hehehehehe

    BalasHapus
  77. kapan-kapannnnn....**nyanyi**

    BalasHapus
  78. kata orang, wajahku memang sendu mas **malu2**

    hueeeeekkkkkk :-D

    BalasHapus
  79. Sendu = seneng ndusel? xixixixixixxi

    *kabooorrr*

    BalasHapus
  80. ya itu juga!

    **kadung dilokno yo wislah** hueheueh

    BalasHapus
  81. nyontek aja dulu ah, jalan-jalannya
    kapan ke Lombok perlu, kujadikan referesi soal 3 gili ini
    asik yo Wahida, 3rd hanimun, 4th hanimuuuun :)

    BalasHapus
  82. udah bergaya cem macem, mabok juga ta' iyye :)

    BalasHapus
  83. gelantungan apa jadi lifter kayu?

    setuju dengan Lessy, aku seneng lihat ekspresi happy-mu ini.

    BalasHapus
  84. wow, beautiful creature!
    I like this picture.

    BalasHapus
  85. tapi keukeuh pake sweater!
    buka 'napa?

    *geleng-geleng*

    BalasHapus
  86. duh jangan deh.
    aku sih kasian sama kudanya.... ;)

    BalasHapus
  87. bring me there! bring me there!

    BalasHapus
  88. buongiorno, signor!

    BalasHapus
  89. wah hanimun kok diitungi kakak??? :-D
    dudul :-b

    ini bukan hanimun ooiiii
    tapi haniweek wekekekekek

    BalasHapus
  90. nggak kakak, huehuehehu ini cuma pose mabok hehe

    **dari kecil dah biasa main di kebun, jadi alhamdulillah nggak gampang mabok :-D

    BalasHapus
  91. hueuheuheuhue **tak bisa komentar apa-apa**

    BalasHapus
  92. it's more beautiful when you see it for real, dan motif batik di punggungnya itu indah2 banget Rik :-)

    BalasHapus
  93. hahaahahah
    takut masuk angin dia

    **udah geleng2 dari sebelum berangkat waktu tau dia packing menyertakan sweater**

    BalasHapus
  94. Ariiiiiikkkkkk!!!!!!!!!

    **lempar arik pake cidomo, lalu mohon maaf lahir batin lagi**

    BalasHapus
  95. berat rik......beraattt......

    **balas dendam, lalu mohon maaf lahir batin lagi wekekekek**

    BalasHapus
  96. nggihhh...monggo...sugeng waras ugo Pak Ariiikk...

    :-D

    BalasHapus
  97. katanya sih mau dibangun rumah aja sih mbak, rumah untuk mereka kalo pensiun nanti...hehehe jarene pengen pensiun dini.....*huuuaaaaaaaaa maaaooooooooooo*

    BalasHapus
  98. apik mbak foto sampeyan... kalo diambil secara horisontal pasti lebih keren...

    BalasHapus
  99. huwaaaaaaaaaaa mau jugaaaaaaaaaaaaa
    sstt nanti kita sering2 bertamu ma dia aja hihihi **nggak tau diri nih**

    BalasHapus
  100. suwun... itu yang moto mas iwan mas :-D

    BalasHapus
  101. jangan2 muneg-nya karena mikirin kamu yg gak bisa renang....ahahahhahaha.....

    BalasHapus
  102. ati2 kejegur lho Mas...

    BalasHapus
  103. Mumpung bergaya masih gratis...bergayalah...:)))p

    BalasHapus
  104. halah katek melet barang...

    BalasHapus
  105. lha nek isi otak'e tumpah...sing garap website-e al hikmah, sopooo...??? :))p

    BalasHapus
  106. cieeeeehhhh.....foto model'e mas Iwan...gak kukuuuu....

    BalasHapus
  107. lhoo lak temen toh, wis dijak mlaku2 enak ngene yo sek susah....:))))p

    BalasHapus
  108. beli lagiiiii....*tinggal towel mas Iwan*.....

    BalasHapus
  109. ah enaknya leyehan disitu yo...

    BalasHapus
  110. ah leyehan di bale situ lbh enak ya gak kepanasan...

    BalasHapus
  111. yg penting kan hatimu sejuk.....cieeehh....

    BalasHapus
  112. lho ibuk kok gelantungan?? *jare Abea*

    BalasHapus
  113. hahahahah....iya nih mas Iwan, serasa di lombok lagi winter...:))

    BalasHapus
  114. menelusuri masa depan *bantu kasih caption*

    BalasHapus
  115. oh ini kura2 hijau..???

    BalasHapus
  116. hihihihihi....untung mas Iwan ga sekalian pake jaket kulit....:)))

    BalasHapus
  117. gaya andalan ya Da..., menga-mengo....ati2 tengengngen...

    BalasHapus
  118. harusnya kamu naik sendiri aja....gpp...biar tambah lucu, ibuk2 dewean numpang dokar, cengengngesan pisan....

    BalasHapus
  119. apik e yooo....pasirnya itu loh...

    BalasHapus
  120. wah, mas Iwan cuci mata....??

    BalasHapus
  121. oh iki boss Mafia, Da....kapan2 dijak kopdar ae...:))))p

    BalasHapus
  122. jangan-jangan...... :-D
    jian ngrepoti thok pokoke huehuehuhe

    BalasHapus
  123. lho lho mbak ojo dijungkrokno tha bojoku.....????

    **njungkrokne Mbak Mita pisan, ben njegur bareng heuheh**

    BalasHapus
  124. buat yang lihat ya.....mohon sabar mumpung sabar itu gratis :-)))

    BalasHapus
  125. bah lho wong ilat2ku dewe

    **melet lagi**

    BalasHapus
  126. sampeyan ae !!

    kontributor e mbak shiel sama m agustin wekekekkk **mbayangne pasti blog e bernuansa tua jaman dulu**

    BalasHapus
  127. kuku macan opo kuku beruang??? :-b

    BalasHapus
  128. Mbak Mita......untuk yang kesekian kali : iki ngono gawan bayekkkkkkk mbaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk huahuahuauhaha

    BalasHapus
  129. senengane kompor cap Rinnai!!

    BalasHapus
  130. ho'oh tapi lek sampeyan leyeh2 nang kono, pasti gak ono sing gelem moto mengko tempatnya....... hihihhi

    BalasHapus
  131. enak maneh lek nang njero ngomah ono AC mbak, gak panas blas!! hihihi

    BalasHapus
  132. cieeeeeehhhhhhhh

    iku mau Mbak Mita tah sing ngomong?????

    BalasHapus
  133. udah biasa mereka melihat emak e koyo ngene..tante Mita aja yang belum terbiasa **hihihih**

    BalasHapus
  134. jan tenan! :-D

    BalasHapus
  135. **kurang romantis mbak**

    BalasHapus
  136. heuheuheue

    **untung ini bulan puasa, tadi hampir aja tak sambit pake kapal boat**

    BalasHapus
  137. wah kalo sampe dia pake jaket kulit, sing ndelok bakalan melu2 panas **padahal ndelok thok**

    BalasHapus
  138. lha iku juga aku menga-mengo mbok pikir gara2 kenapa???
    TENGENGEN!!!

    BalasHapus
  139. mesti.....mesti........ seneng lek ndelok koncone memalukan ngono!! :-b

    BalasHapus
  140. ho'oh mbak... :-)

    BalasHapus
  141. sampeyan ki piye, cuci mata kok di pantai, airnya kan asin??? pedes ning mripat lakan mbakkkk mbakkk!!

    BalasHapus
  142. huwahuahauhuahahahu setujuuuuuuuuuuuu!!!!!!!

    pake hitam2 lagi, tapi aku sekarang sedang gak punya cengdem hiksss **pinjam mbak maya ae nanti**

    BalasHapus
  143. sesok yo aku komen...
    tadi ke dokter gigi jam 7, geraham bungsu dicabut paksa, disuntik dan ternyata pencabutan geraham bungsu itu gak seperti ghigi-2 yang lain yaa... banyak aturannya, 1 lembar sendiri, dikasih dokternya..
    udah 3 jam (sekarang jam 10) , darah tetep keluar, disumpel kapas dari dokternya dan diganti tiap 2 jam, trus maunya ngeludah terus yang pastinya darah dari lubang gigi itu...

    guombaal, jadi gak bisa ngapa-2in deh.
    Tauk ni besok puasa apa gak...
    Tak pikir cabut gigi biasa, taunya....


    C U mbesok...
    *pipi bengkak, gak bisa makan, minum cuma boleh pake sedotan, tertatih-2 masuk selimut*

    BalasHapus
  144. kuku bima ginseng....:))p

    BalasHapus
  145. Ariston dong yg keren....!!

    BalasHapus
  146. *mencari Wahid yg hilang*.....romantis, kan??

    BalasHapus
  147. itu tanda-2 ketuaan kayak mbak AG pas kena hawa di jimbaran Bali kemaren....

    BalasHapus
  148. pasti nanya juga dimana tinggalnya, jauh dari tempat nambatin kapal gak...

    BalasHapus
  149. *ndorong JB sekalian, biar bertiga langsung diving di bawah sana*

    BalasHapus
  150. spidermaaannn.....

    zzzztt.. zztttt.... *ngeluarin jaring dari tangan dan mulai melayang*

    BalasHapus
  151. jangan lebar-2... mambu... *tutup idung*

    BalasHapus
  152. Beneer..

    Jacq kan selalu melet kalau difoto...

    bukan ngomongin ambe kok , JB... tapi emang lidah tak bertulang..

    BalasHapus
  153. udah doonnggg.. sttoopp.. jangan kamu teruuuussssss... aku udah mulai stress niihh, buka tiap fotonyaa...

    BalasHapus
  154. aaaaaaaaahhhh...

    dia lagiiiiiii !!!!

    BalasHapus
  155. mas Iwan, JB minta dibeliin penutup itu thuuu...
    eehh, bukan BH, tapi kacamataaaaa..

    BalasHapus
  156. *ambil kacamata, bawa es kelapa muda ama spring roll, gelar handuk pantai, pake topi lebar... menuju balebale....*

    BalasHapus
  157. wiisss, mirip tenaaannn.....

    do the monkeyyyyy... *nyanyi lagu Rere*

    BalasHapus
  158. *garuk-2 kepala*

    lha nanti kalau ke tempat winter, pake baju diving ama sepatu katak?

    BalasHapus
  159. kereeeeennn... (pemandangannya dan fotonya, bukan manusianya)

    BalasHapus
  160. 'Menanti Wahid yang pup dibalik ilalang'

    itu lebih romantis, setia bangeeett kesannya, pup aja ditungguin...

    BalasHapus
  161. sebenernya bukan masalah umur, tapi masalah berat badan..
    mas Iwan gak tega aja ngomongnya ke kamu..

    BalasHapus
  162. hahahahaa, mafia gendut.. baru tau... *minjemin kacamata ke JB, mau yang model kacamata pantat botol apa kacamata kucing yang ujung-2nya naiiikk tinggi keatas?*

    BalasHapus
  163. Paklik Tony?
    Nama mafia Italy juga niihh...

    BalasHapus
  164. oalah rekkk........**wajah ikut prihatin**

    eh, difoto gak??? **wajah usil meminta upload**

    BalasHapus
  165. wakakakakakakak

    langganan yo mbak???

    BalasHapus
  166. gaya.....baru juga tinggal diluar negeri kamu Mbak......

    **aku aja yang tinggal di luar angkasa masih setia sama Rinnai kok** :-b

    BalasHapus
  167. masih kurang....... harusnya:

    "mencari wahid yang nyungsep" :-D

    BalasHapus
  168. hauhauhauuahuahua awas onok wong e lho

    **saiki tambah jarang jemput sekolah Daffa dia, apakah ada hubungannya??**

    BalasHapus
  169. hihihihi masiyo dikasih tau di desa ini, kecamatan itu, manalah kita tahu tempatnya??? memang SKSD suamiku itu **sigh**

    BalasHapus
  170. **aku ra iso renang mbak.....**

    HEEELLLEEEEEEEEEPPPPPPPPP!!!!!!!

    **kelihatan dua tangan muncul menggapai2 dari dalam laut**

    BalasHapus
  171. doohhhhh gak pantes blassssssss dadi spiderman **nggak tahu mana yang lebih norak, yang gaya atau yang ngatain spiderman**

    oalah mak ne.....

    BalasHapus
  172. memang mambu kok.......

    mambu wangi seribu bunga....heeemmmmm **merem2 menikmati bau sendiri** :-D

    BalasHapus
  173. Mbak Jeki sing melok2 aku!!

    **kalo gak percaya coba dilihat siapa yang lebhi duluan lahir!!**

    BalasHapus
  174. hauhauhuahuahuahuahuuauh

    **baru kali ini merasakan ternyata melihat seseorang stress itu menyenangkan hihihi**

    BalasHapus
  175. ya ini kan pemeran utamaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!
    mau gimana laghiiiiiiiiii???????????????????

    **maksa mbak maya terus melihat**

    BalasHapus
  176. kumat.....kumat!!

    BalasHapus
  177. **tertawa liat mbak maya tersandung-sandung kesakitan kicat-kicat karena kena karang yang banyak di situ**

    sudah dibilangin kalo disitu penuh karang....kok ya nekad nggak pake sendal ki piye thoooo????????

    BalasHapus
  178. yah..paling nggak Rere bakalan suka sama foto ini wekk!!

    **cukup puas**

    BalasHapus
  179. tepat sekali

    **bantuin mbak maya garuk2 kepalanya**

    BalasHapus
  180. hari kebalikaaaaaaannnnnnnn!!!!!!!!

    **duuhh terharu dibilang keren**
    **kedip4**

    BalasHapus
  181. molae.......nggilani!!

    **ngeden**

    BalasHapus
  182. iya memang, kudanya emang kurus sihhh.....**salah kudanya**

    BalasHapus
  183. koncomu kan?? sak geng!! :-b

    BalasHapus
  184. heuheuheuhe harusnya kemarin Pak Tony diajak kopdar sekalian ya?? :-D

    BalasHapus
  185. enggaaaaaaakkk...

    hahaahahaaa... *puas karena Wahid gak jadi tertawa diatas penderitaan orang lain*

    BalasHapus
  186. mungkin kalau jemput Daffa pake syal, topi kupluk salju, jaket tebeell....

    BalasHapus
  187. *tersenyum bahagia liat 2 tangan menggapai sedang Mita dan Mas Iwan asik diving cari kecebong*

    BalasHapus
  188. norak-an yang gaya dong ahhh..

    *benerin kerah, berasa keren, trus naik kapal pesiar*

    BalasHapus
  189. duh biyuunnggg, tobat akuuuuuu.....

    abis ini, postingan apalagiiiiiii kalau mukamu terus yang muncuull???

    BalasHapus
  190. abis sendale kiri semuaaaaaaa.....

    maluuu akuuuuu...

    BalasHapus
  191. bbrroottthhh....


    eh, suara apa ituu??

    BalasHapus
  192. karepe nyopo......"Hey Man......apik man.....panas nduk...."...............hahahahahahah

    BalasHapus
  193. iso christin panjaitan...........iis sugianto......terserah pilih sing endi...????

    BalasHapus
  194. yaaaahhhhhh.......**kuwaci** hanya bisa membayangkan donngg??

    tapi tau nggak, kadang2 orang membayangkan itu biasanya lebih parah dari yang sebenarnya **akhirnya jadi ketawa juga membayangkan Mbak Maya jadi mirip the pooh karena bengkak**

    BalasHapus